[Ceritaku] Apa Iya, Selera Musik Bisa Menentukan Kepribadian Seseorang?

by - 06:49:00

Sumber : www.vemale.com
Kalau ditanya soal musik, siapa sih yang ngak pernah dengar musik? Pasti setiap hari, ada aja kan musik yang didenger, contohnya musik dari iklan di televisi sampai musik dari penjual ice cream yang lewat di depan rumah. hihihi

Apalagi buat para pengguna smartphone, pasti deh selalu dengar musik dari smartphonenya. Misalnya pas lagi nungggu apa gitu, pas lagi bosan, dan pas lagi ngak ngapa-ngapain. Bohong banget tuh kalau misalnya ada orang yang punya smartphone, tapi ngak pernah dengerin musik dari smartphonenya.

Temen-temen percaya ngak sih kalau ternyata selera musik bisa menentukan kepribadian seseorang? Pertama saya sempat percaya ngak percaya sih. Akhirnya saya mulai nyari deh di mbah google. Dan ternyata banyak banget artikel tentang itu. Salah satu artikel menulis bahwa, cendikiawan asal Perancis yang bernama Jules Combarieu bahwa seni merupakan seni berpikir melalui suara. Selain itu juga ada studi tahun 2010 yang dilakukan oleh Dr. Adrian North melakukan survei tentang mpilihan selera musik pada beberapa orang dan hasilnya adalah kepribadian dan gaya hidup seseorang sangat dipengaruhi oleh selera musiknya. Ini nih kesimpulan dari Dr. Adrian North tentang kepribadian seseorang menurut selera musik.
  • Hip - Hop / Rap : punya rasa percaya diri tinggi, supel, dan tidak terlalu ramah lingkungan. 
  • Heavy Metal : lembut, punya rasa percaya diri rendah, tertutup, dan merasa paling nyaman dengan diri sendiri. 
  • Indie Rock : Punya rasa percaya diri rendah, kreatif, pemalas, dan keras kepala.
  • Electronic / Dance : Gampang bersosialisasi, keras kepala, supel kreatif.
  • Klasik : Punya rasa percaya diri tinggi, introvert, ramah lingkungan, dan bisa cari penghasilan tinggi.
  • Pop : Punya rasa percaya diri tinggi, pekerja keras, supel, kreativitas rendah, dan gampang cemas.
Wah, ternyata selera musik bisa menentukan kepribadian seseorang ya. Lah, terus gemana kalau misalnya orang itu senang sama semua aliran musik? Gemana kepribadiannya coba?

Kalau menurut pendapat saya pribadi ya, kepribadian ngak bisa ditebak dari selera musik sih. Orang itu denger musiknya mengikuti mood. Contohnya saja saya. Kalau saya lagi seneng-senengnya, pasti saya dengerin musik yang kalau orang asing bilang beatnya tinggi. Tapi kalau lagi galau-galau ngak jelas ya gitu, ngak karuan. Kadang dengernya musik yang melow, habis itu diganti lagi ke musik dengan beat tinggi.

Itu menurut saya loh ya. Terus ada juga beberapa orang yang bilang katanya kalo kamu senang ngedengerin musik Electronic / Dance, kamu bisa dicurigai senang ke tempat dugem. Hahaha Kalau menurut saya ngak juga deh. Tapi ngak tau juga sih ya. Pribadi setiap orang kan berbeda-beda. Tapi intinya menurut saya, selera musik ditentukan oleh mood pendengarnya sehingga tidak bisa menentukan kepribadian pendengarnya.

You May Also Like

22 komentar

  1. kalau aku sih suka metal sama electro dance, memang ada benernya sih aku lebih suka menyendiri dan sendiri itu nyaman, dan kalau electro dance sih aku suka ke dugem tapi bukan yang joget jogetnya malah pengen jadi dj nya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, seneng electro dance ya.. hehehe
      ikut kursus DJ aja.. siapa tau bisa jadi DJ beneran.. :D

      Delete
  2. Halo Ginty! Kalau mnurutku, selera musik tidak bisa menentukan karakter seseorang, karena fungsi sederhana musik kan untuk hiburan, jadi tidak ada hubungannya dengan karakter. Apalagi, sifat seseorang lebih dipengaruhi oleh latar belakang dia dibesarkan, serta kejadian2 yg dia alami. Menurutku sih :)

    ReplyDelete
  3. Beneran pendapat mb kalo gitu mah, itu tergantung mood, bukan kepriadian, contohnya saya, saya introvert, tapi gak suka yang namanya musik klasik. Jadi gitu.

    Tapi mungkin ada benernya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin emang bagi sebagian orang ada bener dan ada ngak-nya.. hehehe

      Delete
  4. Kalau menurut aku sih selera musik ga mempengaruhi kepribadian deh, semuanya emang sesuai mood. Ga mungkin juga sih orang terus-terusan suka sama 1 genre aja pasti dipengaruhi sama banyak hal juga, termasuk pengaruh zaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kayaknya ngak mungkin banget orang hanya suka pada satu genre.. tapi mungkin ada juga sih.. hehehe

      Delete
  5. ada yang beranggaan kalo selera musik menentukan kepribadian tapi menurutku sendiri itu tidak ada hubungannya karena yang menentukan kepribaadian itu faktor genetik, lingkungan dan keluarga, mungkin lebih tepatnya musik mengambarkan emosi sang pendengar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. menggambarkan emosi sang pendengar lebih tepat kali ya.. :D

      Delete
  6. Hmmm kayaknya gak terlalu ngaruh ke kepribadian deh ya, karena kalo menurut gue, lagu itu didengerin karena mood. Ada yg dengerin lagu galau pas galau, eh ada juga yg galau malah dengerin lagu metal. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      masa sih ada orang galau dengerin lagu metal.. 1 banding 100 kali ya.. hihihi

      Delete
  7. Baru tahu kalau kepribadian seseorang bisa ditebak lewat lagu yang ia dengar. Hmm.. Kalau aku cenderung gak percaya. Aku setuju kalau dengerin musik itu tergantung mood. Eh, tapi kalau buat mereka yang suka dangdut koplo kepribadiannya kayak apa ya? Hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata banyak juga ya orang yang ngak percaya kalau musik bisa menentukan kepribadian seseorang.. hehehe
      dangdut koplo.. coba ntar saya cari deh.. hahaha

      Delete
  8. Menurutku musik bisa mempengaruhi mood seseorang, misal dia sering dengerin lagu yang membakar semangat. Nah jadinya setelah dengerin musik si orang itu jadi semangat. Sebaliknya kalo dia dengerin lagu galau, maka dihari itu juga dia terbawa jadi galau.

    Nah, penelitian yang kamu baca kayaknya salah deh. Menurutku, keras kepala, mudah bersosialisai dan lain lain itu bukan kepribadian tapi sifat. Karena kepribadian itu lebih besar daripada sifat. Dan sifat itu biasanya diturunkan.

    Jadi menurutku musik bisa mempengaruhi mood seseorang.Dan blm percaya aja sih musik bisa menentukan kepribadian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama.. saya setuju.. :D
      itu hasil browsing-browsing saya.. hehehe rata-rata isinya gitu.. :D

      Delete
  9. Aku juga g stuju gin, musik dan kepribadian seseoranh itu beda. Aku suka hampir seluruh jenis musik, tinggal mood aja mau dengerin yang mana. Dan menerutku kepribadianku g seperti yg didiskripsikan dipostinganmu.

    ReplyDelete
  10. Kayaknya kemaren masih blogspot ya? Iya gak sih. Apa gue yang kurang perhatian... hihi...

    Eh iya, ngomongin musik gue termasuk suka musik yang alirannya cepat. Gak mendayu-dayu terus galau. Hehe

    Campuran rap dan pop si gue suka. Gak rap semua ada pop nya gitu. Kok musisi tanah air gue suka bondan prakoso and fade2black. Tapi sayang udah gak gabung lagi mereka. Jadi gak bisa denger raper fade2black nya. -_____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah.. kamu ngak peka deh.. hahaha
      udah ada sebulanan ngak ada buntut blogspotnya kali.. :D

      Delete
  11. Halo Teh Ginty.
    Menurut aku sebelum baca ini, emang iya sih jenis musik yang kita suka bisa melambangkan sifat kita. Tapi sayangnya aku nggak tau banyak. Paling kalau musik yang rock itu orangnya keras. Kalau blues orangnya suka baperan AHAHAHA baperan :( idk sih tapi yaaa logic aku aja.
    Btw dari list yang Teh Gin sebut, aku suka klasik dan pop. Dan emang mirip-mirip sih sama kepribadian aku. Apalagi introvert-nya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk
      berarti penelitiannya Dr. Adrian North ada benernya.. :D

      Delete