[Info] Yang Terjadi Saat Bulan Ramadhan Tiba

by - 13:10:00


Alhamdulillah. Tidak terasa kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim di seluruh dunia.

Kenapa bulan Ramadhan bisa menjadi bulan yang spesial, khususnya buat saya? Karena menurut saya, ada beberapa kegiatan di bulan Ramadhan yang tidak biasa kita lakukan pada bulan-bulan lainnya. Jadi tuh intinya, kegiatan itu hanya bisa dilakukan saat bulan Ramadhan saja.

Mau tau kegiatannya apa saja? Tapi ini versi dari saya loh ya.

1. Ziarah Kubur

Sumber : dakwatuna.com
Bagi temen-temen semua yang saudara atau keluarganya ada yang sudah berpulang ke Yang Maha Kuasa, pasti ziarah kubur menjadi kegiatan pertama sebelum memasuki bulan Ramadhan. Kalau untuk masalah wajib dan tidaknya menurut agama, saya kurang tau juga sih. Tapi karena tradisi, makanya ziarah kubur menjadi salah satu kegiatan sebelum memasuki bulan Ramadhan. Selain sebelum memasuki bulan Ramadhan, biasanya ziarah kubur juga dilakukan sebelum memasuki hari raya Idul Fitri. Ada yang ziarah satu hari sebelum Idul Fitri, ada juga yang pergi setelah selesai shalat Idul Fitri.

2. Ngabuburit

Sumber : dream.co.id
Pasti pernah dengar istilah ngabuburit kan? Pasti juga dengar kata ngabuburit ini waktu bulan Ramadhan aja. Iya ngak? Hehehe. Kalau kasarnya sih saya tahunya tuh ngabuburit itu menunggu atau menghabiskan waktu untuk berbuka puasa. Pada tahu ngak istilah ngabuburit ini dari daerah mana? Setelah saya searching, ternyata ini asli bahasa Sunda. Wuaaa. Biasanya kalau ngabuburit itu sekalian reunian terus buka puasa bersama bareng temen-temen. Iya ngak? Hahaha Dulu tuh saya mikirnya kalo ngabuburit itu musti jalan-jalan dan ngumpul bareng temen-temen. Padahal kan ya, kita diem aja itu dinamakan ngabuburit. Yang penting kan menunggu waktu untuk berbuka puasa. Hehehe Intinya, banyak kegiatan yang bisa kita lakukan waktu ngabuburit. Contohnya nih kayak baca novel (sebaiknya sih baca Al-Qur'an supaya dapat pahala), nulis postingan di blog juga bisa supaya blognya tambah rame, main sama adek atau anak tetangga, pokoknya kegiatannya harus positif lah ya, jangan malah nonton gosip atau ngegosipin tetangga.

3. Buka Puasa Bersama

Sumber : kompasiana.com
Bulan puasa itu pasti ada yang namanya buka puasa bersama. Jangan cuma mengartikan buka puasa bersama itu musti buka puasa bareng temen-temen di mana gitu. Kita buka puasa di rumah sama orang tua dan keluarga juga itu disebut buka puasa bersama loh ya. Hehehe Apalagi buka puasanya itu masakannya Ibu, itu bener-bener nikmat banget.

4. Sholat Berjamaah Di Masjid

Sumber : www.nurani.co.id
Ini nih yang paling saya kangenin dari bulan Ramadhan. Sholat tarawih berjamaah di masjid. Dari rumah itu pergi rame-rame bareng temen-temen sekompleks. Tapi itu dulu sih, waktu saya masih sekolah. Kangen banget masa-masa itu. Sekarang temen-temennya pada merantau semuanya, jadi perginya bareng Ibu aja. Pokoknya jalanan rame waktu orang pergi dan pulang sholat tarawih. Dan buat para kaum Adam juga ni pasti jadi rajin kan sholat 5 waktunya di masjid? Hehehe

6. Tadarus

Sumber : dream.co.id
Selain sholat tarawih berjamaah di masjid, hal yang dikangenin lagi itu tadarus. Terakhir saya tadarusan di masjid bareng sama temen-temen ngaji waktu masih SMK. Selesai dari situ, saya tadarusnya dirumah aja. Bener-bener kangen banget masa-masa sekolah itu. Jadi gini nih ceritanya. Waktu itu kan saya ikut kelas ngaji di masjid, dari pas masih SD sampai SMK. Jadi masjid juga kita dibagi per kelas. Waktu pertama masuk ngaji itu saya masuk ke kelas 4 sampai kelas paling akhir. Nah, setiap bulan Ramadhan itu kita diwajibkan untuk ikut tadarus selesai shalat tarawih di masjid. Jadi dibagi 2 kelompok, kelompok perempuan dan kelompok laki-laki. Tahu ngak apa yang bikin semangat selain selesai tadarus kita disuguhi kue dan minum? Akhir bulan Ramadhan, kita di kasih amplop yang isinya uang sama Pak Uztad yang ngajar kita ngaji. Buat anak ingusan macam saya dulu pasti seneng banget kan. Hehehe Buat nambah-nambah semangat tadarusnya. Tapi tetap ya niatnya untuk beribadah.

7. Penjual Jajanan Dimana-mana

Sumber : antaranews.com
Ini nih yang ngak kalah dikangenin dari bulan Ramadhan. Penjual jajanan pasti ada di pinggir jalan. Buat yang temen-temen yang yang tinggal di daerah Abepura, pasti tau kan daerah Jl. Baru Pasar Lama. Itu penjual jajanan berjejer di sepinggir jalan itu. Di Jl. SPG Waena juga deket rumah saya. Kalau memang ngak ada niat keluar untuk beli makanan buat buka puasa, mending hindari 2 jalanan itu deh. Dijamin kendaraan ngak bisa gerak sama sekali. Hehehe Tapi kalau bicara soal makanannya, kue yang paling dirindukan saat berbuka puasa itu kue apa aja. Semua kue yang dijual terlihat enak. Hahaha Faktor orang puasa kali ya. Tapi kalo minuman yang dijual, saya paling favorit itu sama namanya es sarang burung. Seger banget pokoknya.

Nah, itu dia beberapa kegiatan yang terjadi saat bulan Ramadhan tiba. Mungkin temen-temen ada yang mau nambahin?

You May Also Like

42 komentar

  1. Bulan Ramadhan kali ini ada efek baiknya juga buat sobat non muslim, seperti aku contohnya. Tiap tahun aku selalu ikut buka bareng sama teman-teman alumni, saling melepas rindu sama mereka. Lalu ngabuburit menjelang buka, biasanya gue jalan ria atau jogging di taman kota. Kalau tiba-tiba haus, aku biasanya nyari tempat sepi untuk melepas dahaga. Hehe

    Wih, aku demen banget sama penjual takjil dipinggir jalan itu. Enak sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk
      bulan ramadan emang dijadiin ajang reunian juga..
      hehehe

      Delete
  2. Kurang lebih sama juga siih, hal-hal yang terjadi di bulan ramadhan sama aku hehehe, tapi kalo aku nambah satu hal yaitu buka puasa tiap hari di masjid hehehe, seru loh.... banyak temennya, gartis pulaaa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk
      kliatan banget nih muka gratisannya.. hehehe #bercanda
      wajar sih kalo buat anak cowok, kan sekalian habis buka puasa lanjut solat magrib berjamaah di masjid.. :)
      kalo saya sih lebih senang buka puasanya di rumah bareng orang tua.. hihihi

      Delete
  3. Huaaa bulan ramadhan emang terbaik lah ya mbak.
    Sebuah momen yang memang istimewa dan bisa menyatukan banyak hal banget.
    Mulai dari buka bersama sampai ngabuburit bareng-bareng teman lainnya.
    Ramadhan Kariiim :)

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah bisa kembali bertemu dengan bulan yang penuh berkah ini.
    kalo yang mbak lakuin itu sih hampir sama dengan apa yang gue lakuin, sehari sebelum mulai puasa biasanya pergi ke makam keluarga yang sudah tiada dari pagi, paginya bersih-bersih makam lalu siangnya ziarah, malamnya ada semacam doa bersama gitu sambil bawa nasi atau jajanan. kalo yang paling sering dan ditunggu sih pas bukabersama sama temen-temen lama, waktu puasa adalah waktu yang pas buat reunian sama temen lama. sungguh senang sekali kalo bulan puasa ini semoga bisa menjalankan ibadah dibulan ini dengan baik dan lancar :) aamiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sama ya..
      kalau saya ziarahnya itu sore..
      bener, yang paling di tunggu itu pas buka bersama.. apalagi kalo ketemu sama temen yang udah lama banget ngak pernah ketemu.. :)
      amin..

      Delete
  5. Dimana mana emang gitu yah bulan ramadhan, gak terasa 27 hari lGi lebaran hahaha. Tapi entah kenapa aku gak terlalu suka beli jajanan sana sini. Lebih suka masakn rumah sih, apalagi kadang rasanya enggak sesuai ekspektasi, belum lagi kalau kemaren gak laku, palingan si penjual ngejual lagi esoknya. Ini negtif banget ya otakku. Semisal di kosan, aku lebih memilih merogoh kocek lebih dalam untuk pesen ketring, sebab trauma dulu beli bukaan jajanan gotu ternyata air yg digunain gak higienis, kena tifus deh -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeay.. dikit lagi lebaran.. hahaha
      padahal baru berapa hari puasa ya.. :D
      kadang sih emang gitu, makanya kalau mau beli jajanan, saya biasanya beli di langganan jadi udah tau kualitas jajanannya gemana..
      hayo, ngak boleh berfikiran negatif..
      wah, kasian.. emang lebih baik gitu sih.. :)
      selamat menjalankan ibadah puasa ya..

      Delete
    2. Hahaha walau puasa sebulan gak yerasa tau tau lebaran aja. Iya bener tuh enak beli di langganan yang udah teruji lidah sendiri. Aku juga tipikal orang yang susah move on dengan makanan makanan langganan. Da cendrung males coba tempat makan baru

      Delete
    3. iya, tinggal 3 minggu lagi nih lebaran.. hehehe :D
      berarti kita sama.. :D

      Delete
  6. Hampir semua pasti kayak gitu. Cuma ada hanya pada bulan ramadan.

    Gue si kangen solat tarawih, eh lebih tepatnya dulu maen si daripada solat tarawih. Maen petasan atau hal lainnya. Itu masih kecil, sekarang udah nggk kok. Hihi

    Klo untuk tadarus. Gak harus nunggu bulan ramadan deh. Kayaknya itu bisa dilakukan tiap hari. Iya gak si?
    Walaupun tadarus di rumah kan yang penting intinya ibadah. Klo menurut gue si bisa... hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk
      ini semua yang di sini kayaknya udah pada tua-tua ya.. semua pada kangen pas masih kecil dulu..
      iya, bisa dilakukan tiap hari.. tapi tidak sesering kalau lagi bulan ramadan.. :D

      Delete
    2. Gue masih muda kok. TITIK! Hehe

      Yah... belajar sering dong. Jangan cuma ramadan. *Sok ngajarin bgt ya.. haha

      Delete
    3. hahaha
      udah lah ngaku aja kalo udah berumur juga.. :D
      Insya Allah akan saya biasakan.. :D

      Delete
  7. Yang paling melegendaris di daerah gue, sehabis solat tarawih anak anak seumuran punya game yaitu game maling malingan. Sungguh indah bulan Ramadhan tapi sayang sekarang udah jarang kumpul sama temen, tapi tetep saja dapat Berkah Dan Nikmatnya Bulan Ramadhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk
      bener-bener kangen masa-masa dulu.. :D

      Delete
    2. Dulu banyak yang main petasan juga :) tapi sekarang sudah terganti sama barang elektronik

      Delete
    3. iya, anak2 kecil sekarang lebih milih buat main gadget di dalam rumah ketimbang kumpul2 di luar bareng temen2nya..

      Delete
  8. Ziarah kubur? Hem.... Keknya Ramadan tahun ini itu, gue gak bisa ziarah ke Makam Nenek. Soalnya lagi di perantauan, belum bisa pulang.:'(

    Gue sih, yang sebel itu kalo terlalu banyak acara buka bersama. Kenapa? Karena kebanyakan undangan harus bayar sendiri. XD Ya, meskipun temanya bersama. Bersama bayar sendiri2. Itu sih, yg males. Tapi, kalo free mah, gue seneng banget. XD

    Yang paling gue seneng kalo Ramadan gini, ya satu. Banyak yg jual jajanan. Kadang sampe bingung sendiri mau beli yg mana. ALhasil gak beli satupun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak papalah.. yang penting selalu di kirimin doa.. :)
      hahaha
      iya kebanyakan gitu, bilangnya buka bersama tapi bayarnya sendiri2..
      kenapa bisa ngak jadi beli? kenapa ngak langsung diborong aja semuanya? hahaha

      Delete
    2. Yaelah... Borong semua malah jadi RIA nanti.. Gak kemakan. Kan kasihan. :D

      Delete
  9. Asmara subuh masih ada gak ya ? -_-

    Itulah spesialnya ramadan. Beberapa kejadian hanya terjadi dalam satu bulan selama satu tahun. Acara bukber itu juga yang bikin kangen, karena cuma pas ramadan lah bukber ada. Walaupun sama temen kuliah sering makan siang bareng, tapi pas bukber tetap aja ada sensasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya sih bilangnya kuliah subuh.. :D
      iya juga ya, padahal kan biasa makan siang bareng juga.. :D

      Delete
  10. Alhamdulillah, masih diberi kesempatan Allah untuk merasakan ramadhan tahun ini.

    Rata2 yg kamu sebutin emang bikin kangem dan hal2 itu cuman setahun sekali doang kita rasain. Kalau aku, rindu banget sama penjual takjil dipinggir jalan, walaupun g beli tapi suka liatinnya, terus kalau sore gitu denger solawatan dari mushola2/masjid aduh.. Adem banget

    ReplyDelete
  11. Iya dong... bulan puasa pasti yang dirindukan adalah moment-moment seperti yang kamu sebutin. :) Kumpul keluarga point juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak..
      kumpul keluarga juga.. apalagi pas Idul Fitri, keluarga yang jauh2 semua pada ngumpul.. :)

      Delete
  12. Bener semua mbak. Tapi ada beberapa yang sekarang udah nggak aku lakuin mbak. Misalnya ziarah kubur. Dulu sering banget ikut bapak buat ziarah kubur, sekarang belum bisa lagi karena masih di perantauan. Terus ngabuburit. Jarang banget sekarang. Lebih suka tidur karena disini kalo puasa macet banget.

    Kalo selain itu masih terjadi di bulan puasa tahun ini. Emang, point-point di atas itu selalu terjadi di bulan puasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi nanti pas lebaran pulang dari perantauan kan? :D
      tambah tahun kayaknya jalanan dimana-mana tambah macet ya.. hihihi

      Delete
  13. penjual jajanan di mana-mana. itu tuh yang paling aku suka..nggak ikut puasa tapi bisa ikut nikmatin jajanannya..
    enyaaak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bulan Ramadhan emang berkah buat semuanya ya.. hihihi

      Delete
  14. Bagi pelajar, ada satu hal yang kurang. Yakni, buku ramadhan.

    Biasanya jika bulan ramadhan telah tiba, pelajar pada sibuk ke masjid buat tulis materi ceramah pas terawih. Nggak lupa minta tanda tangan penceramahnya juga. Kadang kalau males, nyontek ke temen yang nulis adalah jalan alternatif. Nggak lupa tanda tangannya asal yang penting terisi haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, bener banget..
      lupa saya sama hal itu.. maklum, udah bukan anak sekolahan.. hehehe

      Delete
  15. bulan Ramadhan emang selalu spesial dibanding bulan-bulan lainnya. Pahala yang kita dapatkan berlimpah banget di bulan ini. Maka dari itu manfaatkan sebaik-baiknya.

    hal-hal diatas emang nggak akan ada kalau nggak di bulan ramadhan. Oh iya, mau nambahin lagi, sahur. kegiatan sahur kan juga seru tuh dan nggak ada di bulan selain Ramadhan. Apalagi kalau sahurnya bareng keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bener banget..
      iya, sahur.. kenapa ngak saya masukin juga ya.. hehehe

      Delete
  16. Aku nggak mau nambahin tapi mau curhat. Soalnya kalau bulan Ramadhan tiba, mendadak tiap harinya jadi padat sama jadwal buka puasa bersama teman teman lah, saudara lah, keluarga lah, trus mendadak buibu (mamaku juga sih) mendadak punya waktu untuk lebih lama main di dapur untuk siapin menu buka puasa. Trus untuk adikku yang masih sekolah, dia bakalan rajin tarawih demi dapat tanda tangan dari ustad-nya yang ceramah. Seru deh.

    ReplyDelete
  17. Bulan ramadhan memang bulan yang berbeda.. belan ramadhan sering sekali dijadikan sebagai bulan taubat ataupun insyaf sementara hahaha yang tadinya jarang ke masjid, eh jadi rajin ke masjid. btw, semua yang disebutkan memang benar semua cuman ada yang kurang, sebagai orang yang selalu menikmati sajian TV, di bulan ramadhan banyak yang berubah. Iklan mendadak religi semua, cuman kebanyakan iklan sirup sama indomie hahaha sinetron-sinetron juga berubah, pada pakai hijab semua. yang lucu itu, pemeran antagonispun mendadak pakai hijab hahaha... Dan ada yang paling berpengaruh di bulan ramadhan, yaitu jam tidur bisa jadi lebih lama dari biasanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, ntar selesai bulan ramadhan mereka balik lagi ke wujud aslinya.. sedih ngeliatnya.. :(

      Delete