[Perjalanan] Menjelajahi Tempat Wisata Jawa Timur Park 2 Di Batu Malang

by - Sunday, August 27, 2017

Assalamualaikum teman-teman..

Alhamdulillah, sekarang saya sudah balik lagi ke Jayapura. Senang banget kemarin bisa ke Malang, walaupun bukan untuk jalan-jalan. Tapi bersyukur banget,walaupun kegiatan Pembekalan dan Uji Kompetensi Instruktur Nasional yang di laksanakan di PPPPTK BOE Malang kemaren cukup memakan waktu, tapi kami masih sempat untuk berwisata di Jawa Timur Park 2 yang berada di Batu Malang.

Karena hari Minggu, kegiatan hanya dilaksanakan setengah hari. Jadi sekitar jam setengah satu siang, saya dan rombongan berangkat dari asrama menuju ke Jawa Timur Park 2. Sempat terjadi perdebatan sih sebelum pergi. Antara mau ke Jawa Timur Park 2 atau ke Coban Rais. Karena suara terbanyak dimenangkan oleh Jawa Timur Park 2, akhirnya pergilah kami.

Dari asrama menuju Jawa Timur Park 2 kurang lebih 30 menit. Kami pergi kesana menggunakan 2 mobil, karena total kami ada 8 orang. 1 mobil hasil pinjaman dan yang satunya lagi Grab. Biaya Grab kalau ngak salah Rp 65.000, soalnya bukan saya yang order dan juga bukan saya yang bayar. Hehehe Tapi menurut saya, harga segitu sudah murah banget.

Saya bersama rombongan yang ngotot pengen pergi ke Coban Rais. Hehehe

Rombongan Jatim Park 2, kurang 1 orang ini sebetulnya.

Sampai di lokasi, ternyata masih ada perdebatan lagi. Ada yang tetep mau ke Coban Rais. Alhasil, kita terpecah jadi 2 kelompok. 3 orang pergi ke Coban Rais dan sisanya tetap di Jawa Timur Park 2. Saya termasuk golongan yang tetap di Jawa Timur Park 2. Kalau kalian tanya, kenapa sih saya lebih memilih Jawa Timur Park 2 dibandingkan dengan Coban Rais? Alasan pertama itu, saya belum pernah sekalipun masuk ke kebun binatang sebesar Jawa Timur Park 2. Saya penasaran pengen ngelihat langsung binatang-binatang seperti Jerapah, Gajah, Ular, dll yang awalnya hanya bisa saya lihat melalui televisi. Alasan kedua yaitu, saya ingin memamerkan ke keponakan-keponakan tengil saya kalau saya lagi pergi ke kebun binatang, karena waktu kita liburan di Jawa, kita ngak sempat buat jalan-jalan ke kebun binatang. Hehehe



Sebelum masuk, kita wajib nih buat beli tiket. Ada 2 paket yang ditawarkan, kami mengambil paket 2 objek wisata. Museum satwa plus secret zoo, biaya itu Rp 120.000 saja. Aslinya saya pengen banget yang 3 objek wisata, tapi karena berhubung waktu yang bener-bener mepet, ya sudahlah. Hehehe



Setelah membayar tiket, kami mendapatkan gelang sebagai tanda buktinya. Nah, gelang itu wajib dipake, karena setiap memasuki objek wisata, pasti barcode yang ada di gelang setiap pengunjung di scan.


Tour pertamanya itu kita ke museum satwa. Ngelihat gedungnya dari luar, wah keren banget. Kesannya megah, didepannya itu dibuat  patung beberapa hewan. Sampai saya masuk ke dalamnya, saya betul-betul terkesima dengan apa yang ada didalamnya.



Kesan pertama bagus, tapi kok lama-lama saya ngerasa kasihan. Hati kecil saya mulai bermain. Ini hewan-hewan asli yang diawetin gini ya? Mereka emang sudah mati atau emang sengaja dimatiin? Kasihan banget kalau emang sengaja dimatiin.




Ya sudahlah, hati seorang cewek emang kadang-kadang agak melow gitu. Jadi, intinya semua hewan ada di museum ini. Semuanya komplit. Spot favorit saya di museum satwa itu yang pertama adalah Insectarium. Jadi disini tempatnya kupu-kupu, kumbang, belalang, dan sejenisnya. Yang kedua itu ditempat binatang buas, enathlah saya lupa namanya apa. Jadi disana itu seperti dibuat simulasi hutan terbakar, seperti nyata. Suara api sampai dengan suara hewannya, yang bikin kaget itu waktu dengar suara Harimaunya mengaum. Hahaha Bisa dilihat ya, siaran ulang videonya di Facebookku.




Tapi sebetulnya, semua spot yang ada di museum satwa keren-keren kok. Jujur, di museum satwa ini saya kurang menikmati, karena kita tuh kayak di kejar-kejar waktu. Hehehe Semoga lain kali say a bisa balik lagi dan menikmati semua spot yang ada di museum satwa di Jawa Timur Park 2 ini.

Selesai dari museum satwa, kita masuk ke secret zoo. Konsepnya itu keren banget. Jadi pas masuk itu, kita dikucurin air gitu. Kayak hujan rintik-rintik gitu. Hehehe Pertama masuk, kita ketemu sama monyet-monyet lucu. Semua monyet dari yang bentuknya kecil sampai yang bentuknya besar semuanya ada. Dari monyet yang jenisnya ini sampai yang jenisnya itu semuanya ada. Hehehe Dan sebenernya yang agak mengganggu yaitu aroma yang ditimbulkan. Bukan salah dari binatang-binatangnya ya, ini salah saya sendiri. Yang namanya kebun binatang, pasti kan bau ya? Ngak ada kebun binatang yang wangi. Hehehe Oh ya di Jatim Park 2 ini, monyet favorit saya tu monyet singa.

Di secret zoo ini, disetiap spotnya itu pasti ada penjelasan tentang hewan-hewannya, baik itu dari papan yang ada maupun dari suara. Cuma ngak terlalu konsen sih kalau dari suara, saya cuma ngebaca sekilas aja dari setiap papan yang ada di depan kandang masing-masing hewan.

Selanjutnya kita ke tempat hewan-hewan kaki empat, contohnya babi hutan, kangguru, kuda nil, dan lainnya. Ini momen pertama kalinya saya ngelihat kuda nil buang air besar. Jadi tuh kotorannya kayak dihamburin gitu. Hehehe Maksudnya tuh gini, biasa kan kalau sapi buang air besar, kotorannya kan langsung jatuh ke bawah kan. Nah, kalau kuda nil ini kotorannya di buang ke atas, ngak ke atas banget juga sih, tapi tuh kayak disemburin gitu. Hehehe Videonya ada di Facebook saya ya temen-temen.


Selanjutnya menuju ke tempat reptil. Jadi semua reptil ada disini temen-temen. Saya ngak terlalu suka sih sama reptil, ngeri menurut saya. Jadi yang namanya kadal, iguana, dan semua jenis ular ada disini. Tempatnya itu dibuat menyerupai goa dengan akar-akar yang tergantung di atas. Saya tuh ngebayangin gemana kalau misalnya ada ular diantara akar-akar itu. Tapi ngak mungkin kali ya. Hahaha


Selesai dari reptil garden, kita menuju ke aquarium. This is my favorite palce. Yippie. Exited banget saya buat ngelihat nemo, ikan hiu, dan semua teman-temannya. Ngak perlu nyelam dan berenang, karena memang saya ngak bisa. Hahaha Disini, kita cuma perlu berjalan kaki mengelilingi spot ini dan kita bisa ngelihat semua binatang laut. Yeay.


Awalnya saya berfikir kalau kita bakalan jalan di lorong laut gitu, tapi ternyata ngak. Hanya aquarium saja. Ekspektasi saya terlalu tinggi ya. Hahaha

Awal masuk sempat ngak sesuai harapan juga sih, namanya aquarium tapi kok gini. Kok ada binatang-binatang yang bukan binatang laut. Binatang darat, tapi di masukin ke aquarium. Saya lanjut jalan terus sampai nemuin aquarium yang isinya ikan-ikan. Seneng banget bisa ngelihat nemo dan dori dalam satu aquarium, ditambah lagi dengan terumbu-terumbu karang cantik. Disini saya cuma sempat ngambil video, bisa dilihat di Facebook. Oke.

Masih di aquarium, tapi ini di spot yang tempatnya itu disetting kayak di Mesir. Isinya itu ular-ular bermacam-macam jenis, kodok bulat yang beracun, kura-kura yang tampangnya kayak monster. Hahaha







Menyusuri tempat mesir itu dan sampailah kita ditempat ikan yang ada di aquarium besar. Isinya itu ikan yang ukurannya besar. Surprisenya lagi, ikan-ikan itu satu aquarium baren buaya. What??? Jangan-jangan ikan ini sebenarnya buat makanannya buaya ya. Ah, terserah lah.

Keluar dari aquarium, kita duduk-duduk sebentar buat ngehilangin rasa capek. Lelah banget cuy. Duduk-duduk sambil menikmati pemandangan flaminggo. Ah,  kenapa kalian bisa secantik itu.


Terakhir, savanah. Ini bukan tempat terakhir terus selesai begitu aja. Untuk keluar, kita masih harus ngelewati wahana bermain. Dan kalian musti tau, wahana bermain itu luasnya bukan main. Hahaha


Yang ngeselin di savanah ini yaitu, jalannya nanjak. Kenapa jalannya musti dibikin nanjak coba? Saya udah ngak konsen sama hewan-hewannya. Yang jelas, disini ada zebra, dan semua hewan-hewan yang biasanya ada di Afrika.


Keluar dari Savanah, kita nemu tempat buat foto bareng burung. Saya ngak berani. Hahaha akhirnya si Norman dan Pak Sinaga yang foto bareng burung cantik itu.

Saya diajakin naik roller coaster dan masuk rumah hantu, jelas denggan tegas saya nolak. Hahaha jujur ya, saya itu penakut.  Jadi diwahana bermain saya cuma makan es krim sambil nonton pertunjukan singa laut, setelah itu naik mobil keliling safari farm, dan naik perahu keliling danau buatan.

Jujur, ini pengalaman yang sangat berharga buat saya. Pengalaman yang betul-betul ngak akan saya lupakan yaitu waktu berkeliling di safari farm. Saya yang penakut ini, duduk di pinggir dan bisa sedekat itu dengan rusa, unta, dan hewan yang mirip banteng. Ya Allah, rasanya itu. Hahaha

Kita keluar dari secret zoo pas jam 6. Puas? Kurang puas!! Seandainya saya dikasih kesempatan untuk balik lagi, pasti dari pagi saya berkelilingnya.

Intinya, seru. Seru banget. Kita balik ke asrama dengan perasaan senang dan deg deg an. Kenapa? Yang pertama, handphone kita semua mati, jadi balik ke asrama kita ngeraba-raba jalan. Ngak ada yang tau jalan di Batu dan Malang cuy. Hahaha dan yang kedua, kita takut kehabisan makanan di asrama. Apalagi ini laper banget, walaupun kita udah makan kue buat ngeganjel perut. Hihihi

Tapi alhamdulillah kita bisa sampai di asrama PPPPTK BOE Malang dengan selamat dan ngak kehabisan makanan. Hehehe

Dan malam itu, kita lanjut belajar di kantin sampai kurang lebih jam setengah 11 malam, soalnya besok pagi kita Ujian Kompetensi. Akan selalu saya ingat, pengalaman ini.

Seian dan terima kasih. Hahaha

You May Also Like

12 komentar

  1. Wooah ini lokasi wista yang pernah aku tonton beberaoa bulan lalu di TransTV.
    Tempatnya emang bagus dan luas teh,
    Ada beberapa spot loh yang instgarmable banget.

    Aih sayang banget ga foto sama burung, padahal impianku kalo kesini pengen foto bareng semua hewan loh :v

    Semoga suatu saat aku bisa kesini, aminin dong teh wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran luas..
      iya, saya takut.. takut kalau burungnya ntar tiba-tiba matok terus saya menjerit kan ngak lucu.. hahaha
      amin.. hehehe

      Delete
  2. Uang memang tak bohong, semakin mahal semakin banyak juga tempat wisata di dalamnya ya, Teh..hehe

    Btw, itu aku baru lihat ular warnanya merah putih gitu, nama wisata ini memang tak asing di telingaku, tapi belum pernah kesini, semoga kesampaian untuk mengabadikan foto disni..hehe

    Oh, ya, Teh Ginti meskipun besoknya ada Ujian Kompetensi, tetap berlibur sampe melem..hehe

    ReplyDelete
  3. Harganya mahal juga, tapi sebanding sih. Ngga tau sih, kalo tempat ini pernah masuk Trans TV. Udah jarang nonton TV. Bdw, fotonya kurang, nih..

    ReplyDelete
  4. Aku Jatim Park 1 sudah pernah 2x. Padahal aku pengen banget bisa ke kebun binatangnya. Aslinya pas kunjungan kedua aku pengen mampir. Tapi gak nutut waktu hihi

    ReplyDelete
  5. HAI GINTY!!

    Aduh Ginty jalan jalan mulu ya mumpung di Jawa nih. Hihihi.. Dari dulu gue juga pingin banget bisa ke sini karena ini khan juga termasuk baru. Mana liat foto fotonya makin pingin deh jadinya. Itu Museum Satwa nya juga bak istana begitu ya..Koleksi hewannya juga buanyak..

    Nggak sia sialah ya walau pun agak mahal tapi bener bener worth-paying!

    ReplyDelete
  6. "Ikannya satu akuarium bareng buaya."

    Baca kalimat ini mendadak merinding gitu rasanya. Horor. Tapi seru ya mba pengalamannya. Memanfaatkan waktu untuk jalan jalan mumpung lagi di Jawa.

    Aku belum pernah ke sini. Semoga kapan kapan bisa ke Malang. Juga bisa ke Jayapura. Doakan ya.

    ReplyDelete
  7. Wah enak banget, ya. Memanfaatkan waktu ke tempat yang menurut gue berguna itu. :D Harga Jatim Park lumayan mahal juga, ya. Sebagai pelajar, gue menganggap harga itu adalah mahal. Tapi, harga sama ilmu yang kita dapetin, sih, menurut gue sepadan, lah.

    Btw, itu yang foto ular beneran, ya? Warnya kayak ular-ular yang ada di mainan gitu atau di kartun.:D

    ReplyDelete
  8. Walah ko ad bu cony yh... Itu cmn perasaan sy aj yg mirip atw emang mirip...

    ReplyDelete
  9. gue beberapa kali pernah ke malang, tapi engga pernah nih ngunjungin jatim park. ternyata isinya kebun binatang ya. kirain mah kayak dufan. ternyata salah dugaan gue.
    tpi kok di aneh ya, klo bacanya jawa timur park. hahaha. perasaan gue aja kyaknya. soalnya biasa denger dan baca jatim park.

    monyet singa itu bentuknya yg kayak gmna tuh? baru denger.
    ya kurang puas lah, klo waktunya udah mepet, kesannya jadi terburu-buru smua. tapi senggaknya tujuan kesini kan udah terpenuhi lah. tujuannya kan mau pamer sama keponakan kan ya, hahaha

    ReplyDelete
  10. Seumur2 blm pernah ke malang. Meni sedih huhuhu. Baca tulisannya adik, saya jadi ingin ke sana. Liat yg hijau2 dan liat hewan2 rasanya pasti antusias dan ademmm.
    Setuju tuh sama Ginty.. ga tega liat hewan yg diawetkan ya. Tapi dari sisi keilmuan mungkin itu perlu. Semacam dokumentasi fisik. Karena mungkin ada aja saatnya nanti hewan tersebut langka misalnya. Tpi ngebayangin hewan langka malah lbih serem lagi, karena itu berarti ada tanda ketidakseimbangan ekosistem n rantai makanan.
    Di Bandung ada bonbin juga, tapi tentu ga seluas ini.

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah ke safari farm sih. Tapi kalau taman satwa di TMII udah pernah wkwkkw

    Seneng ya Ginty bisa keliling batu malang sama temen2 gitu. Bisa deket juga sama hewan2. Moga aja aku ke sana juga. Eh jadi gimana tes nya?

    ReplyDelete