[Resep] Sayur Asem Ala Rumahan

by - 15:59:00


Selamat hari minggu buat teman-teman semua..

Sudah merupakan kewajiban ya buat saya di setiap hari Minggu untuk memasak. Jujur, kadang saya suka bingung mau masak apa. Soalnya di Jayapura, para pedagang di larang untuk berjualan dari pagi sampai jam 12 siang. Alhasil nih kalau misalnya hari Sabtu ngak beli sayur, ya sudah deh.

Tapi alhamdulillah, saya lupa hari apa. Tapi kalau ngak salah nih ya sekitar dua hari yang lalu mas-mas penjual sayur yang biasanya keliling di sekitaran kompleks lagi baik banget. Mas-masnya ngasih ke Mamaku beberapa sayur. Dari sayur kangkung, sayur labu, sayur asem, ngak tau sayur apa lagi. Mungkin karena mas-masnya udah capek keliling kali ya, plus udah terlalu siang juga. Jadinya kulkas di rumah penuh dengan sayur mayur. Hehehe

Oke, hari minggu ini saya memilih untuk memasak sayur asem. Padahal nih diluar lagi turun hujan. Biarlah, dimakan pas hujan-hujan enak, ngangetin badan.

Biasanya nih, kalau teman-teman mau beli bahan untuk membuat sayur asem ini ngak perlu bingung lagi. Karena di penjual sayur maupun di supermarket, sayur-mayurnya sudah dikemas menjadi satu, paketan ceritanya. Langsung aja ya saya liatin apa aja sih sayuran dan bumbu yang digunakan.

Bahan Sayuran:
  1. Nangka muda
  2. Jagung (dipotong boleh, dilepasin boleh)
  3. Kacang tanah
  4. Kacang panjang
  5. Labu siam
  6. Terong
  7. Daun melinjo
  8. Kangkung


Bumbu Halus:
  1. Bawang merah
  2. Bawang putih
  3. Kemiri
  4. Terasi
  5. Garam
  6. Lengkuas/Laos (digeprek aja)
  7. Cabai merah (optional ya, mau pake boleh, ngak juga ngak papa)
  8. Gula
  9. Daun salam (jangan dihalusin ya)


Cara Memasak:
  1. Potong-potong dulu semua sayuran. Jangan tanya lagi potongnya seperti apa, disesuaikan saja dengan selera meotong teman-teman. Yang penting tidak menyusahkan saat akan dimakan.
  2. Setelah itu cuci semua sayuran sampai bersih.
  3. Haluskan semua bumbu, kecuali lengkuas dan daun salam ya.
  4. Setelah itu, rebus air menggunakan panci. Tunggu air sampai mendidih kemudian masukkan nangka muda, jagung, dan juga kacang tanah. Saat merebus nangka muda, jagung, dan juga kacang tanah ini, selalu buang busa yang terdapat pada air. Kenapa? Karena Mama saya ngajarinnya begitu dan saya belum cari tahu kenapa. Hehehe
  5. Kalau misalnya kacang tanah sudah tidak keras lagi, angkat kemudian buang air dan tiriskan.
  6. Jika air rebusan pertama tersebut sudah dibuang, masukkan air baru secukupnya dan jangan lupa juga untuk memasukkan bumbu yang sudah dihaluskan beserta lengkuas dan daun salam.
  7. Rebus sampai mendidih.
  8. Jika sudah mendidih, masukkan sayuran sisanya.
  9. Tunggu sampai semuanya empuk. Jangan lupa dicicipi ya. Kalau misalnya kurang asin, silahkan tambahkan garam. Kasih gula sedikit biar gurih.
  10. Jadi deh sayur asem ala rumahan.

Di tulisan resep ini, saya ngak mencantumkan ya bawang merahnya harus berapa siung, pokoknya saya tidak mencantumkan jumlahnya. Sesuaikan dengan kebutuhan teman-teman ya. Kalau sayurnya sedikit ya bumbunya jangan banyak-banyak, nanti malah rasanya ngak enak.

Oh ya, sayur asem ini selain dimakan pakai nasi, paling cocok juga kalau disandingkan dengan ikan asin, tahu, tempe dan juga sambal terasi.

Selamat mencoba semuanya.

You May Also Like

0 komentar