[Perjalanan] Barang Yang Harus Dibawa Ketika Melaksanakan Tugas Keluar Daerah

by - 15:25:00


Tugas ke luar daerah sudah merupakan hal yang biasa bagi para pekerja, baik itu swasta maupun di instansi pemerintahan. Kabar keberangkatan mendadak juga sudah menjadi hal biasa. Sore ini baru dikabari kalau besok harus berangkat menuju kota lain, mau tidak mau jika itu merupakan perintah dari atasan maka kita harus berangkat.

Contohnya saya dan beberapa teman guru di jurusan. Kami baru mendapat kabar untuk menuju Malang sekitar pukul 4 sore pada tanggal 1 Maret 2017. Kegiatan yang akan kami ikuti yaitu Diklat Instruktur Program Keahlian Ganda. Acara pembukaan diklat tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2017 pukul 5 sore. Jadi, mau tidak mau kami harus berangkat tanggal 2. Karena ada satu dan lain hal yang tidak bisa kami tinggalkan begitu saja di sekolah, akhirnya kami memutuskan untuk berangkat tanggal 3 dengan konsekuensi kami tidak mengikuti acara pembukaan.

Karena waktu keberangkatan yang mendadak, persiapannya jelas juga mendadak. Lain halnya dengan persiapan liburan yang memang sudah direncanakan dari jauh-jauh hari. Disini saya akan memberikan beberapa tips, barang-barang apa saja yang harus dibawa, bahkan bisa dibilang wajib dibawa saat akan melaksanakan tugas di luar daerah.

1. Perlengkapan Kerja / Berkas-Berkas Penting

Karena ini merupakan perjalanan dinas atau tugas dari kantor, maka hal pertama yang harus disiapkan yaitu dokumen atau perlengkapan yang memang dibutuhkan untuk dibawa. Coba lihat udangan, biasanya tercantum kok apa saja yang harus dibawa. Intinya, jangan sampai lupa untuk membawa berkas-berkas atau dokumen penting. 

Selain itu juga jangan sampai melupakan dompet, laptop, smartphone, charger, dan powerbank. Semua itu merupakan perlengkapan penting yang tidak boleh terlewatkan.

2. Baju

Saat akan melakukan perjalanan dinas, jangan lupa untuk membawa pakaian formal dan pakaian informal. Pakaian formal ini digunakan saat akan mengikuti kegiatan, sedangkan pakain informal digunakan diluar kegiatan. Biasanya nih ya, lebih banyak pakaian informalnya dibandingkan dengan pakaian formal. Kenapa? Untuk jalan keluar dan tidur kan bajunya beda. Ngak mungkin kan baju tidur dipakai untuk jalan-jalan. Hehehe

Oh ya, jangan sampai berlebihan ya bawa bajunya. Contohnya aja gini, rencana tugasnya itu misalnya kan 1 minggu, akhirnya baju tidur yang dibawa ada 7 pasang. Hahaha Lebay apa gemana gitu ya. Intinya bawa baju seadanya, jangan berlebihan. Toh kan kalau misalnya pakaian kotor bisa dilaundry. Bener ngak?

3. Sendal & Sepatu

Ngak mungkin kan kita kegiatan pakai sendal dan ngak mungkin juga diluar kegiatan kita pakai sepatu. Seengaknya saat melakukan dinas diluar kota, kita membawa sepasang sandal dan juga sepasang sepatu. Sesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Saat kegiatan pakailah sepatu, diluar dari itu gunakan sandal.

4. Perlengkapan Mandi & Makeup

Walaupun kegiatan yang dilaksanakan misalnya di hotel, wajib banget buat bawa perlengkapan mandi. Meskipun di hotel sudah disediakan sabun dan lain sebagainya, lebih enak pakai punyanya sendiri. Bener ngak?

Terus buat para wanita, perlengkapan wajib lainnya  itu makeup. Bedak, lipstik, pelembab siang dan malam, hukumnya wajib buat dibawa. Bukan berarti kita pusing dengan kegiatan terus jadinya lupa untuk merawat diri. Jangan sampai ya.

5. Perlengkapan Ibadah

Yang terakhir ini ngak boleh dilewatkan ya teman-teman. Dimanapun dan kapanpun jangan lupa untuk beribadah. Ingat, tujuan dari kita hidup di dunia itu apa.


Itulah beberapa barang yang bisa dibilang wajib untuk dibawa saat melaksanakan tugas keluar daerah. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

2 komentar

  1. Setuju nih, memang peniting mempersiapkan barang-barang apa saja yang mau dibawa. Karena kalau tidak di pilah pilih jadi bingung dan gak muat kalau dibawa semuanya..hehe

    Paling penting perlengkapan ibadah, sebanyak apapun barang yand dibawa, tapi kalau perlengkapan ibadah tidak, beuh ada yang kurang banget itu ..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener..
      Sampe Mama saya juga selalu ngingetin jangan lupa perlengkapan ibadah.. hihihi

      Delete