[Perjalanan] Nge-Trip And Nge-Adventure Ke Pantai Harlem

by - 21:12:00



Kali ini saya mau nyeritain tentang perjalanan saya dan teman saya bersama dengan teman-temannya ke Pantai Harlem, salah satu tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi. Kalau ngak salah ingat, kita perginya itu hari Minggu tanggal 7 Agustus 2016. Jadi waktu itu, si Wari sahabat saya nanya ke saya "Mau ikut jalan ke Harlem ngak hari minggu nanti." Siapa sih yang ngak mau kesana. Hahaha Apalagi kalau dengar cerita dari temen-temen kalau pantai Harlem itu bagus banget. Biarlah walaupun saya bukan bagian dari temen-temen sekolahnya si Wari, saya ngikut aja demi bisa ke Pantai Harlem.

Saya dari rumah ke kosnya itu jam 7 pagi, karena rencananya itu perginya jam 8. Tapi ya namanya orang Indonesia, karena satu dan lain hal kalau disebutkan terlalu panjang jadinya kita pergi itu jam 10, kalau ngak salah juga. Hahaha Baru kali ini saya jalan-jalan, naik mobilnya ngak sesak-sesakan, jadi ceritanya liburan elite. Mobil yang saya naiki isinya cuma 4 orang. Saya, Wari, pacarnya si Wari, dan Mbak yang saya lupa namanya siapa. Hehehe Maaf mbak. Total rombongannya ada 3 mobil.

Sekitar jam 11 atau jam setengah 12, sampailah kita di Pantai Tablanusu. Nah loh, katanya ke Pantai Harlem, kok jadinya ke Tablanusu sih. Jadi, kita musti naik speedboat dari Tablanusu untuk menuju ke pantai Harlem. Mulai lah saya dag dig dug. Kenapa? Saya tidak bisa berenang, dan saya harus naik speedboat, terus kalau nanti tiba-tiba ada kenapa-kenapa terus saya yang ngak bisa berenang ini gemana nasibnya? Hahaha Tapi positive thinking aja, pasti ada pelampung.

Mereka nyari speedboat buat disewa dan setelah deal harga, kita ngumpul buat berdoa. Karena kita ada sekitar lima belasan orang, kita bagi jadi dua rombongan. Saya sama wari masuk ke rombongan pertama. Asli sumpah, rasanya itu dag dig dug banget. Ngelawan rasa takut itu bener-bener susah. Tapi ya mau gemana, kalau ngak naik speedboat ya ngak bakalan bisa ke Pantai Harlem. Alhasil, naiklah kita rombongan pertama ke atas speedboat.



Inilah penampakan dari rombongan pertama. Kita ada enam orang, sisanya dirombongan kedua. Tangan saya megang erat tempat duduk saya. Sampai setengah perjalanan, ternyata naik speedboat itu tidak seseram apa yang saya pikirkan. Sampai tiba-tiba speednya berhenti di tengah laut. "Astagfirullah" ini kenapa ini, sedikit panik kita semua. Nanya ke Bapaknya, katanya bensinnya habis. Jadi musti ngisi bensin dulu. Bayangin di tengah laut yang warnanya biru tua banget, speednya ini gerak-gerak kena ombak ditambah lagi si Bapak yang gerak-gerak buat ngisi bensin. Tambah erat pegangan saya di tempat duduk. Tapi alhamdulillah, ngak lama kemudian, speednya jalan lagi. Lumayan lama juga perjalanan naik speednya menuju ke Pantai Harlem. Kurang lebih sekitar 15 menit sampai 20 menitan.

Waktu speedboatnya sudah dekat ke bibir pantai, saya benar-benar takjub. Betul-betul indah banget ciptaan Allah SWT. Airnya jernih banget sampai bisa ngelihat pasir dan karang yang ada di dalamnya. Apa ini yang namanya surga dunia. Hehehe

Sampai di Pantai Harlem, langsung mulai cekrek-cekrek deh. Biar di bilang kekinian. Hahaha Ngak lah. Ini juga fotonya pakai kamera HPnya si Wari. Hahaha















Ini kita foto-foto sambil nunggu rombongan kedua yang datangnya lama banget. Hampir satu jam. Sempet khawatir juga sih sama mereka, takut kenapa-kenapa. Hahaha Tapi kata mereka pas udah datang, speedboatnya sempet macet ngak mau nyala gitu. Jadinya lama deh.

Sudah lengkap semuanya, dan dimulailah acara bakar-membakarnya. Hehehe Ngak komplit kan rasanya kalau pergi ke pantai, terus ngak bakar ayam atau bakar ikan. Habis itu ngisi perut dulu sebelum mainan air. Awalnya sih saya cuma duduk-duduk di pinggiran pantai buat ngebasahin celana. Si Wari maksa buat agak ke tengah dikit. Katanya keren banget ngeliat ikan berenang-berenang di karang. Tapi kan saya ngak bisa berenang. Hahaha Katanya ngak dalam, jadi kita gaya mengapung sambil tangannya megang dasar lautnya. Rasa penasaran saya lebih besar dari rasa takut saya, akhirnya ikutlah saya ke tengah.

Awalnya sempet susah buat jalannya, gemana ngak. Karangnya tajam banget. Nahan-nahan rasa sakit deh kalau gini. Dipinjaminlah saya kacamata selam buat ngeliat ikan-ikan yang lagi berenang. Sumpah, yang namanya adaptasi itu susah. Pertama pakai kacamata rasanya engap banget, apalagi saya biasa bernafas dari hidung. Ke-lemotan saya tiba-tiba muncul. Ngapain coba saya musti lepas pasang tu kacamata selam buat bernafas dari hidung. Kan bisa bernafas dari mulut. Hahaha Saya sadar setelah beberapa menit kemudian. Hahaha Maafkan saya.

Dan benar aja, Subhanallah cantiknya alam bawah laut. Rasanya itu ada kesenangan tersendiri saat ngelihat gerombolan-gerombolan ikan berenang kesana-kemari diantara terumbu karang. Ngak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Sayang banget kita ngak ada yang bawa kamera untuk foto-foto di dalam laut. Ah, nyesel banget. Tapi lain kali kalau saya ada kesempatan buat datang kesini lagi, harus wajib buat bawa kamera untuk dalam air.

Berasa ngak mau pulang, tapi speedboat udah datang buat ngejemput kita pulang. Akhirnya kita mulai beberes buat pulang. Berat juga rasanya buat ninggalin Pantai Harlem. Naik speedboat kali ini udah ngak terlalu takut kayak yang pertama tadi, tapi kali ini ombaknya lumayan kenceng, celanaku aja sampai basah kuyup karena kena cipratan ombak.

Belum puas. Belum puas banget. Tapi lumayanlah buat ngehilangin stres karena padatnya kerjaan. Well, semoga saja saya bisa balik lagi buat liburan ke Pantai harlem.

You May Also Like

20 komentar

  1. bentar deh,
    letak pantai Harlem dimananya Indonesia ya teh ?
    kayaknya masih sedikit yang berkunjung kesana ya teh ?
    itu pasirnya putih dan airnya bersih kan teh ?
    aku mau kesana :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya karena terlalu semangat nulis, jadinya saya lupa naro lokasinya.. hahaha
      maaf banget.. hihihi
      ini di depapre.. ada di Jayapura - Papua.. :D
      wajib kesini kalau ke Jayapura..

      Delete
  2. Lucu ya namanya pantai harlem, jadi ingat harlem shake hahaha. Tapi aku masih penasaran, soalnya nggak ada foto yang nunjukim lautnya dari pantai gitu.

    Asik bangeeet naik speedboat, eh tapi serem juga pas habis bensin di tengah laut gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha
      maaf, ini masih pakai kamera temen, jadinya ngak enak kalau aku make-make seenaknya.. hihihi
      asli, itu serem banget.. hahaha untung aja speed kita ngak dikelilingi hiu kayak di film-film gitu.. :D

      Delete
  3. ini di daerah mana? Pantai harlem itu di kota mana?
    karena ini diblog dan nggak semua pengunjung bisa tau daerah yang kamu maksud, alangkah baiknya disertai lokasi tepatnya termasuk kota dan provinsi.
    Hehehe.. Pantainya cantik, jadi pingin ke sana. :D
    Memang asyik bermain di pantai bersama kawan-kawan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya, terlalu semangat buat nyeritainnya..
      ini ada di depapre, kab.sentani - papua.. :D

      Delete
  4. pantai harlem ini terletak di daerah mana ya mbak? soalnya saya baru denger :D

    Btw, saya jadi teringat dengan pengalaman pertama saya naik speedboat, asli bikin kencanduan walaupun diawalnya sempat takut gitu :D wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Wah-wah... Perjalanan lagi, nih. Eh, iya ni. Gue penasaran lokasinya di mana. Coba deh, tambahin lokasinya dulu, biar pembaca yang pengen ke sana juga bisa tau. :)

    Pantai HARLEM. Baru denger, sih. Males searching google. Maunya ditulis di sini aja, alamatnya. Soalnya gue penasaran karena pantainya pasir putih..

    Dan lagi banyak keknya view-view yang harusnya bisa gue jadian shoot yg ketje badai.

    Eh, itu lucu juga, ya. Mau nyelam pake kaca mata, malah dibuka pas ngap. Ya gak usah dibuka. Kan nafasnya dari mulut. hahahaha. PArah.

    Udah ah, belajar berenang lagi. Biar bisa ngampung di atas air. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya maap, kelupaan naro lokasinya di judul.. hahaha
      banyak banget sebenernya.. tapi karena ini yang dipakai kameranya temen, jadinya gini nih.. hahaha
      hahaha sudha, itu saat bego saya kambuh.. hahaha
      iya ni lagi mau belajar-belajar berenang.. biar bisa menyelam ngeliat terumbu karang.. :)

      Delete
  6. Wah wah wah... Udah jarang banget nih ngetrip seru kek gini, pantai asik banget nih, tempat favorit kalo lagi ngetrip, biasanya ke pantai, enak aja gitu, bisa bertatapan langsung dengan laut huhuhu...

    Itu nunggunya sampe bisa foto2 gitu ya, lama mungkin ya hahaha..

    Seru, tapi lokasinya dimana itu mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seru banget.. :D
      kita nunggu rombongan kedua ada hampir sejam pokoknya..
      ada di Papua..

      Delete
  7. itu lokasi pantai nya dimana ya ?

    Seru juga ya , buat ke pantai harlem harus naik speedboad segala dari pantai tabnalusu . Kalo didenger didenger pantai ini masih cukup asing di telinga gue , tapi kayaknya bagus banget ya tempat nya buat foto foto ? .

    ReplyDelete
  8. Lokasinya di mana ya? Namanya asing gitu, kayaknya gua belom pernah denger sebelumnya hehehe... Gua pribadi adalah orang yg ga suka selfie, soalnya kalo kita selfie, jadinya yg ada cuma foto muka kita doank, pemandangannya malah jadi ketutupan wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini salah satu pantai di Papua.. :D
      hahahaha maafkan saya yang khilaf untuk berselfie.. :D

      Delete