[Tes Kerja] Pengalaman Mengikuti Tes Penerimaan Pegawai Tidak Tetap Di Balai Diklat Pendidikan Dan Pelatihan Penerbangan Jayapura

by - 20:53:00




Sebenernya saya mau posting ini udah lama banget. Dari bulan Januari kemaren lah. Tapi karena satu dan lain hal yang "malas" termasuk di dalamnya, akhirnya tulisan ini ketunda sampai dengan saat ini. 

Jujur aja, saya tuh baru pertama kali denger yang namanya "Balai Diklat Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura". Yang saya taunya itu cuma sekolah Penerbangan yang ada di Curug. Dan saya juga baru tau kalau ternyata Balai Diklat Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan itu ada dibawahnya Dinas Perhubungan. Malu-maluin banget kan saya ini?
Saya tau ada lowongan di situ juga dari temen saya. Sebenernya sih iseng aja sih karena persyaratannya juga ngak susah-susah amat. Karena emang ngak ada niat, jadinya kan ngak berharap gitu tapi ternyata dua hari kemudian sekitar jam 5 sore, saya ditelpon sama orang dari Balai Diklat Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura. Saya di kasih tau kalau tesnya itu akan dilakukan selama 2 (dua) hari. Saya lupa tanggalnya. Hehehehe Ibu itu bilang kalau tes hari pertamanya itu Psikotes dan hari keduanya itu Wawancara, pakaian bebas rapi. Sumpah, dapat telpon gitu perasaan girang banget. Saya dapat panggilan buat ikut tes lagi. Padahal status saya juga sudah bekerja. wkwkwkw

Malamnya saya langsung ngasih tau orang tua kalau saya dipanggil buat tes. Terus Bapak saya nanya, disitu lowongannya buat jadi apa? Saya jawabnya Pegawai Tidak Tetap. Terus Bapak saya tanya lagi, Balai Diklat Penerbangan itu kayak gemana? Saya jawab aja ngak tau. Hahahaha Otomatis Bapak saya bilang, lah kamu ngelamar disana masa ditanya begitu jawabnya ngak tau. Hahaha

Hari Pertama
Tibalah saat hari pertama tes. Karena tempat tesnya jauh banget dari rumahku, satu setengah jam sebelum tes dimulai, saya sudah berangkat dari rumah. Untung aja nih ya, ada temen kuliah saya juga. Jadinya ngak kesepian deh. Sampai disana, kita berdua masih malu-malu kucing. Biasanya nih ya kalau ngelihat pemandangan yang WOW, pasti deh ngeluarin kamera dan selfie. Tapi berhubung kita datang ke tempat keren ini buat tes, jadinya kan ada rasa gugup-gugup gemananya gitu. Jadinya kita cuman berdoa dalam hati aja deh. Ini dia pemandangan dari kantornya. Gemana ngak keren, pemandangannya langsung ke laut lepas gitu. :D


Keren banget kan pemandagannya? Balik ke acara. Hehehe Tesnya itu mulainya sekitar jam 9-an. Padahal nih ya dikasih taunya mulai tes jam 8 pagi. Jadilah kita menunggu kayak orang hilang gitu. Temenku bilang wajar itu. Hehehe

Dan pas jam 9, masuklah orang-orang berseragam putih yang gagah-gagah banget. Kayak Pilot, tapi kayanya bukan, tapi kayaknya juga mereka Pilot. Ah, ngak tau lah. Mulai lah tes Psikotesnya. Psikotesnya lagsung yang di suruh gambar-gambar gitu. Ngak nyangka langsung tes begituan. Terus jam 12 kita istirahat, dan mereka bilang jam 1 balik buat lanjut tes wawancara. WHAT? Lah, bukannya dibilangnya wawancara nanti di hari kedua? Akhirnya saya dan teman saya memberanikan diri buat nanya ke salah satu pegawainya. Tau ngak jawabannya apa? Iya, wawancaranya dua kali. Hari ini wawancara buat Psikotes dan besok wawancara lansung dengan Kepala Balai.

Berasa disambar petir di siang bolong lah. Masalahnya saya ngak belajar apa-apa. Saya belum tau semua tentang kantor itu. Bagaimana coba? Ah, makan itu rasanya udah kayak ngak makan pokoknya. Tinggal mikir gemana ya ntar wawancaranya. Ah, udah ah bodo amat pokoknya. Jawab aja.

Selesai istirahat, kita balik lagi ke tempat tes. Well, kita dipanggil berdasarkan nomor urut. Dan saya nomor urut ke-4 (empat). Hahahaha Untung bukan yang pertama. Pas masuk, ternyata yang wawancara Ibu cantik. Alhamdulillah. Untuk ditanyanya bukan tentang Instasinya. Masih lanjutan tentang Psikotes yang tadi. Kayaknya sih emang pertanyaan ke semuanya sama deh, soalnya udah ada di kertas gitu. 15 menitan lah saya di wawancara, sama dengan yang lainnya. Gemana ngak sama, lah pertanyaannya juga sama kok. Hehehe

Hari Kedua
Karena udah kenal sama biasa dengan teman-teman tes  yang lain, saya dan teman saya udah berani selfie-selfiean nih. Mau lihat? hehehe



Hari kedua udah ngak berasa gugup. Jalani aja. Udah ngak peduli. Hahaha Hari kedua juga sama kayak hari pertama. Dibilangnya tesnya jam 8 pagi, eh taunya lebih parah dari tes yang pertama. Jam 10 baru mulai. Jadi kan karena peserta tesnya lumayan kan jumlahnya, akhirnya dibagi jadi 2 kelompok. Nah, kelompoknya saya ini nih yang langsung di wawancara sama Kepala Balainya Karena Kepala Balainya lagi ada rapat, akhirnya kita menunggu. Padahal nih ya, di kelompok satunya udah 5 orang yang diwawancara. Hehehehe 

Dan akhirnya setelah sekian lama, teman kelompok kami di panggil juga. Rasa gugup yang tadinya ngak ada tiba-tiba muncul. 5 menit kemudian, orang yang baru masuk tersebut keluar. Sontak kita semua kaget. Udah selesai? Kita kompak nanya ke dia. Udah. Dia jawab sambil cengar-cengir. Dia bilangnya tenang aja, cuma diajak kenalan aja kok di dalam. Hahaha

Dan pas saat tiba saatnya saya buat masuk, emang bener. Cuma ditanya, namanya siapa, dari Universitas mana, orangtuanya dari mana, bla bla bla. Selesai.

Sumpah, ngak nyangka banget pokoknya kalau wawancaranya kayak gini. Perasaan dulu pas wawancara di Bank itu susahnya minta ampun deh. Hehehe

Dan ujung-ujungnya saya dan teman saya tidak lolos. Ngak tau deh siapa yang lolos. Tapi emang kita berdua emang belum layak. Soalnya masih banyak dari mereka yang pengalaman kerjanya yang lebih banyak. Saya dan temen saya ini yang paling muda dan masih fresgraduate banget. Hihihi

Tapi ngak apa-apa. Pengalamannya, kenalan baru, dan keseruannya itu yang paling penting. Bener ngak? :)

You May Also Like

0 komentar