[Info] Jenis-Jenis Jamur Konsumsi

by - 09:19:00


(gambar di dapat dari
penelusuran gambar google)
Jamur atau yang disebut dengan cendawan merupakan tumbahan yang banyak dijumpai di alam bebas. Jamur dapat hidup di berbagai lingkungan dan bersimbiosis dengan banyak organisme. Sebagian jamur hidup di darat, tetapi ada juga jamur yang hidup di air dan berasosiasi dengan organisme air. Jamur yang hidup di air umumnya bersifat parasit.
Para ilmuwan mengakui bahwa jika kandungan tertentu di dalam jamur dipercaya dapat menurunkan gula darah dan kolestrol, mencegah tumor dan kanker, menetralisir racun dalam makanan olahan, mencegah radang usus, menurunkan tekanan darah, serta antikarsinogen.

Selain itu, jamur juga bisa di jadikan sebagai bahan makanan karena rasanya yang enak dan juga merupakan makanan yang memiliki nilai gizi tinggi. Kandungan lemaknya yang rendah menyebabkan jamur layak untuk di konsumsi, apalagi untuk orang yang sedang melakukan diet. Tapi, tidak semua jamur dapat dimakan, karena ada beberapa jamur yang memiliki kandungan racun.

Disni saya akan menjelaskan jenis-jenis jamur yang dapat di konsumsi serta manfaatnya.

1. Jamur Tiram
(jamur tiram)



















Nama jamur tiram diambil dari bentuk tudungnya yang melengkung, lonjong, dan membulat menyerupai kerang atau cangkang tiram dengan bagian tepi yang bergelombang.Berikut ciri-ciri fisik jamur tiram :

  • Permukaan tundung jamur agak licin, mengilap, dan berminyak jika dalam keadaan lembab.
  • Bilah jamur tersusun agak rapat. Ketika muda, bilah ini berwarna putih. Namun semakin tua, warnanya berubah menjadi krem kekuningan.
  • Batangnya terletak di samping tudung. Ukurannya sangat pendek, yakni 1-3 cm, berwarna putih dan halus.
  • Tubuh buahnya membentuk rumpun dan memiliki banyak cabang yang menyatu pada satu media.
  • Daging buah berwarna putih pucat. Semakin tua, daging buah menjadi semakin keras.
  • Inti plasma dan spora jamur tiram berbentuk sel-sel lepas atau bersambung.
  • Calon tubuh buah jamur atau yang disebut dengan pin head akan terbentuk pada titik-titik pertemuan percabangan miselium. Selanjutnya, calon tubuh buah ini akan berkembang menjadi tubuh buah jamur.
Beberapa jenis jamur tiram, yaitu :
  • Jamur tiram putih
  • Jamur tiram merah jambu (Pleurotus Flabellatus)
  • Pleurotus Fissilis
  • Pleurotus Anas
  • Jamur tiram cokelat (Pleurotus Abalones / Pleurotus Cystidiosus)
Manfaat jamur tiram, yaitu :
  • Meningkatkan sel darah merah.
  • Menurunkan kolestrol.
  • Mengobati kanker.
  • Tambahan gizi untuk ibu hamil.

2. Jamur Kuping
(jamur kuping)
Dinamakan jamur kuping karena bentuk tubuhnya menyerupai telinga manusia. Umumnya jamur kuping ditemui berwarna cokelat muda hingga kemerahan. Berikut ciri-ciri fisik jamur kuping :
  • Begaian atas permukaan jamur agak mengilap, berurat, dan bagian bawahnya halus seperti beludru.
  • Tubuhnya berlekuk-lekuk dengan lebar 3-8 cm.
  • Dalam keadaan basah, tubuh buah jamur kuping bersifat kenyal. Namun dalam keadaan kering, jamur akan terlihat melengkung dan kaku.
  • Jamur kuping memiliki tangkai buah jamur yang pendek dan menempel pada substrat.
Beberapa jenis jamur kuping, yaitu :
  • Jamur kuping hitam (Auricularia Polythrica)
  • Jamur kuping merah (Auricularia Auricular-Judae)
  • Jamur kuping putih (Tremella Fuciformis)
Manfaat jamur kuping, yaitu :
  • Memperbaiki sirkulasi darah.
  • Penawar racun.
  • Mengatasi ambeien atau wasir.

3. Jamur Shiitake
(jamur shiitake)
Jamur ini berasal dari Jepang. Nama Shiitake diambil dari tempat tumbuhnya, yakni di pohon shii (Castanopsis Cuspidata). Orang Indonesia lebih mengenal jamur ini dengan sebutan jamur payung atau jamur jengkol karena sekilas bentuknya menyerupai payung dan ketika masih segar mengeluarkan aroma seperti wangi jengkol. Berikut ciri-ciri fisiknya :
  • Warnanya cokelat muda hingga cokelat tua, bahkan ada yang memiliki bintik putih atau renda.
  • Memiliki bulu-bulu halus di permukaan atasnya.
  • Ukuran diameter tudungnya 5-12 cm, ditopang oleh tangkai setinggi 3-5 cm dan diameter 8-13 mm.
  • Jamur ini juga memiliki lapisan lilin atau kutikula di permukaan luarnya
  • Di bawah tudung terdapat lamella (insang) yang berisi spora.
  • Bentuk jamur shiitake cenderung agak melengkung.
  • Saat masih muda, tudung jamur berbentuk kuncup dan cembung. Namun semakin tua, tudung menjadi mekar mendatar.
  • Daging buah lebih elastis ketika masih segar, tetapi menjadi sedikit liat ketika dikeringkan.
Beberapa jenis jamur shiitake, yaitu :
  • Lentinula Sajor Caju
  • Lentinula Subnudus
Manfaat jamur shiitake, yaitu :
  • Mengobati kanker usus.
  • Antivirus dan anti bakteri.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Mengatasi impotensi.
  • Memperbaikisitem sirkulasi.
  • Menurunkan kadar gula darah.

4. Jamur Merang
(jamur merang)
Awalnya jamur ini hanya dibudidayakan pada media merang atau tangkai padi. Namun seiring perkembangannya, jamur ini dapat dibudidayakan menggunakan media alternatif seperti limbah biji kopi, ampas batang aren, limbah kelapa sawit, ampas sagu, sisa kapas, kulit pala, bahkan limbah kardus. Berikut ciri-ciri fisiknya :
  • Tubuh buah jamur merangyang masih muda berbentuk bulat telur, berwarna cokelat gelap hingga abu-abu, dan ditutupi selubung yang disebut volva.
Manfaat jamur merang yaitu :
  • Bagus bagi orang yang mengalami gangguan fungsi jantung.
  • Berguna untuk mencagah kurang darah atau anemia.
  • Berguna untuk mencegah kanker.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Jamur Champignon
(jamur champignon)
Jamur champignon sering disebut juga jamur kancing, merupakan jamur yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Berikut ciri-ciri fisiknya :
  • Memiliki bentuk seperti kancing, berwarna putih bersih, krem, atau cokelat muda.
  • Memiliki cawan di bagian bawah tubuhnya. Namun, bentuknya menyerupai cincin di bagian tengah tangkai atau tepatnya di bawah payung.
Berikut manfaat dari jamur champignon :
  • Mengatasi kolestrol.
  • Mengatasi defisiensi gizi.
  • Mencegah serangan penyakit.

Itu dia beberapa jamur yang dapat di konsumsi. Jika para pembaca ingin menambahkan, silahkan isi form komentar. Terimakasih karena sudah mengunjungi blog saya.

Sumber : Buku Pintar bertanam jamur konsumsi

You May Also Like

54 komentar

  1. iya..
    tapi di postingan ini, saya memberi informasi tentang jamur-jamur apa saja yg bisa di konsumsi.. :)

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Saya juga suka jamur, mba
      Jamur yang bisa dimakan.
      Kemarin baru aja buat sup jamur buat obat flu

      Thanks buat artikelnya. Salam kenal dan mampir juga ya ke lizanovia.blogspot.com ^^

      Delete
  3. Gak suka jamur kecuali sudah diolah jadi jamur crispy, hahaha

    ReplyDelete
  4. wah gue suka jamur kakak.. eits, jamur yg nggak beracun tentunya :D

    ReplyDelete
  5. gue suka makan sup jamur, tapi ga tahu jenisnya apaan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga.. :D
      kalo sup itu biasanya pake jamur kuping.. :D

      Delete
  6. gue suka banget kalo nyokap bikin pepes jamur :)
    dan gue gatau jamur apa itu -__-

    ReplyDelete
  7. Saya suka rasa kedua jamur gambar 1 dan 2. Terutama ketika dijadikan sayur hm ... yummy ... :D

    Soalnya baru merasakan yang itu kalau lainnya belum pernah :3

    ReplyDelete
  8. Gw jijik bgt sma yg namany jamur, mgkn krena trdngr kotor, jamuran. Kta2 it menghipnotis gw jd gk suka jmur, tp anehny lau jmur crispy gw ska.

    ReplyDelete
  9. aku gak tahu jenis2nya, aku tahuanya cara makannya. hehehe

    ReplyDelete
  10. kalo gua, jamur yg udah dimasak,,, pasti bisa dikomsumsi tuh ahihih

    ReplyDelete
  11. waktu SD gua pernah makan oleh2 jamur kuping, wah malamnya gua muntah2 keracunan... padahal gak beracun katanya sih, tapi tetep aja gua keracunana

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kok bisa gitu sih..
      berarti sampai sekarang kamu gak pernah makan jamur kuping lagi?

      Delete
  12. Gue juga sering makan jamur pas di kampung :)))
    heheh

    ReplyDelete
  13. wah...
    aku sekalian dimasakin boleh kok
    saya suka jamur
    disini cuma ada ada di musim perngjuhan doang
    kecuali yang budi daya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      mau? :D
      disini juga cuma ada jamur kuping.. itupun di supermarket.. :D

      Delete
  14. Sepertinya udah lama banget gak makan jamur,

    paling sekali-kali makan kalo pas makan di luar yang jarang banget -___-

    tetep brokoli idaman gue :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo, ayo makan jamur lagi..
      langsung berburu di supermarket.. :D

      Delete
  15. dulu waktu aku masih SMA, pernah ikutan lomba membudidayakan jamur tiram dan alhamdulillah aku dapet juara 2

    haahahaa

    sangat bermanfaat nih artikelnya Ginty :)
    aku suka jamur, kirimi jamurnya donkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, hebat.. :D
      makasih..
      yah, disini cuma adanya jamur kuping doang.. yang lainnya masih pada langka..

      Delete
  16. ada juga jamur yang klo dimakan
    sesuai dengan mood kita
    misalnya sedih..pas makan itu jamur kita jadi nangis..

    ReplyDelete
  17. ooooh yg biasa dibeliin suami saya itu namanya jamur shitake rupanya... hahahaha masak jamur tapi ga tau namanya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk
      saya juga sering gitu..
      makan makanan apa tapi ngak tau namanya.. :D

      Delete
  18. gue paling suka sama jamur shitaqe tuhh.. ajib bener lohhhhh

    ReplyDelete
  19. gue ama tmen gue sekolah jufa lafi bisnis jamur mbak, jamur tiram,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sukses ya buat bisnisnya.. :D
      cuma jamur tiram aja ya?

      Delete
  20. gue suka jamur crispy tapi gak jamur yg lainn .
    gue merinding aja kalo denger kata jamur, berasa gimana gitu ya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk
      kalo aku sih suka semua jamur..
      tapi yang bisa dimakan loh ya.. :D

      Delete
  21. serasa kembali ke masa SMA belajar biologi..hehe

    aku suka jamur kuping, enak loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe
      jadi ceritanya aku gurunya nih ya.. :D
      iya, apalagi kalo jamur kupingnya di bikin sup.. :9

      Delete
  22. Mbak, kalo jamur yg nama sundanya "suung bulan" tau g? maksudnya nama ilmiah atau indonesianya apa? itu rasanya enak bgt, klo bs dibudidaya pasti sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk
      maaf banget.. saya ngak tau.. karena saya bukan orang sunda.. hihihi
      oh ya, coba liat di gambarnya.. mungkin barangkali ada yang mirip-mirip, berarti itulah nama jamurnya.. hihihi

      Delete
  23. berapa harga jamur kancing perkilo,dan dimana bs membeli jamur kancing [apakah di pasar2 ada yg jual]

    ReplyDelete
  24. saya ternak jamur tiram putih, sedikit wawasan dan masih sama. dalam tahap pembelajaran :)

    ReplyDelete
  25. makasih artikelnya gan
    http://jellygamatqncoriginal.xyz/

    ReplyDelete