[Lomba] Five Of The Best

by - 06:52:00


Kalau ngomongin soal buku, saya punya banyak sekali koleksi buku. Mulai dari buku pelajaran, buku pengetahuan umum, novel, komik, sampai majalah. Kenapa bisa saya punya banyak buku? Ada dua alasan. Alasan pertama yaitu saya suka membaca dan alasan keduanya yaitu saya senang mengoleksi barang.

Terus kalau mau ditanya kapan saya mulai suka membaca, jawabannya adalah saat saya umur 3 tahun. Hehehe Sebenernya sih saya belum bisa membaca umur segitu, tapi saya senang ngebolak-balik buku apalagi yang banyak gambar-gambarnya. Pas umur segitu dulu, orangtua saya sering ngebeliin saya buku yang ada gambar-gambarnya. Nah, karena itu pula, orangtua saya beraniin nitipin saya di Taman Kanak-Kanak alias dimasukin sekolah. Hehehe

Kalau mau ditanya mana buku favorit saya, pasti saya bilangnya semua adalah favorit saya. Kalau bukan favorit, ngapain saya beli coba. Hehehe Tapi saya punya 5 buku yang bener-bener best of the best yang menemani saya akhir-akhir ini. Yuk, kita lihat kelima koleksi buku best of the best saya.

1. “Membaca Emosi Orang” karya Paul Ekman


Buku ini saya beli di Gramedia tahun 2009. Kenapa saya tertarik dengan buku ini? Buku ini merupakan buku best seller. Buku ini mengajarkan kita cara memahami karakter, perasaan dan emosi orang. Buku ini benar-benar sangat berguna, bukan hanya untuk mengetahui karakter orang, tapi kita juga bisa mengatur emosi pada diri kita sendiri. Dari mulai bagaimana kita akan berbicara atau bertindak pada saat emosi kita sedang dalam keadaan tinggi, bagaimana mengambil sikap saat kita benar-benar sedang emosi untuk mencapai tujuan kita tanpa merusak keharmonisan dengan orang lain, dan bagaimana kita bisa lebih peka terhadap orang lain. Sumpah, bukunya bagus banget. Saya sudah bisa merasakan perubahan setelah membaca buku ini.

2. “Membangun Jaringan Komputer” karya Iwan Sofana


Buku ini saya beli waktu kelas 2 di SMK Negeri 3 Jayapura. Mau tahu ngak, guruku ngasih julukan buku ini buku sakti. Hehehe Dan kita bener-bener bilang buku ini buku sakti. Kenapa dijulukin buku sakti? Soalnya isinya lengkap banget. Dari teori dasar tentang jaringan computer, sampai dengan pembangunan jaringan computer. Sebenernya ada 1 lagi buku sakti yang warnanya kuning, lebih tebal lagi dari ini. Tapi menurut saya dan temen-temen, kita lebih ngerti dengan pembahasan yang ada didalam buku ini dibandingkan dengan yang satunya.

3. “Algoritma & Pemrograman” karya Rinaldi Munir


Anak Teknik Informatika mana sih yang ngak kenal dengan matakuliah Algoritma dan Pemrograman. Hehehe Kalau dikampus aku, mata kuliah ini bertingkat. Mulai dari Algoritma dan Pemrograman 1-3. Buku ini nih yang bener-bener ngebuka logika saya tentang bagaimana menyelesaikan suatu permasalahan dengan baik. Pernah dengar cerita tentang ini ngak, contohnya ada dua ember berisi air yaitu ember A dan B. Bagaimana caranya menukar isi ember A ke dalam ember B dan sebaliknya. Hahaha Dan masih banyak lagi permasalahan-permasalahan lainnya.

4. “Analisa dan Perancangan Sistem” karya Kendall & Kendall


Saya bangga banget bisa punya buku ini. Walaupun ini sudah edisi ke-5. Pasti anak-anak Teknik Informatika taulah. Ini salah satu buku yang nemenin saya waktu ngebuat laporan Kerja Praktek dan juga laporan Tugas Akhir. Adek-adek tingkat saya aja sampai ngincar buku saya ini. Pertama, adalah adek tingkat saya, ngak usah disebutin namanya. Dia ngesms saya nanya buku ini. Dia ngotot banget mau beli. Dan saya pun bersikeras buat ngak ngejualnya. Hahaha Ekstra dongkol banget deh pokoknya. Eh, pas ke kampus juga waktu itu, ada adek tingkat juga yang mau beli nih buku, dan dengan tegas saya bilang saya ngak jual. Saya suruh dia nyari aja di took buku atau browsing (beli online). Wong saya juga beli online. Eh, dia bilang malah, udah kak jual aja, udah lulus juga kok, mau di pake apa coba bukunya. Hello, kamu pikir saya memperlakukan buku seperti apa, yang selesai pakai langsung dibuang gitu. Saya ini termasuk orang yang protect banget sama buku. Mau buku apapun itu. Dan saya juga ngak pernah ngejual kembali buku-buku yang pernah saya beli. :p

5. “Upgrade Score TOEFL” penerbit Media


Ini buku yang ngebantu saya sampai saya ngedapetin nilai prediksi toefl 433. Hahaha Padahal dibuku itu bilang target minimal 550. Tapi ngak papalah. Wong memang Bahasa Inggris saya juga abal-abal. Sampai sekarang nih masih dipakai belajar. Sambil nunggu tes TOEFL diadain. Hehehe

Ini 5 buku yang paling mengesankan buat saya. Mana buku-buku yang mengesankan punyamu? 


“Tulisan ini diikutsertakan dalam Best Article Blogger Energy”

You May Also Like

0 komentar