[Info] Tips Membuka Usaha Bagi Anak Muda Umur 20-an

by - Monday, November 07, 2016

Kalau mendengar kata “pengusaha” yang ada dibayangan pasti keren, kaya, pokoknya sempurna lah. Temen-temen pernah ngak punya cita-cita ataupun keinginan menjadi seorang pengusaha? 

Mencari lowongan pekerjaan akhir-akhir ini sangatlah susah. Terlalu banyak persyaratan yang diinginkan oleh sebuah perusahaan untuk mencari tenaga kerja. Memang untuk kemajuan suatu perusahaan. Kamu cantik tapi kalo ngak punya skill, mana ada yang mau nerima. Kamu pintar tapi secara tampilan kamu tidak enak dipandang, kamu juga ngak bakalan diterima. Kamu punya skill, tapi kamu cuma punya ijazah SMA, ngak diterima juga. Secara penampilan kamu enak dilihat, kamu pintar, punya skill, tapi nilai TOEFL kamu dibawah rata-rata, kamu juga ngak diterima. Hahaha Sedih, ngak juga ya.

Tujuan utama kerja itu apa sih? Uang kan. Tapi banyak orang yang ngak berfikir untuk menghasilkan uang sendiri. Kebanyakan orang hanya mau diperintah dan dibayar. Maaf kalau kata-kata saya terlalu kasar. Hehehe Hanya sebagian orang saja yang berfikir untuk menghasilkan uang sendiri. Gemana? Menggandakan uang kayak Kanjeng Siapa Pribadi itu? Hahaha Bukan! Berwirausaha. 

Tapi kan ngak ada modal, tapi kan nanti hasilnya kecil, tapi mau buka usaha apa coba, tapi kan usaha kayak gitu udah banyak yang ngejalanin. Ah, terlalu banyak tapinya. Tapi jujur, dulu juga saya sempat berfikir hal-hal seperti itu. Hehehe

Dulu? Lah, emangnya sekarang saya kenapa? 

Alhamdulillah,hampir setengah bulan ini saya sudah memulai usaha “penjualan jilbab”. Nah, maka dari itu, kali ini saya akan berbagi tips nih buat temen-temen semuanya. Apa aja sih hal-hal yang harus dipersiapkan beserta tips untuk memulai usaha buat anak muda. Simak nih ya. :)

1. Jenis usaha

Sumber : seribupeluang.blogspot.com

Ini yang harus dipikirin pertama. Kalian harus tahu usaha apa yang akan dijalankan. Cek dan ricek dari lingkungan tempat kalian tinggal juga bisa. Contohnya kalian tinggal dekat dengan sekolahan, bisa saja kalian membuka warung kecil-kecilan atau tempat foto kopian.

Kenapa saya memilih usaha “penjualan jilbab”? Alasannya karena peluangnya bagus. Sebenernya udah ada beberapa teman saya yang berjualan jilbab. Tapi kan rejeki sudah ada yang ngatur kan. Hehehe

2. Pikiran dan mental

Sumber : gemintang.com

Ini hal kedua yang harus kalian persiapkan. Ide udah dapat, tapi kok ya masih ragu-ragu. Apa bisa nanti usaha yang saya jalankan itu akan bertahan. Gemana mau tau coba, orang dijalananin aja belum. Hehehe

Kalian harus bisa meyakinkan diri sendiri. Hal yang susah memang untuk meyakinkan diri sendiri. Tipsnya, jangan dulu ceritakan tentang bisnis kita ini ke siapa-siapa. Alasannya karena, omongan orang itu yang paling cepat ngegoyahin kekuatan hati dan pikiran. Hahaha

3. Modal

Sumber : kreditgogo.com

Kalau sudah ngomongin yang namanya modal, paling ribet emang. Dan kadang ini yang bikin seseorang mundur. Padahal loh ya, modal itu bisa kita dapat dari mana aja. Dari hasil tabungan kita atau dari pinjaman. Kalau dari tabungan agak sedikit ngak mungkin kan ya, jadinya harus sebisa mungkin untuk memberanikan diri meminjam. Kalau saya, modal utamanya itu saya pinjam dari orang tua. Saya jelaskan baik-baik akan digunakan untuk apa uang pinjaman itu. Orangtua sempat nanya, kalau misalnya dagangan kamu ngak laku gemana. Saya pun hanya bisa menjawab, ngak mungkin ngak laku, pasti laku yang penting saya tetep berusaha untuk menjual semuanya. :)

4. Promosi dan Branding

Sumber : bengkelstickers.blogspot.com

Kalau yang diatas-atas sudah kelar, pastinya kan usaha kalian sudah mulai berjalan nih ya. Langsung deh mulai promosiin bisnis kalian apa. Saran saya, kalau kalian mau mempromosikannya lewat media online contohnya Facebook, lebih baik kalian pakai akun pribadi saja dulu. Kenapa? Supaya teman-teman kalian tahu kalau kalian itu pemilik usahanya. Nah, kalau sudah berjalan baru deh kalian bikin halaman tersendiri untuk bisnis kalian. Usahakan setiap hari kalian harus promosi ya, jangan setiap jam. Yang ada ntar malah kalian di Unfriend atau di Block sama temen-temen. Hahaha

5. Laporan Keuangan

Sumber : www.pojokbisnis.com

Kalau yang namanya laporan-laporan, sebenernya saya termasuk orang yang paling malas ngebuatnya. Hahaha Tapi ya harus dipaksakan. Kenapa kita harus membuat laporan keuangan? Supaya kita tahu arus masuk dan keluarnya uang. Contohnya saya yang menggabungkan semua uang saya dari uang pribadi, uang pulsa, dan uang dagangan hijab. Loh kok bisa? Kenapa ngak dipisahin aja? Ngak bingung apa? Yang ada kalau itu uang pribadi, uang pulsa, dan uang jualan jilbab saya pisahin, nanti saya nambah bingung. Hehehe Yang penting kan saya ada pencatatannya. Yang penting uang keluar dan uang masuk dicatat. Hehehe Sekarang saja saya lagi belajar bagaimana cara membuat laporan keuangan. Tapi saya masih dalam tahap belajar untuk membuat jurnalnya.


Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan kepada teman-teman. Ayok, jangan takut untuk memulai sesuatu. Mumpung kalian masih muda. Semoga tips yang saya bagikan ini bermanfaat ya.

You May Also Like

39 komentar

  1. Wah, bentar lagi usia saya 20-an nih, hehehe. Alhamdulillah sekarang juga sudah mulai usaha. Walaupun cuma sampingan karena tugas utama saya masih belajar sebagai seorang mahasiswa. Saya sendiri memilih berjualan kuota, karena saya tau di zaman sekarang apalagi di kalangan mahasiswa, kuota itu adalah kebutuhan wajib, paling tidak tiap bulanan. Jadi, selama ada gadget, kuota pasti selalu diperlukan.

    Sukses untuk bisnis jilbabnya mbak, semoga bisa terus maju dan nantinya ke depannya mungkin bisa bikin gerai hijab sendiri atau mungkin brand sendiri. Aamiin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah.. :)
      makasih ya.. sukses juga buat bisnis kuotanya.. :D

      Delete
  2. Cocok nih bagi yang punya jiwa wirausaha, meskipun masih muda.
    Emang sih modal itu penting, tapi niat dan mental juga harus diperhatikan. Apalagi branding. Nice info Ginty, mudah2an ada banyak pemuda yg terjun ke dunia usaha dan buka lapangan kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga tips ini bisa diaplikasikan sama anak2 muda

      Delete
    2. bener kak.. kadang juga malah ada beberapa orang yang modalnya cukup tapi takut buat mau menjalankan usaha.. :)

      Delete
  3. Artikelnya bagus nih mbak. tapi kalau pencatatan keuangan baiknya uang pribadi dipisah mbak, Aku pernah kerja jadi admin toko. Lucu aja pas ngitung pengeluaran toko ada pengeluaran sabun, beras dan lain-lain. Kalau dipisah mungkin bisa dihitung lebih presisi. Modal berapa, pengeluaran toko berapa, jadi laba yang terhitung memang laba toko

    www.martinsetiawan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk
      emang yang betul itu harusnya di pisah ya mas..
      tapi saya suka keteteran kalo misah semuanya.. hehehe

      Delete
  4. aku ingin sekali melakukan usaha untuk mendapatkan uang, tapi saya masih berumur 14 tahun, dan jika saya mendaftarkan diri untuk mencari pekerjaan online, minimalnya 18 tahun, dan saya tidak bisa menghasilkan uang, mau pakai google adsense tapi nggk paham.....hadehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat..
      kalo gitu, kamu ngumpulin modalnya aja dulu.. sisihkan sebagian uang jajan.. nah, lumayan kan nanti kalau udah cukup umur baru deh.. :D

      Delete
  5. Mantap nih gin pandangannya bagi yg mulai usaha. Sekrang alhamdulillah saya usaha pertokoan. Hehe.. meskipun hasilnya yaa dicukup cukupkan...

    Oh iya, pikiran dan mental itu menurut saya yg paling penting dari sekian hal yg perlu dipersiapkan. Karena itu menyangkut modal yg tak terlihat yg lain banyak menentukan sukses tidaknya suatu usaha..

    ReplyDelete
  6. wih tipsnya bagus nih
    gue juga mulai mencoba membuka usaha sendiri
    karna ngerasa gajih saja kurang cukup untuk gue dan istri gue
    gue coba membuka usaha travel dan pembayaran tagihan, tapi sayangnya yang jalannya cuman pembayaran tagihan saja...
    mungkin karna tempat yang tak memungkinkan soalnya gue masih ditempat mertua (di dalam gang) dan kurangnya promosi kali yee jadi usaha travel gue kagak jalan :D

    yah mungkin kalau rumah gue udah kelar mungkin baru bisa dijalankan usaha travelnya :D

    laporan keuangan yang pembayaran tagihan kagak pernah dibikin :D biasanya kalo ada yang bayar tagihan, duit masuk kantong langsung
    pas udah mau nambah saldo baru rusuh nyari duit kemane :D
    kayaknya mesti nerapin laporan keuangannya deh

    nice info lah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, keren kak.. :D
      semakin tahun emang kebutuhan semakin meningkat.. apalagi kalau sudah berkeluarga..
      semangat kak !!!
      hehehe wajib kak buat laporan keuangan itu.. biar tau keluar masuknya uang dipake buat apa aja.. :)

      Delete
  7. Halo, ini adalah untuk menginformasikan masyarakat umum bahwa Mr Gonzalez Andres, adalah pemberi pinjaman pinjaman swasta yang telah membuka peluang keuangan untuk semua yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan ketentuan yang jelas dan mudah dipahami. Hubungi kami hari ini melalui email ke: (gonzalezandresloan@gmail.com)

    ReplyDelete
  8. Gue demen nih kalau ngebahas tentang bisnis :D hehehe. Gue dulu pernah punya target, umur 20 tahun harus sukses tapi sekarang umur gue 17 tahun dan tinggal tiga tahun lagi buat berusaha jadi pembisnis yang sukses. Gue juga di sibukin belajar jadi nggak ada waktu buat dagang, dulu sih waktu SMP gue pernah jualan vocer game online dan hasilnya sehari minimal dapet untung 50 ribuan lah :D .

    Kalau bisnis itu yang utama adalah promosi. Rajin rajin aja promosi pasti laku. Kalau tetep nggak laku mungkin cara promosinya yang salah, atau mungkin tempat promosinya yang kurang tertarget. Kalau masalah jualan online, gue pernah nulis tentang 5 Sosial Media terbaik untuk berbisnis jadi silahkan cek blogs saya aja buat nentuin sosial media mana yang pas buat jualan.

    ReplyDelete
  9. bermanfaat banget buat yg mau mulai usaha baru.
    Berdasarkan pengalaman, hal yg paling penting itu promosi dulu hingga produknya dikenal dipasaran, memang membutuhkan dana yg lebih, tp pasti akan kembali dengan cepat kalau promosinya tepat dan kualitas produknya pun diminati dan dicari"

    ReplyDelete
  10. Kontinuitas kak, itu penting banget. Terus enggak malas, ini aku banget udah belagak sok usaha onlineshop, bikin brand segalamacem, baru jalan beberapa bulan udah males. Kesandung dikit mandeg. Terus cari cari alasan, ah nanti deh abis uas lanjut lagi, duh banyam tugas jadi repot, bingung mau dahukuin mana dulu. Alhasil gak jalan lagi deh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup.. harus tetep berlanjut kan.. :D
      kadang mempertahankan itu lebih susah dari pada memulai kan ya..

      Delete
  11. Sip dah, Gue mah Promosi dan branding ! bukak jasa desain logo,vector dll. tapi belom terkenal sih haha. jadinya pelanggannya masih sedikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat!!
      terus2in promosi aja.. semoga sukses ya.. :D

      Delete
  12. Duhh, bener banget, jaman sekarang ini cari kerja emang sulit. Banyak banget kriteria yang dibutuhin perusahaan buat merekrut karyawan.

    Aku juga punya cita-cita jadi pengusaha hehe. Tapi banyak dari sebagian orang takut jadi pengusaha karena resiko dan tanggung jawab yang harus dijalani setelahnya. Padahal kalau memang bertekad, pasti juga bisa.

    Kelima tips yang kamu bagikan diatas berguna banget buat yang ingin memulai usaha. Aku nambahin satu lagi, harus pintar strategi jualan juga, supaya usaha kita bisa berkembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang banyak yang takut..
      iya bener banget.. strategi.. :D

      Delete
  13. Aku udah berapa lama ya ga kesini? Kayanya tampilannya berubah deh, jadi lebih rapi.

    Sekarang nyari kerja susah banget deh kak kayanya, soalnya aku sering liat orang bolak-balik cari kerjaan.

    Soal jadi pengusaha? Siapa yg ga mau jadi pengusaha? Aku mah mau, tapi ya itu masalahnya, aku bingung kudu jualan apa dan modalnya juga ga ada :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      selamat datang kembali.. :)
      makasih ya.. :D
      coba kamu research, di daerah tempat tinggal kamu atau di lingkungan sekitarmu itu butuhnya apa.. hehehe

      Delete
  14. jadi inget matkul kewirausahawan gue :))

    kalo mau buka usaha sih emang harus pinter baca peluang, apa yang lagi in dan gimana propek ke depannya. banyak orang takut buka usaha kadang karena takut gagal, padahal kalo belum dicoba kan gatau hasilnya. kalopun gagal bisa dijadikan pelajaran. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, begitulah manusia..
      takut sama hal yang tidak pasti.. hahaha apaan sih..
      pola pikir orang beda2 emang..

      Delete
  15. Buka Usaha Yh..

    Dulu Sempet Buka usaha JASA PEMBUATAN WEBSITE.. Namun Terpaksa Harus Gulung Tikar Karna Waktu Dan Modal Yang Begitu Ngga Menentu :(

    Aku Blom Terjun Ke Dunia Kerja Ka :) Jadi Ngga Tau Harus Koment Apa..
    Nice Post :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sayang banget..
      padahal kan prospek ke depannya bagus..

      Delete
  16. Halo,
    Saya Mrs Olivia Daniel, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (Oliviadaniel93@gmail.com)

    ReplyDelete
  17. Gue mau tuh usaha, soalnya gue masih pelajar, yaa itung-itung bisa buat nambah uang jajan lah gitu. Tapi, gue gak tau mau usaha apaan. Gue malah banyak mikir kalau mau usaha, kayak modal misalnya. Gue belum punya modal buat usaha. Pokoknya gue punya rencana usaha tapi gak tau mau usaha apa. :D

    Pernah sih jadi reseller topi dan sekarang udah enggak karena topi itu musiman. Jadinya agak susah hehe. Tapi, tips ini bagus juga kok. Nanti gue pikirin lagi deh mau usaha apa. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang sebagian orang gitu..
      ngak papa.. yang penting udah punya rencana.. walau ngak tau rencananya apa.. hehehe

      Delete
  18. Uh, Mbak Ginty membahas sesuatu yang sangat aku hindari, sejujurnya: wirausaha. Aku kurang tahu kenapa, sih, dari dulu kurang terlalu tertarik sama hal2 yang berkaitan sama jualan. Hahaha. Tapi akhirnya beberapa minggu terakhir lagi 'dipaksa' berkecimpung di bidang jualan juga karena terkait penambahan biaya untuk kegiatan di kampus.

    Selain rajin menambah ilmu lewat baca2 artikel semacam ini, kayaknya butuh niat dan kemauan yang keras buat memulai, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat..
      biasanya nih ya, kalau dihindari malah nanti ujung-ujungnya tertarik.. hihihi

      Delete
  19. KABAR BAIK! KABAR BAIK!! KABAR BAIK!!!

    Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Maria Annette Pinjaman Perusahaan, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (mariaannetteloanfirm@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Mariaannetteloanfirm
    (Mariaannetteloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  20. Ulasan yg bagus kak..

    Aku dari dulu pengen banget buka usaha.. tapi bingung, mau usaha apa? modal darimana?

    Bilang ma orangtua, takut ditanya.. emang yakin BISA? bilang ma teman2, takut diledek.. jadi malas deh.. :D

    #SalamKunjunganBalik

    ReplyDelete
  21. Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang disini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditur pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 kreditur pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam prosesnya karena saya ditangkap oleh orang-orang karena berhutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Karen Mark Financial Loan Company yang mendapat pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah Indonesia (lima ratus juta rupiah di Indonesia) Kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Karen Mark

    Saya ingin Anda mempercayai Ibu Karen Mark dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya, jika Anda merasa kesulitan untuk mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan tolong dan hati-hati

    ReplyDelete