[Blog Challenge] Alasan Saya Menulis Blog - #Day1

by - Wednesday, November 21, 2018

Assalamualaikum..

Tantangan dihari pertama 30 Days Blog Challenge dari Blogger Perempuan Network bertemakan "Kenapa Menulis Blog". Kalau dilihat dari temanya, ngak terlalu begitu susah kan. Karena disini kita hanya perlu mengutarakan alasan kita tentang "kenapa kita memilih Blog sebagai media menulis".


Sebelumnya juga saya sudah pernah menulis, Apa Sih Tujuanku Nge-Blog? Pertama sih saya mikir, kayaknya sih sama aja. Tapi setelah dipikir-pikir lagi, beda ah. Kalau itu kan tujuanku buat nge-blog itu apa. Tapi kalo ini kan alasannya kenapa saya menulis blog.

Pertama

Dari dulu itu saya suka banget menceritakan kejadian yang saya alami selama seharian ke Almarhumah Ibu saya. Jadi setiap pulang, selesai mandi, langsung deh menghadap ke Almarhumah Ibu dan mulai asik menceritakan semua kejadian yang saya alami. Mau itu kejadian yang menjengkelkan maupun kejadian yang menyenangkan. 

Selain itu, hampir setiap malam juga saya rajin banget nulis semuanya di buku diary. Dari SMP sampai awal masuk SMK kalau ngak salah ingat, saya masih suka nulis di buku diary. Buku diary-nya yang masih dikunci-kunci gitu. Masih saya simpan loh sampai sekarang. Kadang kalau lagi iseng-iseng ngebuka, jadi ketawa-ketawa sendiri karena "kok saya bisa selebay dan sealay itu ya". Hehehe

Masuk lah saya ke tingkat SMK. Kebetulan saya masuk SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Kalau ngak salah ingat lagi nih ya, waktu itu pelajaran tentang Pemrograman Web. Nah dijelaskanlah, juga tentang blog. Karena terlalu besar rasa penasaranku, akhirnya saya cari tahulah semua tentang blog. Dan saya suka saya suka.

Ibarat nih ya kayak dapat buku diary online. Tapi ya apa yang saya tulis ngak se-vulgar ketika saya menulis di diary saya yang terkunci dengan rapi. Saya mulai membuat blog itu dari tahun 2009, tapi mulai saya gunakan betul-betul menulis dari tahun 2011. Postigan pertama saya bisa dilihat disini ya.

Dengan blog, saya bisa mengekspresikan diri saya. Seperti yang saya bilang diatas. Saya seperti mendapatkan buku diary online. Karena kebiasaan saya menceritakan ulang apa yang saya alami selama seharian. 

Kedua

Diatas kan saya sudah bilang kalau saya itu suka menulis. Nah, menulis di blog ini saya jadi bisa mengasah dan mempertajam kemampuan menulis saya. Coba deh teman-teman perhatikan gaya menulis saya dari bulan ke bulan bahkan dari tahun ke tahun. Ada peningkatan ngak? Atau malah penurunan?

Dengan menulis di blog, akan ada beberapa orang yang membaca tulisan saya. Nah, dari mereka kadang saya mendapatkan masukan harus begini dan begitu. Nasehat positif saya terima, nasehat negatif ya saya buang lah. 

Ketiga

Percaya ngak sih kalau dulu saya itu orangnya pemalu banget. Dulu tu mau ngelakuin ini dan itu pasti mikir dulu. Pikirannya tu pasti "Ah, malu ah. Nanti dikatain orang. Nanti dibilang jelek. Takut" Itu aja tuh yang ada dipikiran.

Apa ya, dulu saya ngak bisa mengekspresikan diri saya. Tapi setelah saya terbiasa menulis di blog, saya lebih bisa mengekspresikan diri dan tidak malu lagi. Ya udah begitu-begitu aja. Lempeng banget begitulah. Awal nulis di blog aja dulu fasenya masih nulis panjang-panjang, terus dibaca ulang, dihapus. Hahaha Sempat sampai dua atau tiga tulisan saya gituin. Tapi alhamdulillah, akhirnya saya berani juga.

Ada tahapnya memang, ngak langsung dari yang orangnya minderan langsung berubah seratus delapan puluh derajat menjadi orang yang percaya diri. Tetap bertahap. Dari yang dulu ngak berani menyapa orang duluan karena nanti takut sapaannya ngak dibalas, akhirnya sudah mulai berani menyapa duluan. Dari yang dulunya ngak berani berkomentar akhirnya sedikit demi sedikit sudah mulai berani mengemukakan pendapat. Dan lain-lain sebagainya. Sampai sekarang sudah berani menulis panjang lebar di blog maupun social media lainnya. Sudah berani foto sana sini di tengah keramaian, walaupun kadang penyakit takutnya muncul. Sudah berani tampil didepan umum walaupun kadang masih deg degan. Tapi semuenya memang butuh proses lah.

Tapi kalian itu karena apa? Itu karena Blog, teman-teman.

Keempat

Saya ingin membagikan apa yang saya punya untuk semua teman-teman disini, baik pengalaman pribadi saya maupun ilmu yang saya punya. Untuk sekarang ini sih saya lebih sering berbagi pengalaman ketimbang ilmu. Saya masih belum bisa mendapatkan cara penulisan yang pas untuk membagikan ilmu. Tapi Insya Allah, dalam waktu yang dekat ini saya akan membuat blog tersendiri yang berkaitan dengan pengetahuan yang saya miliki.

Nah untuk pengalaman, alasannya adalah saya ingin memberikan rekomendasi tempat-tempat nongkrong terbaik yang pernah saya datangi. Selain itu juga, saya ingin tempat yang saya datangi itu jadi didatangi oleh orang lain lagi. Jadi bermanfaat kan buat semuanya?

Kelima

Saya bisa meluapkan semua emosi saya lewat blog. Kalimat lainnya seperti memindahkan memori saya. Saya tidak tau ya kalau orang lain, tapi kalau saya nih berhari-hari apa yang saya lakukan tidak saya ceritakan ke orang baik itu secara lisan maupun tertulis, rasanya kepala saya penuh, gampang stres, pokoknya ngak enak.

Tapi kalau saya rajin menulis, pikiran rasanya rileks. Lagi pula, sayang-sayang kan kalau misalnya momen terindah dan terburuk di dalam hidup kita tidak diabadikan.


Itulah lima alasan mendasar kenapa saya menulis blog. Tidak semua orang mempunyai alasan yang sama dalam melakukan suatu hal. Nah, terkadang setelah saya mengingat kembali alasan kenapa saya menulis blog, semangat menulis saya kembali muncul. Doakan semoga saya bisa terus konsisten dalam menulis ya teman-teman.

You May Also Like

0 komentar