[Info] Macam-Macam Social Networking Yang Ngetrend Di Indonesia

by - Saturday, April 07, 2012

Zaman sekarang ini siapa sih yang ngak tahu tentang social networking? Social networking atau yang biasa disebut dengan jejaring sosial merupakan tempat dimana orang-orang di berbagai belahan dunia dapat berkomunikasi tanpa harus bertemu secara langsung.

Sekarang, banyak sekali sosial networking yang bermunculan. Tetapi disini, saya hanya akan membahas social networking yang paling sering digunkan di Indonesia.



1. FACEBOOK

Siapa sih yang ngak kenal Facebook? Siapa sih yang belum punya akun Facebook?

Kayaknya pertanyaan-pertanyaan itu ngak perlu dijawab deh. Secara, Facebook tuh jejaring sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia khususnya di Indonesia. Indonesia menduduki peringkat 3. Peringkat 1 dan 2 diduduki oleh Amerika Serikat dan juga India.

Kenapa Facebook paling sering digunakan? Jawabannya yah karena Facebook itu user friendly. Udah gitu, fitur-fiturnya banyak banget. Kita tidak hanya bisa update status atau upload foto atau video, tapi kita juga bisa berbisnis di Facebook. (Ini sekarang yang aku lakuin. Hehehe)

Nih ya link untuk ke alamat facebook http://www.facebook.com


2.TWITTER


Ini nih, social networking yang ngak kalah hebatnya dengan Facebook. Twitter. Tapi twitter ini jelas sangat-sangat berbeda dengan Facebook. Kenapa beda? Iyalah beda. Coba aja masuk. Tampilannya beda banget. Udah gitu istilah-istilah yang dipakai juga beda.

Kalau di Facebook, kita kan harus berteman dulu dengan orang, baru deh kita bisa chat atau saling berkomentar di status. Nah, kalau Twitter ngak main kayak begituan. Adanya tuh Follow. Fungsi dari Follow itu adalah supaya kita bisa mengetahui status terbaru dari orang yang kita Follow tersebut. Jadi kalau kita tidak ingin mengetahui apa-apa tentang orang tersebut, yah ngak usah di follow aja. Wkwkwkw

Makanya kenapa artis-artis lebih memilih menggunakan Twitter dari pada Facebook. Tapi ya begitulah, untuk kalangan orang-orang yang sudah nyaman menggunakan Facebook, mereka akan mengatakan bahwa Twitter itu ribet. Mau tahu ngak ribetnya tuh kenapa? Kita hanya dibatasi 140 karakter. Udah gitu ngak ada yang namanya komentar-komentar. Yang ada tuh RT(Reply Twitter). Ini nih yang sedikit membingunkan. Hehehe

Tapi kalau udah terbiasa, semuanya akan terasa lebih mudah kok. Percaya deh. Ini link untuk masuk ke alamat twitter http://www.twitter.com


3.GOOGLE+

Jujur, saya belum pernah sama sekali menyentuh google+. Jadi maaf saya tidak bisa memberitahu lebih banyak tentang jejaring sosial ini. Tapi setelah saya search, ternyata kelebihan google+ dibandingkan dengan facebook dan juga twitter yaitu memungkinkan pengguna secara selektif berbagi dengan grup tertentu dalam lingkaran teman yang ada. Alhasil semua kegiatan berbagi tak langsung dibagi ke semua pengguna sekaligus.


Nah, untuk masuk ke halaman google+ gambang banget. Kita tinggal masuk aja ke halaman pencaarian google di http://www.google.com , setelah itu di bagian pojok kiri atas klik link +Anda.


4.YAHOO MESSENGER

Yahoo Messenger. Wuah, ngak usah dibicarain deh. Udah jago banget nih social networking yang satu ini. Banyak banget kelebihannya. Nih ya aku sebutin satu per satu.
1.Bisa video streaming.
2.Bisa smsan.
3.Bisa teleponan.

Itu sih yang paling lebih dari YM (Yahoo Messenger) dibanding dengan yang lain. Tapi fasilitas chat, new status masih tetap ada kok kayak yang lainnya.

Nah, kalau misalnya kalian pada mau nyoba, aku saranin buat dowload langsung aplikasinya(Maaf aku ngak bisa ngasih :D). Atau bisa juga dengan masuk ke halaman Yahoo di http://www.yahoo.com terus di deretan menu link klik deh Messenger.


5.MYSPACE

Bisa di bilang ini buyutnya social networking kali ya. Langsung aja ya kita masuk di kelebihannya.

  1. Jumlah teman tak dibatasi. 
  2. Skalanya internasional, jadi kita bisa add orang dari negara mana saja.
  3. Tidak perlu login dan menyetujui sebuah aplikasi ketika kita menerima komentar atau kiriman pesan berbasis html atau Javascript.
  4. Tidak bisa mengupload gambar-gambar yang tidak sopan dan tak senonoh.
  5. Tidak berafiliasi dengan berbagai aplikasi sehingga data atau gambar-gambar yang kita upload hanya menjadi milik kita dan Myspace tanpa dibagi pada pihak lain.
  6. Sangat mudah membuat playlist musik yang kita suka dan menyimpannya di halaman profil.
  7. Halaman profil lebih mewah dan mudah untuk diganti kapanpun kita mau. Khusus fitur ini, kita bebas mengambil dari Myspace atau pun pihak luar yang tidak berafiliasi dengan Myspace.
  8. Menyediakan fasilitas halaman khusus yang disebut 'Myspace Music' buat para musisi atau group band yang ingin mempromosikan diri dan karyanya,
  9. Lebih mirip sebuah website.

Untuk mencaobanya, anda bisa langsung ke alamat ini http://www.myspace.com


6.PLURK

Plurk. Kenapa dinamakan Plurk? Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog gratis yang mengizinkan pengguna mengirim pembaruan (dikenal sebagai suatu plurk) melalui antarmuka web, pesan singkat, atau cara lain, dengan panjang maksimum 140 karakter. Wah, sama nih kayak twitter. Tapi ada bedanya donk. Ini dia kelebihan dari plurk.
  1. Mempunyai tampilan yang dapat kita ubah sesuai dengan keinginan.
  2. Tidak banyak reload.
  3. Plurk memiliki penghargaan kepada pengguna seperti karma dan lencana yang didapatkan setelah memenuhi syarat tertentu. Yang tentu saja membuat pengguna plurk jadi mempunyai tanda dari apa yang mereka lakukan selama ini.
Langsung aja yah ke alamatnya di http://www.plurk.com


7.SKYPE

Sebenarnya Skype dengan Yahoo Mesengger hampir sama. Nih ya kelebihan skype.
  1. Skype dapat secara otomatis menyimpan hasil chatting, tanpa perlu melakukan apapun.
  2. Tampilan Jendela Skype kelihatan lebih menarik dan profesional.
  3. Berbicara dengan skype antar komputer/laptop hasilnya sangat jelas.
  4. Proses pengiriman file pada skype juga lebih mudah.
Langsung ke http://www.skype.com buat coba langsung !!!


8.FRIENDSTER

Friendster merupakan social networking pertama yang di kenal di Indonesia sebelum munculnya Facebook. Bisa di bilang, Friendster merupakan pelopor munculnya Facebook dan Twitter. Kalau mau bicara kelebihan dari Friendster, sebenarnya sama saja sih dengan Facebook. Ada fasilitas buat update status, upload foto, nyari teman sebanyak-banyaknya, pokonya semuanya ada semuanya di Facebook dan Twitter.

Nah, kalau mau bicara kekurangannya lumayan. Hehehe
Di Friendster, tidak ada fasilitas untuk mengomentari status dan juga tidak ada fasilitas chatting.

Tapi ada satu jagonya Friendster, kita bisa mengubah background sesuai dengan keinginannya kita. Ini yang di ikuti twitter kali ya. Hehehe

Nih linknya http://www.friendster.com


9.ME2DAY

Me2day nih social networking kepunyaan Korea. Kenapa aku masukin ini ke tulisanku? Yups, karena sekarang Indonesia lagi demam banget sama semua yang berbau Korea. Dari Girlband & Boyband, bahasa Korea, makanannya, pokoknya semuanya deh yang berbau Korea.

Mungkin waktu pertama kita masuk ke halaman Me2day di http://www.me2day.net/ ,, kita akan dikejutkan dengan tulisannya. Kenapa? Semuanya tulisan Hangul. Oh ya? Tapi tenang. Bisa pakai bahasa Inggris juga kok. 

Fasilitanya sama aja sih kayak social networking yang lain. Yang bikin beda cuma penggunanya aja. Kebanyakan orang Korea.


10.INDOGOO

Ini nih social networking kepunyaan Indonesia. INDOGOO , kalau ngak salah kepanjangannya itu Indonesia Go Online. Bangga saya jadi orang Indonesia. Ngak kalah bersaing dengan orang-orang di luar sana. Hehehe

Di Indogoo ini fasilitas dari Facebook, Twitter, dan Plurk sepertinya digabungkan.(Menurut penglihatanku). Karena di Indogoo ini ada fasilitas untuk tambahkan jadi teman, follow, dan lencana. Keren-keren.:)

Udah gitu Room Chat dan Forum. Keren banget kan?

Tertarik? Langsung aja menuju ke http://www.indogoo.com


Itu dia beberapa social networking yang lagi ngetrend di Indonesia. Lebih tepatnya lagi, itu aja sih social networking yang aku tahu.

Terima kasih telah membaca postingan ini. Oh ya, jika para pembaca sekalian ingin menambahkan, jangan segan-segan untuk menulisnya di komentar ya.

Berbagi itu perlu loh..



You May Also Like

87 komentar

  1. ありがとう ございます。
    Nice post. I like it!

    ReplyDelete
  2. terima kasih.....sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  3. wah, gaol sekali ya mbak, bisa lengkap begini juga..jadi inget jaman jamannya friendster, facebook belum lahir waktu itu...mengangenkan...

    ReplyDelete
  4. aku cuman minat 3...fb.TW dan skype.

    fRIENDSTER itu waktu sma

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. iya.. :)
      kalo gak salah, instagram itu hanya buat pengguna android aja ya?

      Delete
  6. friendster? yaampun jadi inget jaman alay gue dulu maen friendster :3 hehehe

    ReplyDelete
  7. Weeh bnyk jg ya trnyta.
    Tp gk dpke smua kan?? Ckck
    Btw RT di twitter t bukanny retweet ya?? Prasaan gk ad reply tweet lah,, cmiiw ﹋o﹋

    ReplyDelete
  8. Gue cuma mintat di twitter, ym, fb, sama skyep

    ReplyDelete
  9. wah banyak juga ya ternyata hmmmmmm
    terus nasih friendsterku gmna ya? mau buka lagi luppa password hahahahhahahaa

    btw makasih infonya, banyak bgt social network nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      iya sama2..
      tapi sebenernya masih banyak lagi kok.. :D

      Delete
    2. kalo masih banyak segera dishare ya Ginty biar aku tau hehehee

      Delete
  10. huhu, dulu demen sama plurk.. sekarang udah gak lagi.. :D

    ReplyDelete
  11. keren keren, sih, tapi yg gwe pake dari 10 itu cuman 6 aja. heheheh kenapa tumblr gak di masukin, kan keren juga tuihhh. sekalian pamer, gwe juga punya situs social network loh, namanya plusfeed. bisa di cek di sini

    http://plusfeed.16mb.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, banyak juga ya yg di pake.. :)
      hehehe
      lupa.. :D
      ok, ntar aku coba.. :)

      Delete
  12. banyak banget ternyata, tapi yang gue pernah mainin cuma beberapa aja, paling FRIENDSTER, FACEBOOK, sama TWITTER.

    ReplyDelete
  13. saya cuma ngegunain Facebook, Twitter, Plurk.. Tapi plurk udah lama gak di buka.. Karmanya udah turun drastis mungkin..

    ReplyDelete
  14. Paling sering make' twitter, facebook, sama skype :))))

    ReplyDelete
  15. hahaha emang friendster masih bisa, katanya udah jadi game online

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau juga ya..
      soalnya aku ngak pernah buka lagi sekarang.. :D

      Delete
  16. Iya yah, banyak juga social network,karna gue cupu, dan sering menghabiskan waktu menggembala kuda, jadi gue cuma tau twitter sama pesbuk doang,

    ReplyDelete
  17. Mindtalk ga disebut kk? Social media karya anak negeri loh itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kak udah di tambahin..
      karena saking kebanyakan, akhirnya aku posting yang aku tau aja.. hehehe

      Delete
  18. masih jamankah FS --"
    :p
    ada baru skrg KWIKKU :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih udah ngak ya..
      wah, makasih ya udah di tambahin.. :)

      Delete
  19. wahh,,, ternyata banyak banget tuh ahahaha gua baru tau beberapa diantaranya

    ReplyDelete
  20. Ah jiyee anak gahol ya ?
    :D
    gue cm pny G+, fb, twiter,plurk,YM doang -,-

    friendster gue apa kabarnya ? ?aaak kangen

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk
      ayo di cek friendsternya.. kasihan tuh..
      tapi ngomong-ngomong udh di cuekin brp tahun tuh frindsternya? :D

      Delete
  21. mantap mas tp sy cuma daftarin 1-5 awal aja. selebihnya belum nyoba. friendster aja gak pernah daftar. wkwkwkk

    sy tunggu komen backnya kawan

    ReplyDelete
  22. salam kenal semua..kalau mau bekerja sama mengembangkan dan memecahkan masalah anda atau berdiskusi silahkan buka www.sorotgunungkidul.com atau 087739353388 atau fb webindo yogyakarta . terimakasih dan salam kenal dari jerry gunungkidul yogyakarta

    ReplyDelete
  23. wah kebetulan banget mbak aku lagi cari info nih tentang social network yang paling banyak dipake ama orang korea :)
    silakan berkunjung ke blog aku juga kalo sempat ^^

    ReplyDelete
  24. nimbuzz mana nimbuzz?? :D
    kalo aku sih fb sama twitt..
    YM juga...banyak dapat teman dr YM..
    dapat pacar dr YM juga.. *ehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya lupa.. hehehe
      YMku jarang aku pake.. kalo inget aja aku pake.. hehehe

      Delete
  25. iyah.. nimbuzz mana nih..??

    aku yg paling sering FB ama blog... twitter jarang banget.. palingan kalo ada kuis doang. hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelupaan aku..
      wah, seneng ikutan kuis juga toh ternyata.. hehehe

      Delete
  26. Yg no 9 ma 10 aku gak pake..
    Kalo fs..hiikkssss udah ganti jd arena games :-( padahal bnyk kenangan jamanku alay disitu en so swit. Fs sialan Ԅ(`▿▿´Ԅ)

    Kalo plurk, my space prnh punya tp ga betah disono ƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑ

    Hmmm palagi ya..dlu demen mig33 jaman alay ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ ๑ˆ⌣ˆ๑

    ReplyDelete
    Replies
    1. wua, ternyata lumayan juga ya socmed yang di pake.. :D

      Delete
  27. dulu paling ngetrend friendster..aku jadi anak alay di friendter . wkwkw untung sekarang udah tobat.
    sekarang situsnya udh jadi game gitu

    ReplyDelete
  28. banyak juga ya ternyata, tapi gue nggak make yang nomer 5, 6, 9, 10 itu. Mungkin gue nggak segaul lo.

    ReplyDelete
  29. mirc nggak ada ya?'o' --->manusia jadul
    waaah kapan ya terakhir aku maen friendster??jaman aku alay tuh

    ReplyDelete
  30. gue gak make nomer 9 sama 10, gak tau malah .
    kalo yang lain pernah sih pas masa alay hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk
      ayo di coba.. apalagi yg nomor 10.. asik loh.. :D

      Delete
  31. Indogoo?
    saya baru tahu yang ini mah hahahaha
    wah dapat referensi baru nih, langsung TKP dah hehehe

    ReplyDelete
  32. Ada yang baru namanya Empire. Empire itu bukanlah saja permainan Anda yang menarik dan jaringan sosial dimana Anda bisa bertemu dengan orang baru. Empire itu tempat untuk bertemu dan chatting dengan kekasih Anda. Berkomunikasilah dengan teman-teman dan bicara gratis dengan mereka gratis, pakailah magic dan nikmatilah dunia Empire! www.empirech.com

    ReplyDelete
  33. Wah Terima Kasih Post Membantu Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya Juga Ya!! ^_^
    http://aikawafaith.blogspot.com/

    ReplyDelete
  34. Nice Info gan... makasi..
    http://www.go-hijab.com
    Kami Produsen hijab pashmina dengan bahan import yang berkualitas menyediakan model jilbab terbaru, jilbab segi empat, jilbab instan atau hijab instan, model kerudung terbaru , melayani pembelian grosir jilbab dengan harga murah dan terjangkau.

    ReplyDelete