[Resep] Kering Kentang Asam Manis Asin

by - 19:50:00


Ini menu kedua yang saya masak di hari Minggu. Yup, kering kentang. Biasanya ini menu pelengkap di nasi kuning. Seharusnya nih hari Minggu ini saya masaknya nasi kuning ya. Hehehe

Pasti teman-teman ngerasa ganjil kan sama namanya. Kok kering kentang sih? Kenapa ngak keripik kencang bumbu apa gitu, atau kentang goreng apa gitu. Hehehe

Kalau menurut saya, saya menyebutnya kering kentang itu karena bumbu yang digunakan dan cara memasaknya itu hampir sama saat kita akan membuat kering tempe. Pada tau ngak sama kering tempe? Nanti ya lain kali saya posting. Nah, itu dia kenapa saya menyebutnya kering kentang. Tapi ngak tau loh ya, nama aslinya itu sebenernya apa.

Bahan yang diperlukan itu cukup sederhana. Hanya kentang. Berhubug karena saya sudah mendapatkan kiriman keripik kentangnya dari Jawa, makanya saya bilang masakan ini ngak ribet. Makasih Mbah sudah kirimin keripik kentang ini buat saya. (Peluk cium) Hehehehe

Langsung aja, tanpa panjang lebar basa-basinya.

Bahan:

  1. Kentang

Bumbu:
  1. Bawang merah
  2. Bawang putih
  3. Garam
  4. Gula
  5. Lengkuas (digeprek aja)

Cara Membuat:
  1. Kalau kalian sudah punya keripik kentang kayak saya enak banget. Tapi kalau misalnya belum, berarti langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu kupas kentangnya. Tips nih buat teman-teman, kentang kalau sudah dikupas langsung direndam di air ya supaya ngak hitam.
  2. Setelah itu diiris tipis-tipis. Pake alat yang biasa dipake buat bikin keripik, banyak kok dijual di toko-toko.
  3. Kalau sudah, goreng kentang sampai jadi keripik. Kering tapi jangan sampai gosong ya. Hehehe
  4. Haluskan bumbunya. Lengkuasnya digeprek aja ya.
  5. Setelah itu panaskan minyak diwajan. Minyaknya sedikit aja ya. Kira-kira untuk menumis.
  6. Jika minyaknya sudah panas, tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai berbau harum. Jika sudah harum, tambahkan air. Dikira-kira ya airnya, tergantung banyak dan sedikitnya kentang. Teknik memasak saya semuanya menggunakan teknik mengira-ngira. Hehehe Setelah itu masukkan gula setengah dari airnya. Tunggu air gula sampai mengental.
  7. Jika sudah mengental, kecilkan api di kompor dan masukkan kentang ke dalam wajan. Aduk sampai bumbu merata.
  8. Kering kentang siap untuk disajikan.

Oh ya, kering kentang ini bisa bertahan paling lama satu minggu, yang penting disimpan di dalam wadah tertutup. Enak kan. Hihihi

Selamat mencoba ya teman-teman.

You May Also Like

0 komentar