[Review Film] Review Film "Negeri Van Oranje"

by - Monday, February 08, 2016


Sebenernya udah dari awal bulan pengen nge-review film ini. Tapi entah kenapa dan mengapa baru sempat sekarang.

Maaf ya kalau review-an saya agak kurang berbobot atau tidak seperti review-an temen-temen yang udah biasa ngerivew film. Mohon dimaklumi banget ya. Ini review film pertama saya. Jadi ceritanya nih saya lagi belajar buat ngereview film.

Oke, kita langsung aja masuk ke topik. Hehehe
Jadi waktu itu tanggal 26 Desember 2015, saya dan teman saya yang bernama Dian lagi dalam keadaan bosan banget. Kita chat-chatan ni di Facebook. Dan tercetuslah ide untuk nonton film di bioskop. Ngak tau kenapa, saya sama Dian satu pikiran buat nonton film "Negeri Van Oranje" ini. Kalau saya sih alasannya karena waktu itu ngelihat trailer filmnya di salah satu TV itu keren banget. Tapi kalau Dian, ngak tau deh alasannya karena apa. Hehehe

Yang belum nonton, buruan nonton gih. Tapi itupun kalau masih ada di bioskop. Hehehe Atau liat trailernya di Youtube aja, dijamin  ngak bakalan nyesel deh. :) Ini nih foto tiket setelah nonton.



Sebelum nge-review, saya ceritakan sedikit dulu ya sinopsisnya.
Film "Negeri Van Oranje" bercerita tentang lima orang mahasiswa Indonesia yang menimba ilmu di Belanda. Mereka adalah Lintang (Tatjana Saphira), Banjar (Arifin Putra), Wicak (Abimana Aryasatya), Daus (Ge Pamungkas), dan Geri (Chicco Jerikho). Mereka secara tak terduga saling bertemu dan bersahabat. Sejak bersahabat, kelimanya mulai saling berbagi tawa dan juga kepedihan bersama-sama. Masalah kemudian muncul ketika keempat sahabat itu mulai memperebutkan Lintang. Pada saat yang sama, hubungan Lintang dengan pacar Belanda-nya terancam bubar. Persahabatan berubah menjadi rumit dan hubungan mereka diuji.
Mulai ngereview ya..

1. Artis-artisnya
Semua udah tau kan, artis-artis yang main di film "Negeri Van Oranje" ini siapa-siapa aja. Yup, artis-artisnya itu Tatjana Saphira berperan sebagai Lintang, Arifin Putra berperan sebagai Banjar, Abimana Aryasatya berperan sabagai Wicak, Ge Pamungkas berperan sebagai Daus, dan Chicco Jerikho berperan sebagai Geri.
Bisa diliat kan, artis-artis yang main di film ini semuanya itu artis-artis yang memang udah berpengalaman banget. Udah banyak judul-judul film yang sudah mereka bintangi. Apalagi di film "Negeri Van Oranje" ini. Saya rasa sih mereka aktingnya natural banget. Penjiwaannya ngena banget lah pokoknya.

2. Tempat Pembuatan Film
Belanda. Keren banget. Jadi kelihatan film "Negeri Van Oranje ini nih kayak film perjalanan wisata. Apalagi ceritanya para pemain ini tinggal dan kuliah di tempat-tempat yang berbeda. Saya paling senang di tempat kuliahnya Wicak. Tempatnya bener-bener keren. Mungkin karena saya hobinya juga dengan alam dan suka sesuatu yang berhubungan dengan alam kali ya, makanya saya suka. wkwkwk

3. Ceritanya
Film "Negeri Van Oranje" emang beda sama film-film Indonesia lainnya. Film ini ngak bercerita hanya tentang cinta saja ataupun cerita persahabatan saja, tapi semuanya. Lengkap pokoknya. Dari cerita persahabatan yang emang bener-bener real layaknya orang-orang bersahabat, cerita percintaan yang ternyata hampir semua dari mereka menyukai Lintang sahabat mereka sendiri. Dan yang paling ngak bisa ketebak itu ceritanya Geri. Saya pikir Si Geri yang bener-bener suka sama Lintang, tapi ternyata itu cuma kamuflase dia aja buat menyembunyikan jati diri kalau tenyata dia itu "penyuka sesama jenis". Bener-bener kaget, speechless, dan semuanya yang ngak pernah saya bayangin dari awal nonton ini film dah pokoknya. Ngak bisa ketebak ceritanya.

Sekian review dari saya. Sebenernya masih ada lagi yang mau direview. Tapi sementara, 3 (tiga) ini saja dulu lah.

You May Also Like

20 komentar

  1. Jadi penasaran nih, soalnya saya jarang banget nonton film drama kaya gitu. Waktu masih ada film ini di bioskop saya gak nonton, malah nontonnya Star Wars. Mungkin kalo udah ada bajakan nya mau nonton wkwkwk XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk
      saya juga sebenernya kalo ke bioskop rada2 males kalo nonton film indonesia..
      tapi waktu itu karena ngeliat trailernya di tv, jadi penasaran deh..
      akhirnya ditonton.. hehehe

      Delete
  2. Jujur nih gue. Gak terlalu suka sama film drama apalagi itu masalah cinta-cintaan. Bawa-bawa persahabatan lagi. Gara-gara cinta persahabatan bisa rusak, ini yang gue benci -_- Pokoknya gak suka sama drama cintaan :v. Dememnya itu drama yang gak bawa cinta-cintaan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk
      bedanya cewe sama cowo kali ya.. hehehe
      tapi beneran, film ini beda banget sama film cinta-cintaan yang lain.. :D

      Delete
  3. Sebenernya udah beberapa kali baca review film ini dan nonton trailer nya di youtube, dan keliatannya film seru sih. Tapi jujur, gue ga terlalu suka nonton film bergenre seperti ini, lebih suka horror atau action, sih, jadi ya sampe skrng belum sempet untuk nonton film "Negeri Van Oranje". Muehehe :D

    ReplyDelete
  4. kebetulan sih bukan penggemar film, tapi kayaknya mau masukin ke daftar tonton kayaknya bagus, tapi gak tau kapan di tontonya sii .. hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk, wajib jadi daftar tontonan..
      ngak bakalan nyesel deh nonton film ini.. :)

      Delete
  5. Kalau liat cuplikan filmnya emang menjanjikan. Tapi g tau juga gimana aslinya, cuman dari pemandangan yg disuguhin kayaknya oke punya, belanda gitu lho. Cuman nanti deh nunggu link donlotan aja buat nonton, hehehe

    ReplyDelete
  6. Wah iya juga ya, ini film termasuk lama sih. Kalo lihat di bioskop gak bisa kayaknya, cara satu-satunya download dari internet.

    Yah tapi dari review kayaknya seru sih. Setting tempatnya juga keren, Belanda. Pasti banyak bunga tulip gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe
      ini film muncul di bioskop waktu itu bulan Desember.. :D

      Delete
  7. Ini salah satu film akhir tahun favorit saya.. :D
    Gambarnya keren banget, dan chemistry antar karakternya kerasa, editingnya juga asik, film drama yang bikin betah nontonnya..
    Saya nonton sampai dua kali lho!! ^_^

    Cuman kalu dari cerita kurang dalam sih sebenarnya, ga kerasa kalau mereka itu mahasiswa, kecuali bagian Lintang wisuda, jadi kayak tiba-tiba wisuda gitu, hohoho..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju.. :D
      hah, serius sampe nonton 2 kali? :D
      hehehe iya memang..
      jadi pengen kuliah disana juga ngak? :D

      Delete
  8. Udah ni, ceritanya? Yah..... terlalu singkat untuk sebuah review film... Sarannya, semoga dipanjangan dikit lagi. Jangan kepanjangan, ya.

    Ini udah seru kok, setidaknya buat gue yang suka nonton (di laptop) bisa jadikan salah satu list buat nambahin koleksi Film Indonesia.

    Pembuatannya di Belanda ya?? "Emm.... pasti seru. Download, ah..." hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      makasih ya buat masukannya..
      kayaknya saya musti nyari2 panduan lagi buat bkin review2 deh.. hehehe

      Delete
  9. Gue belum pernah nonton.. hehe
    Sudah bisa dipastikan juga, gak ada lagi bioskop yg tayangin..hehe

    Dari beberapa review yg pernah baca memang film ini keren banget. Sayang gue gak nonton.

    Artis2nya si kece bgt. Pasti penjiwaannya dapet bgt. Sepertinya. Karena gue gak nonton.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe
      Emang di bioskop udah ngak ada.. :D
      Wajib cari download-an ni fil.. habis itu di tonton.. ngak bakalan nyesel deh.. :D

      Delete
  10. Wah, kasian si Cicko Jericho ini. Jauh-jauh ke Belanda cuman mau jadi hvmv (baca: humu). Hahaha... :D
    Jujur gue penasaran sama film ini, tapi mau nonton belum sempet donlot. Mau ngerental CD juga belum sempet. Mau nonton di bioskop, di Pacitan gak ada bioskop. Yaudah, kapan-kapan ajalah kalo lagi longgar gue tonton. Maklum ya mbak, anak kelas 3 SMA ya kayak gini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha
      jangan gitu dong sama Kak Ciko.. :D
      hehehe
      loh, bukannya anak SMA tempat nongkrongnya di Mall gitu ya.. heheh ups..
      3 SMA deh, lagi sibuk2 belajar buat UN kan? :D

      Delete