[Tes Kerja] Iseng-Iseng Daftar PCPM BI (Bank Indonesia)

by - 19:21:00

Assalamualaikum teman-teman semuanya. Gemana nih kabarnya? Semoga baik-baik saja yah.. :)

Kali ini, saya ingin berbagi post tentang keisengan saya mendaftarkan diri pada penerimaan pegawai BI. Pada tahu kan BI? Oh ya, yang berminat buat mendaftar juga, bisa langsung klik disini.



Lah, kok ngedaftar kerja lagi sih? Bukannya sudah jadi guru di salah satu sekolah negeri di kota Jayapura? Hehehe Nanti lain waktu akan saya ceritakan ya gemana rasanya jadi guru honorer. Hehehe

Balik ke topik. Pertama kali saya tau informasi tentang lowongan kerja di Bank Indonesia ini dari postingan teman saya di Facebook. Kalau ngak salah sekitar tanggal 6 Mei. Tapi pas saya buka web pendaftarannya ternyata masih belum buka, infonya itu masih tentang pendaftaran tahun 2016 kemaren. Ya sudah, akhirnya sempat ngak jadi mau ngedaftar. Eh, tapi kok di salah satu grup WA ada yang masukin tentang info pendaftaran ini lagi. Sebenernya saya malas, tapi kok rasanya ada yang ngedorong saya buat ikut, kayak ada suara yang bilang "Ayo coba aja, ngak ada salahnya kok dicoba!" Dan akhirnya saya pun membuka web pendaftaran tersebut, eh ternyata udah ada. Pertama saya penasaran, sebenrnya ini penerimaan pegawai untuk bagian apa sih.

Ternyata nama program penerimaannya itu PCPM (Calon Pimpinan Bank Indonesia Masa Depan). Jadi, ketika nanti kita diterima, pangkat kita itu staf pelaksana. Keuntungan atau kelebihannya itu apa aja sih sebagai staf pelaksana?
  1. Pegawai pangkat staf memiliki kesempatan dua kali untuk menjadi pegawai pimpinan pada pangkat Asisten Manager melalui PCPM setelah berada pada Pelaksana dan Pelaksana Senior II.
  2. Pada tahun ke-10 (Pelaksana Senior), pegawai pangkat staf memiliki kesempatan mengikuti SDP untuk menduduki pangkat Sub-Manager.
  3. Pegawai yang direkrut sebagai staf akan bekerja sebagai Pegawai Pelaksana dan akan menempuh karir pada jenis pekerjaan general jobs.
  4. Karirnya akan dimulai pada Pelaksana II sampai dengan Supervisor membutuhkan waktu 18 tahun.
Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini. Gemana? Menarik bukan? Saya aja setelah baca infonya jadi semangat buat daftar.



Ada 6 (enam) posisi yang dibuka.
  1. Operational & Admin Staff (Pelaksana Yunior).
  2. Security Supervisor (Pengawas Pengamanan).
  3. Electronic Security System Supervisor (Pengawas Electronic Security System).
  4. Junior Cashier (Kasir Yunior).
  5. Junior IT Staff (Pelaksana IT Yunior).
  6. Security & Planning Command Centre Staff (Staff Command Center dan Perencanaan Pengamanan).
Saya ngambil posisi nomor 5 (lima), Junior IT Staff, karena background saya juga dari lulusan Teknik Informatika. Oh ya, ngak boleh daftar lebih dari satu posisi ya. Jadi betul-betul pastikan, teman-teman itu passionnya yang mana. Oh ya, kalian harus teliti juga lihat lokasi penempatannya. Jangan kayak saya. Hahaha

Sekedar info ya, untuk lokasi penempatan Junior IT Staff hanya di Jakarta. Hahaha Berarti nanti saya harus pindah ke Jakarta dong? Hahaha (Lolos administrasi aja belum tentu, udah sok-sokan aja)

Persyaratannya itu ngak ribet-ribet amat kok, temen-temen bisa langsung lihat di websitenya ya disini.

Saya kasih tips-tips nih buat teman-teman yang mau ngedaftar.

1. Sediakan waktu luang.

Ini yang paling penting. Jangan sampai kamu terburu-buru. Kenapa? Karena data yang diisi cukup banyak. Mulai dari data pribadi, studi, sampai dengan pengalaman kerja. Mengisi data-data seperti ini harus penuh ketelitian. 

2. Siapkan dokumen yang dibutuhkan.

Yang namanya pendaftran online, semua-muanya harus diupload dan dalam bentuk softcopy. Jadi sebaiknya kallian memang harus sudah punya filenya di komputer/laptop kalian supaya ngak rbet-ribet lagi buat scan dokumennya. 

3. Koneksi Internet.

Beberapa kali saya alami, koneksi internet yang jelek dan tiba-tiba putus. Maklum ya, daerah Jayapura internetnya masih sedikit ngak bagus. Alhasil, data yang saya udah isi, pengalaman kerja yang saya sudah ketik panjang lebar tidak tersimpan. Hahaha Alhasil ketik ulang lagi deh. Jadi buat teman-teman semuanya, pastikan koneksi internet di tempat teman-teman harus bagus supaya tidak mengalami kejadian menjengkelkan sama seperti saya.

4. Banyak Berdoa.

Pasti banyak yang berfikir, "Ah, cuma ngisi data, kecil." Eits, jangan salah loh ya. Biasanya awal gini yang menentukan. Malah kadang, saat kita ngerasa yakin bakalan lolos seleksi administrasi, tapi akhirnya kita gagal. Jadi jangan lupa banyak-banyak berdoa. Lumayan loh bisa lolos seleksi administrasi trus masuk ke tes tahap pertamanya. 


Itu tadi sedikit tips dari saya untuk mendaftar PCPM Bank Indonesia. Semoga saya lolos dan semoga teman-teman lain yang mendaftar juga bisa lolos. Amin. :)

You May Also Like

8 komentar

  1. saya juga lolos untuk mengikuti Tes Tahap I Mbk! sy milih posisi sebagai PEGAWAI SUPERVISOR ELECTRONIC SECURITY SYSTEM wilayah Mamuju Sulawesi Barat! semoga diterima! Amiin Ya Robal Alamin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, selamat ya.. semoga bisa keterima.. amin.. :)

      Delete
  2. Haii mbaa... boleh minta nomor whatsapp nya ga? Saya juga ambil posisi yg sama hehehehe. Makasih yaaa

    ReplyDelete
  3. mba mau tanya, kalau staff pelaksana yunior apakah bisa penempatannya dilain kota dari form yg diisi? misal saya pilih penempatan jakarta, apa bisa di tempatkan di kota lain? atau hanya pcpm yang dapat ditempatkan di kota lain.
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalau itu saya kurang tau.. mungkin mba bisa tanya langsung ke CSnya.. :)

      Delete
  4. PCPM sama seleksi yang mba ikutin tuh beda loh. Jadi kalo mba bilang ternyata nama program nya adalah PCPM, Salah tuh mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, begitu ya.. Soalnya diwebsite penerimaannya tertulis PCPM loh mba.. :)

      Delete