[Ceritaku] Perjuanganku Untuk Mendapatkan Si Putih

by - 12:24:00


Si putih..
Pasti temen-temen semua pada berpikir, siapa ya si putih? Apa si putih itu kucing? Atau si putih itu kelinci? Mungkin juga si putih itu tikus?
Hehehehe
Salah semuanya.. :)
Ngak kerasa, udah 1 bulan lamanya si putih bersamaku. Yup, tanggal 24 Desember lalu, aku membeli si putih dan mengajaknya pulang ke rumahku.
Seneng banget rasanya bisa mendapatkan apa yang kita inginkan. Terima kasih ya Allah, engkau telah mengabulkan salah satu permohonanku. :)
Masih penasaran ya siapa itu si putih?
Kalian mau tau aja atau mau tau banget? Hehehe
Iya deh aku kasih tau, si putih itu laptop Sony VAIO baruku.

Sebenernya aku agak ragu sih, laptop itu warnanya putih atau silver. Tapi biarlah, aku panggil dia si putih aja. Banyak banget pengorbanan buat ngedapetin laptop Sony VAIO ini. Mulai dari muter-muter nyarinya sampai udah dapet juga masih banyak banget cobaannya.

Tanggal 23 Desember 2012 sekitar jam 5 sore, aku dan ayahku pergi ke toko komputer Galilea yang ada di Abepura untuk membeli laptop Sony VAIO tersebut. Soalnya setahuku, hanya toko komputer Galilea yang menjual laptop sony VAIO di daerah Jayapura.
Aku udah girang banget waktu nyampe di depan tokonya. Tanpa menunggu lama, aku langsung masuk ke dalam tokonya dan langsung melihat-lihat laptop yang di pajang di dalam etalase. Aku liatin satu per satu. Loh, kok gak ada yang warna putih ya, batinku. Kemudian, mbak-mbak penjaga toko tersebut menghampiriku.

Mbak : Mau nyari apa mbak? (sambil tersenyum)
Aku : Mau liat-liat laptop sony VAIO mbak.

Kemudian mbak itu menuju meja yang di belakangnya dan kembali ke arahku dengan menyodorkan kertas.

Mbak : Ini daftar laptop sony VAIO yang ada di sini.
Aku : Oh ya. Makasih

Aku lihat daftar tersebut dan aku tertuju pada laptop sony VAIO tipe SVE14122CV. Langsung aja tuh aku nanya ke mbaknya.

Aku : Mbak, yang ini ada? (sambil menunjuk kertas)
Mbak : Wah, yang ini habis mbak. Yang ada sisa yang ini. (sambil menunjuk laptop yang berada di etalase)

Ngapain coba nunjukin kertas ke aku, batinku. Laptop yang di tunjuk mbaknya itu sama persis dengan laptop barunya temanku. Masa iya aku mau beli sama kayak temenku. Ntar kalau ketuker gemana coba?
Akhirnya aku dan ayahku pulang ke rumah.

Keesokan harinya tanggal 24 Desember jam 8 pagi, entah mengapa aku merasa sangat gelisah. Gelisah karena belum mendapatkan laptop sony VAIO sesuai dengan yang aku mau. Aku harus dapat pokoknya. Harus!

Karena ayahku pergi kerja, akhirnya aku meminta ibuku untuk menemaniku ke toko komputer Galilea yang ada di Jayapura. Entah mengapa aku merasa bahwa laptop itu ada di sana. Pasti ada di sana. Udah ikatan batin kali ya. Hehehe
Dan tepat jam 9 pagi , aku dan ibuku pergi naik taksi ke toko komputer tersebut. Lama perjalanan kurang lebih setengah jam. Itupun karena macet.

Semangat empat lima banget deh aku pokoknya. Dan pas nyampe di depan toko komputer itu, aku langsung cepet-cepet masuk dan liat-liat laptop sony VAIO yang ada di rak paling atas etalase.
Huaaaaa, laptop yang warna putihnya banyak banget, jeritku dalam hati. :D
Mas-mas penjaga tokonya kemudian menghampiriku.

Mas : Selamat siang mbak, ada yang bisa di bantu?
Aku : Mau liat-liat laptop sony VAIO mas.

Sama seperti kemarin, aku di sodorin kertas. Ah, bodo amat dengan kertas. Aku langsung nunjuk aja.

Mas : Yang ini harganya berapa mas? (aku menunjuk laptop sony VAIO putih)
Mas : 12juta mbak. Ini spesifikasinya. (menunjuk ke kertas yang aku pegang)

Buset dah, aku salah nunjuk. Kaget banget aku waktu ngedengernya. Tapi pas aku liat spesifikasinya di kertas yang masnya kasih tadi, emang ngak salah sih harganya segitu. Spesifikasinya emang tinggi banget. Akhirnya aku nunjuk kertas nanya laptop sony VAIO tipe SVE14122CV. Masnya pun langsung ngambilin. Laptop sony VAIO itu persis berada di sebelahnya si 12juta itu. Ah, coba masnya salah ngambil. Beruntung banget aku. Hehehe

Padahal dari casing mirip banget loh, dari mana coba masnya ngebedain? Huh
Akhirnya aku dapet juga, udah gitu dapat bonus modem pula. Urusan bayar-membayar aku serahin ke mama aku. :)


Balik ke rumah dengan senyum yang lebar deh.
Sampai di rumah, aku langsung buka tuh laptop baru. Nyari casnya dan kok casnya yang kaki 3 sih. Ah sial. Malas banget buat keluar nyari sambungan yang kaki dua. Akhirnya cuma liat-liat laptop dan matiin lagi karena takut baterainya habis. Simpen ke dalam tasnya lagi. Karena capek, aku kemudian tidur-tiduran di kamar sambil nonton TV dan ketiduran.

Sore-sore aku bangun dan di meja ada penghubung yang 2 kaki itu. Wua..
Kejutannya bagus banget. Paling juga ayahku pulang kerja terus sekalian beli. Iyalah karena aku smsin. Hahaha

Aku nyalain deh laptopnya terus mulai masang program-program tambahannya dari flash disk. Setelah itu, aku mau masang program yang aku simpen di DVD. Aku masukin deh DVDnya. Kok lama banget sih ngak kebaca. Ngak bisa kebaca. Gemana nih? Wua..
Stres banget. Aku bongkoar tuh karton laptopnya nyari buku panduannya. Siapa tau aja ada petunjuk. Pas aku bongkar, eh aku malah nemu cas yang kaki dua. Ya Allah, ternyata di kasih dua model cas toh. Haish.

Udah bingung banget deh. Udah panik banget pokoknya. Mamaku bilang kalau besok di bawa aja lagi ke tempatnya beli. Aku masih tetep aja gelisah. Karena otak aku udah buntu plus hari yang udah sangat larut, akhirnya aku memutuskan untuk tidur.

Keesokan hari, aku bangun pagi-pagi banget. Aku search di google masalah yang di alami laptopku. Ah, ngak ada pencerahan ni. Setelah hampir lebih dari satu jam aku browsing, aku nemu solusi. Untung aja sistem operasi laptop ini Windows 8, jadi ngak perlu capek-capek di instal ulang. Cukup di reset maka laptop itu akan kembali seperti habis di instal ulang. Aku baca langkah-langkahnya dan mulai aku praktekin ke laptop aku. Dag dig dug juga sebenernya aku. Hampir satu jam proses reset berlangsung.
Jreng, jreng, jreng..
Akhirnya DVDnya bisa kebaca. Wuah, girang banget aku. :)
Mulai lagi deh aku ngelanjutin masang program-program yang aku inginkan.

Dan tiba-tiba loadingnya kok mulai melambat ya. Ah, laptop baru ini payah banget. Masih mending komputerku berarti.
Aku cek deh kapasitas partisi bagian systemnya. Masya Allah. Ternyata bagian system cuma di kasih 30 GB. Ah, gila ni orang. Malas banget deh. Dan sekarang yang free tinggal 5 GB. Masa iya aku harus instal ulang hanya untu partisi ulang.

Akhirnya aku nyari-nyari lagi di google cara mempartisi harddisk tanpa harus menginstal ulang. Dapat deh. Software yang di pake itu namanya EASUS Partition Manager. Langsung aja aku coba. Kemudian laptop restart. muncul gede-gede tulisan VAIO kemudian Easus Partition Manager Boot Mode, kemudian kembali lagi ke tulisan VAIO. Begitu seterusnya sampai aku merasa jengkel. Akhirnya aku matiin tuh laptop dengan cara menekan lama tombol powernya. Aku nyalain lagi, masih sama begitu aja. Aku matiin lagi deh. Aku mulai panik. Gemana nih kalau rusak. Laptop baru nih masalahnya. Baru kemaren.

Karena masih penasaran bagaimana cara kerja software itu, aku beraniin diri untuk mempraktekkan di komputerku, dan ternyata berhasil. Terus laptopku? Apa karena dia Windows 8 ya makanya ngak bisa?
Pusing tujuh keliling deh pokoknya. Kali ini otak aku udah bener-bener buntu. Akhirnya aku telpon temen sekolah aku dulu, dan nyuruh dia buat instal ulang laptopku. Alhamdulillah dia mengiyakan. :)
Pasti banyak yang nanya, kenapa aku ngak instal sendiri? Jawabannya adalah, pertama aku ngak punya DVD windows 8 dan yang kedua aku ngak tau gemana caranya masuk BIOS di laptop ini. Pinter banget kan ya? :D

Aku tungguin dia di rumah. Ah, sudah lewat dari jam janjian tapi kok dia belum datang-datang juga sih. Akhirnya aku nelpon dia. Eh, ternyata dia ngak bisa karena lagi ngurusin adeknya di rumah sakit. Dia bilang besok. Ya udah deh.
Keesokan harinya aku nungguin dia, tapi sampai sore kok belum datang-datang juga. Aku sms dia nanya dia di mana, dia bilang kalau masih di rumah sakit. Katanya nanti dia nyuruh temennya yang notabene juga temenku untuk datang ke rumah buat ambil laptopku terus dia perbaiki di rumahnya aja.

Akhirnya malam itu juga orang yang di utus untuk mengambil laptopku datang ke rumah dan membawa laptopku pergi ke rumahnya untuk di perbaiki. Dan tak lupa juga dia memberi aku nasehat "Makanya, lain kali kalau ngak tau ngak usah di otak-atik. Terus kalau mau otak-atik, nanya-nanya dulu ya". Aku hanya nyengir-nyengir panik aja.

Kurang lebih 1 hari kemudian, temenku itu mengembalikan laptopku. Wua, akhirnya si putih kembali dengan keadaan sehat lagi. Dan sekarang aku berjanji untuk tidak mengotak-atiknya secara berlebihan. Tapi, mau gemana coba, rasa penasaran aku tuh tinggi banget. Tapi ya udahlah. Dan sampai sekarang yang menjadi rahasia laptop aku adalah aku belum tahu bagaimana cara masuk BIOS di laptop itu. Temenku juga ngak tahu. Parah banget kan ya?
Bagi yang punya laptop yang tipenya sama kayak aku, tolong di kasih tahu ya gemana caranya masuk BIOS di laptop itu.

Sekian dan terima kasih... :)

You May Also Like

52 komentar

  1. Wah keren laptopnya warna putih, idaman gue banget :o
    Dan udah windows 8 pula hahaha. Ngga ngerti cara masuk ke BIOSnya juga gue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk
      makasih.. :)
      kirain aku aja yang ngak tau masuk ke BIOSnya.. :D

      Delete
  2. Tulisannya kak Ginty mengantar saya menuju alam imajinasi. Dalam benakku > Kak Ginty ingin membahasakan Boneka kesayangan atau paling tidak hewan piaraan yang amat disenangi. Beralasan donk, seorang wanita yang usianya berkisar 30 tahun kebawah itu senang dengan boneka termasuk hewan piaraan. > itu komentar aku untuk paragaraf pembukannya yang kesannya oke banget.

    Ternyata yang dimaksud adalah system baru. Hehehe, boleh dah. keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha
      menjebak berarti ya paragraf pembukanya.. :D

      Delete
  3. wah selamat ya atas lepi barunya, ane juga baru nih, cuma ngga semahal itu -_______-"

    ReplyDelete
  4. udah boleh lah gin buka toko reparasi alat2 elektronik kalo curiositynya setinggi langit gitu :p hehehe

    emang bahagiaaa banget ya kalo punya barang kesayangan. sampe dikasi nama segala. laptop saya, menemani sejak kuliah semester 1 sampai dengan nikah, saya kasi nama lappytawati digitalansari :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk
      kak dini kreatif banget deh..
      nama laptopnya keren banget.. :)

      Delete
  5. waduooooh, menanggapi komentar kakak Dini yang unyu di atas jadi pingin ngasih nama laptop ASUS kuuu..hehehehe..

    selamat ya lepinya baru cieee cieeee...makan makan nie Dek Ginty cieeeeehhh..makin rajin OL dan BW blog aku ni bakalan cieeee... *ngarep

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi nama laptopnya kak mey apa nih? :D
      hehehe
      pastinya kak.. :D

      Delete
  6. Jadi, tulisan ini ditulis via si putih, nggak? :D

    ReplyDelete
  7. ikut seneeeng...jadi inget tahun 2010 lalu nyari netbuk tambatan hati, belinya ditemenin mamah dan muter2 keliling BEC...btw salam kenal buat si putih dari Kelana, netbuk merah aku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga buat Kelana.. :)
      emang ya kalau nyari barang yang sesuai dengan keinginan hati, walaupun muter-muter gak peduli deh.. :D

      Delete
  8. kak, aku kasih oleh oleh nih. cek di -> http://deyadeeaya.blogspot.com/2013/01/sunshine-awards.html

    ReplyDelete
  9. wah wah maaf ya kak gegara liat gambar kucing hampir aja gua kabur dari sini .
    tapi gua baca sampe selesai kok, cuma ngelewat gambar kucingnya aja .

    ehem ehem pasti sering BW sama posting nih :))

    ReplyDelete
  10. selamat ya dapet laptop baru, pasti jadi rajin blogging nih :3
    warnanya putih jadi harus sering2 dibersihin tuh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      tau aja.. :D
      yup, setiap semenit sekali pasti aku lap tuh si putih..
      hehehe

      Delete
  11. Woooaaa sony vaio, gilaa cakep bgt yak. Hhmm dijaga baik2 tuh jangan smpe rusak loh, hhe moga langgeng y sma laptopnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya va.. pasti aku jaga, aku sayang2, pkoknya insya allah si putih betah deh sama aku.. :)

      Delete
  12. cieeeeee laptop baru cieeee
    weheee..kalo ngomongin soal laptop aku jadi inget laptopku yg ilang hiikksss

    btw blm bisa pake windows 8? gmna sih fiturnya Ginty? aku juga ga paham hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      kok bisa hilang? gemana ceritanya?

      tampilannya aja yang bikin keren.. selebihnya hampir sama kayak windows 7..
      tapi lebih keren lagi kalau di pake di layar touchscreen.. :D

      Delete
  13. cieee laptop baru... :D
    eh, laptop aku belum pernah dikasi nama nih, kayaknya perlu dipikirkan dari sekarang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dong di kasih nama.. :D
      biar unyu-unyu gimana gitu..

      Delete
  14. why engga warna ijo atau kuning gitu biar dibilang kaya anak alay mbak wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut aku sih laptop ngak cocok aja pake warna kayak gitu..
      lagian aku kan bukan anak2 alay.. :D

      Delete
  15. selamat yahh ginty...
    cakep banget dahh laptopnya...
    dirawat tuh si putihnya... :)
    jadi gak sabar pengen beli laptop jg nihh...
    nunggu kenaikan gaji...hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih.. :)
      aku doain semoga cepet naik gaji deh..
      trus ntar kalo udah beli laptop baru di kenalin ya sama si putih.. :D

      Delete
  16. asik banget neh dapaet barang yang diimpikan ...... cewe dimana-mana sama ye ngasih nama ama barang kesukaannya temen aku ngasih nama motornya yellow sweet hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      iya..
      ah, masa sih? tapi emang iya juga sih.. semua barangku aku kasih nama..
      apalagi binatang peliharaanku.. :D

      Delete
  17. wkwkwkwwkwkw baru kali ini ada orang yang ngasih nama sebuah laptop hahahahah kueren puol dah

    ReplyDelete
  18. sony VAIO itu mahal nggak sih? tai selamat lah bisa mendapatkan barang yang di inginkan. semoga bermanfaat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya rata-ratalah.. :)
      tapi sony VAIO itu keren banget loh.. #promosi
      aamiin.. makasih.. :)

      Delete
  19. ehh... ngomongin laptop ya... gak boleh ninggalin aku dong kalo soal ginian... kalo masuk bios bisa tekan esc, atau f11 atau f12 (mungkin) lho ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngak bisa..
      aku udah coba pencetin satu-satu semua tombolnya..
      tapi hasilnya tetep aja nihil.. -_-

      Delete
  20. hahhaa.. barang mahal cara perawatannya juga mahal ya.... aku pernah dikasih tahu ttg barang kayak gini, jadinya pilih yang standar-standar aja deh! hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      kalo aku selagi masih bisa dapet yang paling bagus, kenapa ngak..
      males sama yang standar-standar.. :D

      Delete
  21. duile baru liat promo digrup awalnya td hewan -__-
    gambarnya hewan sih, gara2 gue nipu pake postingan nama mantan skrg gue yg ketipu

    udah pake windows 8, gue gak ngerti wkwk
    sempet liat punya sodara agak bingung.
    bagus sih animatif tp kl gak biasa make jd kaya aneh -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk
      ceritanya senjata makan tuan nih ya kak.. :D
      waktu pertama aku liat juga aku ngerasa orang paling gaptek sedunia, tapi pas udah di coba enak kok kak.. :)

      Delete
  22. wah VAIO, aku suka desainnya. tapi biasanya harganya mahal juga.
    coba aja salah ambil, terambil yg 12juta beruntung bgt tuh..haha

    berarti kita sama, penasaranku tinggi bnget, suka otak-atik ini itu..tapi kalau rusak cari solusi sendiri dengan cara otak-atik juga..setidaknya dapat ilmu baru..:)

    aku udah lama penge nyoba win8, tapi belum ada temen yg punya installernya. mau download males

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      aku juga berharap penjaganya salah ambil gitu.. XD
      wah, aku ada temennya.. :D
      tapi kalo aku udah bener-bener mentok, aku langsung nyuruh temen yang lanjutin..
      hehehe

      Delete
  23. cieee yang lepinya baru :P
    emang kalo lepi baru kadang ada masalah dulu..punya gw juga gitu dulu...
    salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk
      jangan ngiri loh ya.. :D
      iya juga sih.. aku jadi inget waktu baru beli komputer, sempet ada masalah juga sih.. :D
      udah di takdirkan kali ya kalau barang-barang baru musti gitu.. :)

      Delete