[Acara] Tere Liye Ada Di Jayapura

by - 07:01:00


Tanggal 02 April 2016, kota Jayapura dihebohkan dengan datangnya 2 orang terkenal di Indonesia. Yang pertama itu Tere Liye, penulis novel best seller di Indonesia. Nah, terus yang kedua itu Lesti, pemenang Dangdut Akademi.

Tapi di postingan ini, saya bahasnya tentang Tere Liye aja. Judulnya aja "Tere Liye Ada Di Jayapura", masa isinya lain. hehehe

Ngak gitu juga, saya buat postingan ini karena saya datang ke acara "Talkshow & Booksigning Bersama Tere Liye" yang di adakan di Gramedia Jayapura.

Terima kasih saya ucapkan kepada teman saya Yuliyanti Rahadin yang sudah mau minjamin HPnya buat foto-foto. Udah minjem, saya masih cerewet pula. Hihihi Maafkan temanmu ini.

Sumber : Facebook Tere Liye
Saya nemu ini di halaman Facebooknya Tere Liye. Sempet ngak percaya juga sih, sampe saya pelototin ini gambar sampai berulang-ulang kali. Beneran nih Tere Liye mau ngadain Talkshow & Booksigning di Gramedia Jayapura. Walaupun saya tidak terlalu nge-fans banget sama Tere Liye, tapi saya masih tahu beberapa karyanya. Dan ini adalah kali pertama saya datang di acara Talkshow seorang penulis terkenal yaitu "Tere Liye".

Waktu ngeliat Tere Liye pasang status ini, saya langsung share di Timeline Facebook saya. Kenapa saya share? Ya iyalah, informasi keren dan berguna kayak gini kok ngak disebarin. Hehehe Beberapa menit setelah saya share, dosen saya langsung nge-share juga. Langsung saya kirim pesan aja ke dosen saya, nanyain mau pergi atau ngak. Tanpa basa-basi, dosen saya langsung bilang Iya. Bahkan dosen saya mau ngebawa semua koleksi bukunya. Semua buku karya Tere Liye. Bayangin, betapa banyaknya. Ini nih foto sebagian buku Tere Liye koleksi dosen saya.


Rencana awal itu saya cuma pergi berdua aja bareng sama Ibu Andi (dosen saya). Tapi ternyata temennya Ibu Andi ada yang mau pergi juga, jadinya Ibu Andi pergi duluan ke gramedia sama temennya itu. Akhirnya saya ngajak Yuli deh.

Nah, itu kan acaranya mulai jam 4 sore kan ya. Saya sama Si Yuli jalannya itu jam 4 kurang 10 menit. Hehehe Alhasil, kita nyampe disana telat. Talkshownya udah mulai. Bang Tere Liye udah ngejawab pertanyaan dari orang-orang. Entahlah itu pertanyaan yang ke berapa. Hehehe

Tere Liye sedang menjawab pertanyaan dari para Audience.

Digambar ini keliatan yang datang sedikit banget kan. Iya, itu yang duduk. Yang berdiri lebih banyak dari itu, termasuk saya. Banyak banget yang ditanyain ke Bang Tere Liye ini. Dan Bang Tere Liye jawabnya nyantai banget dan pas banget. Yang paling saya inget itu Bang Tere Liye bilang gini "Nulis itu ngak musti ada aturan. Nulis aja terus, pokoknya nulis. Memang kalau orang nulis itu awalnya dari pengalaman pribadi, ngak papa. Nanti lama-lama akan berkembang sendiri."

Seneng banget pokoknya bisa datang di Gramedia dan dengerin Bang Tere nge-share pengalamannya. Motivasi buat nulis jadi tinggi lagi. Puncaknya itu pas ketemu Bang Tere di depan Gramedia. Ngak nyangka juga saya bakalan ketemu, soalnya kan Bang Tere keluarnya lewat pintu belakang. Bisa jabatan tangan deh. Ini ya saya bagiin foto yang saya ambil dari HP temen saya. Temanya ini nyuri-nyuri foto, soalnya kan emang Bang Tere ngak mau di foto.

Sesi Booksigning

Orang-orang pada ngantri buat minta tanda tangan

Lumayan banyak banget antriannya

Sampai akhirnya tinggal segini antriannya

Dan akhirnya dosen saya yang berjilbab merah ini pun sampai di hadapan Bang Tere

Liat itu buku yang ada dipangkuannya Bang Tere dan yang ada di depannya Bang Tere

Ibu dosennya senyum.

Bang Tere lagi serius tanda tangan

Sebenernya yang ini ngak terlalu penting sih. Hehehe
Ini selesai acara kita langsung pergi buat makan.
Yang jilbab coklat itu saya, yang jilbab hitam itu temen saya namanya Yuli, yang jilbab merah itu dosen saya namanya Ibu Andi, dan yang berbaju biru tua itu temennya Ibu Andi, namanya Ibu Rosa.

Selain bisa ikut talkshow and booksigning-nya Bang Tere, akhirnya bisa ketemu lagi sama Ibu dosen cantik. Hehehe

You May Also Like

32 komentar

  1. Dari pertama terkenal karya tere liye gue ngira itu bukan cuma karya satu orang ajah tapi berjalannya waktu sekarang baru tau kalo buku sebanyak itu dibuat oleh satu orang ajah, termasuk keren banget itu. apalagi semua bukunya hampir jadi best seller dan gue akuin buku-buku bagus dan inspiratif. tak jarang juga gue dikala lagi suntuk dan butuh inspirasi gue buat baca buku karangan tere liye ini. gak perlu diragukan lagi deh nih orang.

    kata-kata bang tere liye juga bagus "menulis saja terus karena nulis itu tidak pakek aturan" kalo nulis pakek aturan jadi gimana yaah. semoga gue bisa mengikuti jejak bang tere liye yang bisa nerbitin buku banyak :D aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah dulu saya pikir Tere Liye itu perempuan.. wkwkwk
      emang karyanya Bang Tere semuanya keren..
      amin.. :)

      Delete
  2. widih, entah berapa kali gue mendengar hal baik tentang tere liye ini. walaupun, gue belum pernah nyobain satupun karyanya. doi emang keren, ke jayapura pun talkshownya "cukup" rame. nggak sepi-sepi amat. wah asik emang bisa tanya jawab langsung ke tere liye, uhuyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba beli deh salah satu bukunya..
      yang terbaru kalau ngak salah judulnya "Hujan"..
      bagus banget.. :)

      Delete
  3. Sebentar, itu namanya Tere Liye atau Tere Liya sih? Judulnya Tere Liya, tapi yang dibahas Tere Liye. Aku pikir dia ada kembarannya gitu.

    Dulu pernah pingin beli bukunya habis ngelihat review gitu, jalan ceritanya menurutku seru. Cuma pas ke toko bukunya nggak ada, jadinya nggak jadi beli deh. Padahal karyanya bagus-bagus dan inspiratif banget ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha
      maaf, typo..
      kesalahan fatal banget emang ni..
      beli online aja.. :)

      Delete
  4. Wah, penulis fenomenal yg sangat produktif. Bahagia bgt bisa ketemu sama bang tere liye, ngasih motivasi nulis lgi. Keren deh!!

    Tapi jujur. Gue belum pernah nyicipin satupun karya beliau, mengenaskan ya... -____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups, bahagia banget pokoknya.. :D
      wah, rugi banget.. coba beli salah satu bukunya.. :D

      Delete
  5. Baru taauu lo kalau ternyata Tere Liye sebenarnya seorang cowok. Tere Liye, wajahnya masih muda tapi karya karyanya udah. 1.2.3.6. 10 What? Sepuluh buku? Gue perlu tanyain sama beliau, rahasia produktif dalam menulis.

    Dear Mas Tere Liye, datang dong ke Medan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. rahasianya kata Bang Tere ngak banyak kok.. cukup nulis.. :D
      hehehe

      Delete
  6. Waaah saya juga suka tulisan-tulisan beliau. Awalnya juga ngira kalo dia itu cewek, tapi pas datang ke acara dia ternyata cowok, nama aslinya kalo gak salah Darwis. Awalnya malah gara-gara pinjem buku sama temen eh sekarang malah jadi kolektor buku-bukunya tereliye... Keren pokoknya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama..
      waktu itu juga saya ngiranya cewek.. hehehe
      iya, Darwis..
      wah.. keren.. berarti punya semua buku dong?

      Delete
  7. Wah.... Ginty keren nih. Bisa dateng dan ikut meramaikan Booksigning gitu. Gue juga ngira bg Tere ini cewek dulunya. TApi, pas googling, rupanya cowok. Pengen hening panjang pas tau dia cowok.

    Btw, bu Dosen emang penggemar sejati banget, ya. Bukunya sebanyak itu. Pas bg Tere bakal bilang "Aku lelah hayati...." XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      ternyata hampir semua orang tertipu ya dengan tulisannya Bang Tere.. rata-rata orang ngiranya kalo Tere itu cewek.. hehehe
      Beh, penggemar sejati banget.. Saya aja ngak nyangka kalo dosenku itu ngoleksi semua bukunya Bang Tere.. :D

      Delete
  8. Sempat juga bang Tere ini datang ke kota saya. Tapi, karena terlambat informasi dan ngga ngefans-ngefans juga, akhirnya ngga datang.

    Tapi,menurut gue, kalo ada event seperti ini kita harus datang kalo kita calon penulis, sekalipun pembicaranya bukan idola kita. Banyak info yang harus kita serap dari penulis yang sudah lebih dulu terjun kedunia menulis~

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. rugi banget ngak datang.. hehehe
      nah itu dia.. siapa tau kita bisa menyusul kesuksesannya buat jadi penulis yang menghasilkan karya-karya yang wow.. :D

      Delete
  9. Wahhh, aku dari dulu juga pengen ketemu sama Bang Tere Liye ini lohh. Secara sosok dia kan emang nggak terlalu dipublish nih, makanya jadi penasaran.

    Tapi sempat melihat foto yang kamu ambil diam-diam itu lega juga. Oh, ternyata orangnya kayak gitu, kelihatan kalem banget yaa.

    Pasti setelah ikut talkshow tersebut semangat kamu langsung up lagi nih yaa buat nulis. Memang event talkshow penulis kayak gitu penting banget. Apalagi sama Tere Liye yang notabenenya penulis best seller

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku udah wakilin buat ketemuan sama Bang Tere tuh.. hihihi
      sempet takjub juga sih pas bisa lihat Bang Tere langsung.. :D
      bener banget.. jadi semangat buat nulis lagi.. hehehe

      Delete
  10. aku kok jadi ikut seneng gini ya gin hahahaha..
    mungkin karena termasuk fenomena langka orang terkenal datang ke daerah, makanya seneng gini.
    dosenmu bawa buku segitu banyaknya? weeeeewww?? hebats gin!
    kamu g foto sama tere liye gin? ih penasaran tau, kalau ada upload gin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      alhamdulillah kalau pipit seneng.. :)
      nah, itu dia, jarang-jarana ada orang terkenal khususnya penulis yang datang ke jayapura..
      iya, itu bukunya dosenku semua.. :D
      hahaha
      rencananya sih mau ngikutin anak-anak alay yang selfi2 gitu sama Bang Tere, tapi males ah..
      Bang Tere juga kan perjanjiannya ngak mau foto bareng dll sebagainya.. kalo nyuri2 foto mah terserah kita.. :D

      Delete
  11. gue malah belom pernah tuh, dateng ke acara talk show yg ada penulis kece kayak gitu. muhuehuhe
    bang tere kmren'' ini, memang pernah di omongin perihal tulisannya yg di facebook itu sih. tapi terlepas dari itu, gue pribadi kagum sama banyaknya tulisan yg sudah dia buat. koleksi bukunya udah banyak banget. gue aja baaru tau, kalo novelnya yg bulan itu ada lanjutannya bahkan ada tulisan yg sebelumnya.
    tapi kayaknya emang bener sih, tulisan itu memang dari hal'' pribadi kmudian kalo udah keseringan nulis, bisa berkembang lg tulisannya.
    share jawaban bang tere yg lainnya dong, gin. siapa tau, dapet ilmu yg lainnya kan. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk
      ngak bisa di share semua..
      banyak banget yang nanya, jadi jawabannya seabrek-abrek gitu deh.. hehehe
      coba waktu itu aku video-in..
      ah, kenapa baru kepikiran sekarang sih..

      Delete
  12. huwaahh beruntung syekali. gue tahu dia tapi enggak pernah baca bukunya. belum sih tepatnya. eheheh

    terakhri kali dateng ke talkshow raditya dika dan alitt dara prayoga. gue kenalnya penulis komedi doang. cupu banget ehehhe.

    itu beurntung banget sumpah bisa jabatan tangan... huhu. kalo gue mungkin g akan nyuci tanganh sampe seminggu ahaha.

    itu gambar yang terakhir apa banget. enggak penting. ahahaha. tapi seru yah ngelihat kekompakan kalian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dibeli dong bukunya Bang Tere.. :D
      hehehe
      ngak papa.. walaupun beda aliran tulisan, tapi masih sama2 penulis kan? :D
      memang beuntung banget.. ya ngak ampe segitunya juga kali.. masa sampe ngak nyuci tangan seminggu.. hahaha

      Delete
  13. Wah mas Darwis udah nyampe jayapura. Haha..
    .
    Jarang yah emng penulis macam tere liye datang ke kota kamu gin?
    .
    Gue tau tere liye tapi gak pernah baca karyanya. Lebih suka Andrea Hirata

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..
      jarang baanget.. atau saya aja yang kurang info ya.. hehehe
      coba di baca.. seru.. :)

      Delete
  14. Mbak, saya jadi pengin cerita nih.

    Sejak kelas 2 SMA hingga kuliah semester 8, saya nggak mau baca novel lain selain tulisannya Andrea Hirata. Hati saya terkunci. Saya menjadi tak percaya dengan novel penulis lain.

    Masalahnya, dari tahun ke tahun, intensitas buku Andrea Hirata semakin berkurang.

    Dan suatu hari, bertemulah saya dengan novel Tere Liye.

    Hahaha.

    Hati saya langsung jatuh hati.

    Gaya bahasanya memikat.

    Ceritanya inspiratif :)

    Akhirnya, saya bisa move on dari Andrea Hirata.

    Oh ya, Mbak udah baca novel Tere Liye "Serial Anak-anak Mamak"?
    Isinya ada 4: Eliana, Pukat, Burlian, Amelia.

    Ceritanya bagus.

    Mengingatkan kita pada buku cerita anak milik Pemerintah Orde Baru yang sering kita baca waktu SD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. huwa..
      akhirnya bisa move on.. hehehe
      belum pernah baca kalau yang itu.. tapi emang dosen aku bilang kalau yang "Serial Anak-Anak Mamak" itu emang bagus..
      Coba nanti saya pinjam punyanya dosen saya aja ya.. :D

      Delete
  15. penulis yang belum saya baca novelnya. satupun. hiks :(
    disuruh nulis terus ya, ehtpapi malesnya ituloh. masuh suka kalah sama rasa malas
    keren kali bisa sedekat itu sama bang tere. mimpi apaan? hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, coba di baca.. :)
      iya disuruh nulis terus..
      Bang Tere juga bilang, sebenernya tanpa kita sadari, setiap harinya itu kita udah nulis lebih dari 100 atau 1000 kata gitu ya, lupa saya..
      kayak BBM, Whatsapp, bikin status, ngeblog.. coba aja dihitung, udah ada berapa kata.. hihihi
      gitu kata Bang Tere..
      Nah, itu dia, ngak nyangka banget.. hehehe

      Delete
  16. Penulis yang dari segi tulisan sih aku suka, tapi anehnya belum ada satu buku yang dibaca habis. Waktu itu lagi baca yang angpao merah tapi nggak kelar, jadi menggantung.

    Seru ya acaranyaaa, meskipun yang dateng kebilang sedikit kalo menurutku. Mungkin pada kurang dapet info ya? Aku jadi inget acaranya Bang Radit waktu booksigning, gila itu sampe antri berjam-jam. Udah nyampe ratusan yang dateng. Andai booksigningnya Radit kayak Tere Liye :D

    Tapi emang bener sih, share-share ilmu kepenulisan bikin semangat nulis kembali tersulut hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk
      iya, memang ngak terlalu banyak tapi lumayanlah..
      kayaknya yang lain udah datang di Bank BI, soalnya kan di hari yang sama sebelum acara di Gramedia, Bang Tere ada acara juga di Bank BI.. Seminar kepenulisan gitu lah pokoknya..
      bener banget.. jadi pengen nulis novel dan diterbitin tahun ini.. doain ya.. :)

      Delete