[Resep] Masak Udang Tumis Jamur Ala Rumahan

by - 21:16:00

Kali ini saya akan berbagi tips kepada teman-teman sekalian. Bahan utama yang saya gunakan di masakan kali ini yaitu udang. Kenapa udang? Karena isi freezer saya hanya udang. Kalau udangnya diganti pakai cumi bisa ngak? Ya kalau diganti berarti nanti namanya bukan udang tumis jamur kan, tapi jadinya cumi tumis jamur. Hehehe



Okelah ya, jadi bahan-bahan yang kita butuhkan untuk membuat masakan udang tumis jamur yaitu:
  1. Bahan Utama
    - Udang
    - Jamur
  2. Bumbu halus
    - Bawang merah
    - Bawang putih
    - Cabai
    - Garam Secukupnya

Pertama-tama yang harus dilakukan yaitu, kupas udang kemudian cuci sampai bersih. Potong jamur sesuai dengan selera, kemudian rendam jamur dengan air hangat. Jamur yang saya gunakan ini ngak tau jamur apa, tapi yang jelas jamur ini banyak banget di jual di supermarket.



Jangan lupa ya, sebelum menghaluskan bumbu halus, sebaiknya bumbunya itu dicuci terlebih dahulu. Panaskan minyak untuk menumis, kemudian tumis bumbu hingga berbau harum. Temen-temen bisa lihat kan, bumbu yang saya pakai disini ngak terlalu susah. Untuk komposisinya temen-temen bisa menyesuaikan sendiri dengan banyaknya bahan utama.




Jika bumbu yang ditumis sudah berbau harum, masukkan udang kemudian tunggu sampai udang berwarna orange kemerahan. Ngak perlu waktu yang lama ya buat memasak udang. Kalau misalnya teman-teman takut udangnya nanti gosong, bisa kok ditambahin sedikit air.




Kalau udangnya sudah berwarna orange kemerahan, masukkan jamurnya. Ngak perlu terlalu lama ya, soalnya jamurnya kan sudah direndam dengan air hangat. Aduk hingga merata. Jangan lupa dicicipi. Kalau kurang asin, bisa ditambahkan garam. 



Jadi deh udang tumis jamunya. Kalau ditanya soal rasanya, ngak kalah deh sama masakan restoran. Coba deh dirumah, bisa lah ngak musti udah tumis jamur, bisa dikreasikan sesuai dengan selera teman-teman deh. Selamat mencoba ya!


You May Also Like

8 komentar

  1. Ya Allah mbak, lagi laper nih malah baca resep, jadi makin laper, menunya udang lagi :"

    Jadi inget nih dulu waktu masih di rumah sering dimasakin ibu udang tumis (tanpa jamur) sama ibu di rumah. Walaupun aku agak gatel-gatel setelah makan udang tapi karena rasanya yang enak biasanya aku nyicip sih, gak berani juga banyak-banyak, hehe.

    ReplyDelete
  2. Uh enak, jadi pengen makan udang
    Tapi Gue nya alergi udang -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasihan..
      sedih emang kalo alergi udang.. padahal udang itu enak banget loh.. :D

      Delete
  3. Gua udah bookmark resepnya, hehehe. Akhir2 ini lagi belajar memasak menu2 baru nih. Mantab nih, ga susah, dan keliatannya enak. Cuma masalahnya di Tiongkok sini agak susah cari bawang merahnya, kecap manis dll juga ga ada, jadi harus pinter2 berkreasi sendiri hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat koh.. :D
      gampang banget.. tapi susah juga kalo di sana nyari bawang merahnya agak susah.. hehehe

      Delete
  4. Kalo makan tumis jamur aku sih sering,
    tapi kalo di campur udang beda lagi ceritanya.
    biasanya aku kaloa makan tumis jamur ya tinggal beli di warteg,
    sayanganya aku ga bisa masak dan di warteg ga jual tumis udang campur jamur jadi aku ga tau rasanya gimana :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. tumis jamur apa yg biasanya dimakan?
      ini ya saya kasih tau rasanya.. rasanya itu berasa udang sama jamur gitu.. hahaha

      Delete