[Tes Kerja] Pengalaman Mengikuti Tes Pegawai Perum BULOG - Bagian 1

by - 10:51:00


Udah ngak kehitung deh berapa kali saya ngelamar pekerjaan. Kali ini, saya mau berbagi pengalaman saat mulai dari pertama ngelamar sampai dengan proses tesnya.

Setiap saya internetan, ngak tau kenapa saya itu selalu buka Google. Kata kunci yang selalu saya masukin yaitu "Lowongan Kerja Terbaru 2016". Saya biasanya milih link nomor satu atau dua yang muncul. Ngeliat dari semua daftar lowongan kerja terbaru, saya tertarik nih sama BULOG. Persyaratannya ngak terlalu ribet. Mungkin kalau teman-teman mau ngelihat, bisa nih disini http://lp3t.psikologi.unair.ac.id/bulog/
Udah selesai daftar, setelah itu kan diwajibkan untuk Login ke sistemnya untuk upload berkas-berkas yang dibutuhkan seperti Surat Pernyataan, Ijazah, Transkrip, KTP, dan lain-lain. Alhamdulillah jaringan internet dirumah lagi baik-baik aja, jadi ngak ada kendala apa pun waktu nge-upload berkas-berkas itu.

Satu hal yang ngebuat galau yaitu, ngak dibilang pengumuan buat masuk ke tahap berikutnya kapan. Dibilangnya cuma akan dihubungi lewat email. Udah deh, mulai dari tanggal 1 April saya udah mulai rajin banget bukain email, bangun tidur buka email, siang buka email, sore buka email, malam juga buka email. Selalu buka email deh pokoknya. Maklum, saya kembali ke zaman batu. Saya belum dikasih rejeki buat beli Smartphone, jadi pakenya Handphone biasa yang bisanya cuma buat nelpon dan kirim sms.

Sampai dimana saya berada pada titik jenuh, saya udah patah semangat. Sepertinya saya tidak lolos masuk ke tahap seleksi selanjutnya. Dan akhirnya, penantian saya selama berhari-hari terjawab sudah. Saya mendapatkan email undangan dari LP3T untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Ini nih ya screenshoot emailnya.


Sempet ngak percaya juga sih. Tapi ternyata iya emang lolos. Alhamdulillah ada temen seangkatan juga yang lolos, ade tingkat dan kakak tingkat juga ada beberapa yang lolos. Total yang mengikuti seleksi tahap I itu ada sekitar 109 orang kalau ngak salah.

Sabtu, tanggal 16 April 2016 sekitar jam 7 pagi, saya sudah jalan dari rumah menuju tempat tes. Lumayan jauh dari rumah saya ke tempat tes. Kalau bawa motornya normal, ada sekitaran setengah jam baru nyampe. Hihihi Di kartu peserta, tertulis ada 4 tahapan tes. Yang pertama itu tes intelegensi, psikotes, wawancara user, dan tes kesehatan.

Di pikiran saya ini, tes intelegensi itu soalnya kayak soal-soal kalau mau masuk sekolah ikatan kedinasan. Contohnya kayak sinonim, antonim, apalah itu lagi saya tidak tau (hahaha), deretan angka, dan soal-soal matematika lainnya. Pikiran saya udah kemana-mana lah waktu itu. Intinya takut.

Sampai di tempat lokasi tes, ya ampun ternyata udah banyak banget yang datang. Wajah-wajah mereka juga kelihatan meyakinkan banget. Tambah ciut ini mental. Hehehe Saya nyari parkiran motor kosong, udah dapat terus saya buka helm dan ngeliat sekeliling. Nyari orang yang dikenal. Hehehe Akhirnya, mata saya nangkep wajah adek tingkat saya waktu kuliah dulu. Langsung aja saya samperin dia. Ngobrol ngalur-ngidul sampai akhirnya pegawai bulognya keluar untuk nyuruh kita masuk dan baris. Wah, rapi dan teratur banget ini. Saya dapat meja di urutan 81, tepat  di belakang adek tingkat saya yang tadi saya ajakin dia ngobrol.

Walaupun semua udah masuk ke dalam ruangan tes, rasanya kok sunyi senyap banget. Ngak ada suara sama sekali. Sebelum tes dimulai, pejabat dari BULOG yang membuka acara. Sepatah dua patah gitu pokoknya. Yang intinya, tes hari itu akan berlangsung sampai dengan jam 12 siang. Tes ini pakai sistem gugur. Dan yang lolos hari ini, akan mengikuti tes di hari Minggu tanggal 17 April 2016.

Setelah itu, kita dipandu dengan orang Psikolog dari Unair. Buku soal dan lembar jawaban pun dibagikan. Dan ternyata, kalau menurut saya sih ini soal tes psikologi, bukan tes intelegensi. Tapi ya sudahlah, kerjakan saja. Alhamdulillah saya diberi kelancaran, tapi untuk tes yang terakhir, kita disuruh untuk menutup buku soal. Semua yang ada di atas meja disuruh pindahkan ke bawah kursi. Kita dibagikan selembar kertas yang isinya tentang nama hewan, tumbuhan, perkakas, dan lain sebagainya. Yang jelas ada lima item. Dan dari item tersebut, terisi lima sub item lagi. Dan hal terburuknya, kita disuruh menghafal semua tulisan tersebut dalam waktu lima menit. Saya itu termasuk buruk dalam hal mengingat, tapi ya sudah di coba saja. Saya baca berulang-ulang sampai alhamdulillah saya yakin saya hafal. Setelah waktunya habis, kertas itu dikumpulkan dan kita disuruh untuk mengambil barang-barang yang kita taruh dibawah kursi tadi. Kita disuruh untuk membuka soal terakhir, dan ternyata soalnya ada 25 nomor. Kenapa 25? Kalau menurut analisa dari saya, jumlah kata yang disuruh hafalkan yaitu 5 item ada 5 sub item. Jadi 5x5 = 25. Jumlah abjad dari a-z itu ada 26, tetapi kalau a-y itu ada 25. Dan soalnya "Sebutkan nama benda dengan huruf berawalan A". Yang bervariasi itu misalnya nama benda jadi nama bunga atau nama hewan. Dan tiba-tiba saya ngeblank temen-temen. Hahaha Semua hafalan saya hilang. Kok bisa sih. Ya sudahlah, saya jawab sebisa saya. Hahaha

Akhirnya selesai juga, kami diberitahukan bahwa pengumuman akan disampaikan di alamat website yang sama. Hasilnya akan diupload jam 8 WITA. Jadi kalau jam timur itu sekitar jam 9 malam. Sampai diluar ruangan, ternyata temen saya juga sama nge-blank-nya dengan saya pas mau jawab soal terakhir.

Sampai dirumah, orang tua saya khususnya Ibu saya nanya gemana tesnya. Saya jawab pengumumannya itu online nanti jam 9 malam. Hehehe Sampai dengan jam 9 malam, saya bener-bener ngak sabar buat ngelihat hasilnya. Pas ngebuka websitenya, eh ternyata pengumumannya itu diundur sampai dengan jam 9 WITA, jadinya jam 10 malam waktu disini. Berapa menit kemudian Ibu saya masuk kamar saya buat nanya, gemana lolos ngak? Saya bilang pengumumannya diundur. Hehehe. Jam 10 malam waktu sini saya ngecek lagi, eh diundur lagi jam 10 WITA. Ini sebenernya serius apa engak sih pengumumannya. Saya yang sudah lelah karena di PHPin dengan pengumuman ini akhirnya memilih untuk tidur. Tapi tidur saya tidak nyenyak, saya bangun jam 12 malam. Langsung cepet-cepet duduk di depan laptop dan buka pengumuman. Saya baca bismillah dulu. Saya scroll pelan-pelan dan alhamdulillah, ada nama saya di dalam pengumuman. Jadi besok, saya akan mengikuti tes psikotes dan langsung wawancara psikotes. Dari 109 orang yang daftar, yang masuk ke seleksi selanjutnya itu sekitar 39 orang.

Mulai dari situ, saya langsung browsing-browsing deh gemana tes psikotes dan wawancara psikotes itu. Dan dari hasil browsing saya dan pengalaman saya tes kerja dulu, menurut saya tes psikotes itu terdiri dari tes koran, warteg, gambar pohon, dan gambar orang.

Sampai disini dulu ya, tes hari minggu akan saya ceritakan di tulisan berikutnya.. :)

You May Also Like

30 komentar

  1. Selamat yaaa... :)
    Semoga lancar sampai akhirnya diterima bekerja di Bulog. Pengalaman kamu ini nantinya bakal dicari sama calon rekrutmen yang cari informasi. Lanjutkan! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kak vindy.. :)
      amin.. doain terus ya kak, semoga saya bisa lolos dan keterima dan kerja di BULOG.. :D

      Delete
  2. Wah-wah.. Sudah diterima dari 109 peserta. Keknya bakalan makin keren ni Ginty. Terus semangat dan optimis ya, jangan pesimis dulu, wajah gak selamanya nentuin kualias seseorang.

    Dirimmu harus yakin bisa menyelesaikan semuanya.

    Ditunggu ya, post selanjutnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk
      saya itu tipe orang yang menilai sesuatu dari tampangnya.. hahaha
      ngak deh..
      yup, harus yakin.. :)
      makasih ya kak buat dukungannya.. :D

      Delete
  3. Wah selamat ya udah diterima, bisa nyingkirin 70 orang itu hebat banget.
    Semoga lancar dan bisa masuk ke tahap beriktunya sampai diterima kerja di BULOG.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih..
      amin.. doain terus ya semoga bisa lolos.. :)

      Delete
  4. Semoga bisa diterima diperkerjaannya dan diterima terus sampai seleksi tahap akhirnya.

    Test psikotestnya bukan seperti test psikotest SMA loh, berbeda tingkat kesulitannya. Semangat yaa kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin.. doain terus ya, semoga lancar dan saya bisa keterima di BULOG.. :)

      Delete
  5. Pengangguran emang gitu yaa, tiap buka google, pasti pengennya cari info lowongan gitu hahaha.

    Kayaknya bagus tuh. Dari 109 peserta dan terseleksi 39, dan kamu juga salah satu pelamar yang terpilih. Pasti sudah ada rasa optimis sedikit yaa.

    Semoga nanti di cerita selanjutnya adalah kabar baik yaa. Ditunggu kelanjuta ceritanya pas wawancara dan psikotes ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha
      bener banget.. kamu kok tau? ketauan nih kalo pengangguran juga.. hihihi
      Alhamdulillah, sebenernya ngak nyangka juga sih..
      amin.. doain yg terbaik buat saya ya.. :)

      Delete
  6. Selamat yaaa ... semoga lolos sampai ke tahap akhir.

    Btw, tes koran sama tes warteg itu yang seperti apa sih? Hal pertama yang aku pikirin ketika baca kata 'warteg' langsung deretan makanan yang dijaga dua mba mba ... yang satu pegang piring kosong, yang satu pegang gelas isi es teh manis. *maapkeun

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin.. doain terus ya.. :)
      kalau mau tau kayak geman, tunggu postingan berikutnya ya.. :)

      Delete
  7. Wah keren, selamat ya udah diterima. Semoga bisa lanjut terus ke tahap2 selanjutnya.

    Dari 109 orang sampe berkurang lebih dari setengahnya kamu diterima itu aja udah bagus. Tetap semangat ditunggu kelanjutannya ya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. :)
      belum rejekinya saya di BULOG.. hehehe
      udah saya posting ya kelanjutannya..

      Delete
  8. Buktikan kamu bisa :D dan selamat dulu karena udah berhasil lolos tahap pertama seleksi.

    Jadi pengen tau cerita selanjutnya tentang tes psikotesnya. Karena aku bakalan ngejalani itu juga. Walaupun sekarang masih berjibaku menggarap skripsi biar bisa di acc. Eh, keknya pernah dengar kalo tes koran itu kertas yang berisikan angka yang harus dijumlahkan, dan ukuran kertasnya sebesar koran. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      semangat buat nyelesaiin skripsinya.. :)
      yap, bener banget.. bahkan menurut saya kertasnya lebih besar dari pada koran.. hehehe

      Delete
  9. Gin... kok ada test warteg? warung tegal gitu maksudnya? aduh aku ga mudeng hehe..

    tapi hebat euy, ade ginty lulus test... moga terus lulus sampe akhir ya.
    Aku juga awal-awal ikut psikotest sama aja kurang lebih pengalamannya kayak ginty gitu. jantung berdegub kencang... mungkin ini yang dinamakan cinta.. eaaaa... hahaha
    Banyak doa ajalah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, kak dipi seriusan.. hehehe
      makasih kak..
      tapi sepertinya belum rejeki saya buat kerja di BULOG..
      saya gagal di tes kesehatan.. :)
      hahaha masa iya jatuh cinta sama soal-soal psikotesnya.. atau jatuh cintanya sama orang yang bawain acara psikotesnya.. hihihi

      Delete
  10. Tes wawancara tdi siang di manado kayak sidang skripsi....pertanyaan di luar prediksi....apalagi ada 2 org penanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kamu ikut tes pegawai di BULOG juga ya?
      gemana rasanya interview user-nya?
      kenapa bisa di luar prediksi?
      terus gemana hasilnya? kamu lolos?
      maaf terlalu kepo.. hihihi

      Delete
    2. Iya saya ikut interview usernya agak gugup soalx yang user dari kantor pusat sama kepala kantor divisi regional...
      pertanyaanya dgn introdation english,,,trus pertanyaan sesuai dengan bidang ilmu masing2,,
      hasilnya lulus,,,skrg udah pegawai 80% menunggu diklat prajab yg ke 2 untuk 100% nti juni mendatang..

      Delete
    3. mau tanya dong, wawancara usernya yang ditanyain apa aja yaa secara umum ?? btw dari jurusan apa ?? saya dari akuntansi...

      Delete
  11. Mba,saya dapat panggilan tapi harus bayar travel dulu gmn tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga dpt tes di perum bulog jl jend gatot subroto jakarta selatan tp suruh bayar tiket traveloka,, sy jd kurang yakin

      Delete
    2. wah, kalau ada bayar membayar udah ngak betul itu..

      Delete
  12. mba, yang aku pengen tau yang bagian psikotes dan interviewnya. aku cari kok g ada, langsung ke tes kesehatannnn

    ReplyDelete
  13. Tempat tes psikotesnya dmn ya mbk? Trus dilakuin oleh tim mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu saya di Jayapura.. psikotesnya di pegang sama pihak ketiga, bukan sama bulognya mba.. tapi saya lupa.. hehehe

      Delete