[Ceritaku] Wisata Pantai Terbaik Di Kota Jayapura, Ibu Kota Provinsi Papua

by - Saturday, March 28, 2020

Yang kita tau, Pulau Papua itu terbagi menjadi 2 (dua) Provinsi yaitu Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Pasti teman-teman sudah ngak asing lagi kan dengan Kota Jayapura. Memang masih banyak yang belum pernah ke Kota Jayapura, tapi kalau mendengar sudah pernah kan pastinya?

Kota Jayapura, tempat saya dilahirkan, tempat saya dibesarkan. Sudah kurang lebih 25 tahun saya tinggal dan besar di Kota Jayapura. Lahir di Kota Jayapura, belajar di Kota Jayapura, bekerja di Kota Jayapura, dan melakukan semuanya di Kota Jayapura.

Sebelumnya, saya bakalan kenalin dulu ya ke temen-temen bagaimana letak Kota Jayapura. Kota Jayapura terletak di ujung timur Indonesia, dan diujung Pulau Papua yang berbatasan dengan negara tetangga yaitu Papua New Guinea. Temen-temen coba lihat deh gambar peta dibawah ini. 

sumber : Wikipedia
Betapa kayanya wisata pantai yang dimiliki oleh Kota Jayapura. Betapa kayanya juga wisata hutan yang dimiliki oleh Kota Jayapura.

Menurut saya yang sudah lahir, besar, dan tinggal lama di Kota Jayapura, saya sangat merekomendasikan teman-teman untuk berwisata ke pantai-pantai berikut ini:

1. Pantai Hamadi

Coba kalian ke Jayapura, terus tanya ke orang Jayapura, dimana itu pantai Hamadi. Saya jamin, ngak bakalan ada satu orang pun yang ngak tau. Pasti temen-temen langsung diantar langsung ke tempatnya.


Pantai Hamadi ini terletak di Distrik Jayapura Selatan. Pantai Hamadi itu letaknya strategis banget. Yang dari kota bisa ngelewatin Angkatan Laut, yang dari Abe ataupun Waena bisa ngelewatin Skyline - Entrop atau nih bisa juga lewat Ringroad, terus yang dari Koya ataupun dari daerah perbatasan PNG bisa melewati Jembatan Youtefa (ikon Kota Jayapura).

Pantai Hamadi ini terhampar luas dari ujung Angkatan Laut sampai di dekat jembatan Youtefa. Dan disebelahnya langsung ada pantai Holtekamp.

Nah, yang membuat Hamadi menjadi pantai yang paling banyak dikunjungi salah satunya yaitu karena adanya pembatas pemecah ombak. Jadi buat anak-anak kecil yang berenang, bisa sedikit aman dari terjangan ombak. Selain itu juga harga untuk masuk ke pantai Hamadi ini bisa dibilang ngak terlalu mahal lah ya. Untuk kendaraan bermotor (roda dua) biaya parkirnya cukup Rp 10.000,- saja, sedangkan mobil (kendaraan roda empat) hanya Rp 20.000,-.

sumber: tripadvisor.com


Kalau yang liburan bersama keluarga bisa nih menyewa pondok-pondok yang ada di pinggiran pantai. Mulai dari harga Rp 150.000,- sampai dengan Rp 300.000,-. Tapi kalau temen-temen cuma sendiri atau pengennya cuma jalan-jalan dan duduk-duduk di hamparan pasir, sangat diperbolehkan sekali ya. Cukup membayar uang parkir saja.

Uniknya lagi nih ya di Pantai Hamadi, kita masih bisa menemukan hutan mangrove yang letaknya berseberangan dengan pantainya. Salah satu hal yang jarang kita temui di beberapa pantai lainnya di Indonesia. Inilah salah satu alasan yang membuat Jayapura, Ibukota Provinsi Papua masih sangat layak disebut sebagai Destinasi Wisata Hijau.

sumber: wisata.jayapurakota.go.id

sumber: jubi.co.id

2. Pantai Holtekamp

Pantai Holtekamp ini letaknya tidak jauh dengan pantai Hamadi. Pantai Kedua yang ramai dikunjungi setelah pantai Hamadi. Yang membuat pantai ini unik yaitu pasir pantainya yang berwarna hitam serta buat orang yang memang senang mandi dipantai dan berpacu dengan ombak, wajib banget buat mencoba bermain ombak disini.


Di pantai Holtekamp ini semua pantainya dihiasi oleh pohon kelapa yang berjejer rapi. Menambahkan keindahan pantai dan kesejukan buat yang ingin bersantai di pantai Holtekamp. Eits, tapi hati-hati ya. Jangan lengah dengan kelapa yang sudah tua dan memiliki potensi jatuh.

sumber: pospapua.com

Nah, biaya parkirnya sendiri nih untuk kendaraan bermotor (roda dua) yaitu Rp 20.000,- dan untuk mobil (kendaraan roda empat) Rp 40.000,- . Sedikit lebih mahal memang ya dibandingkan dengan pantai Hamadi. Tapi pantainya juga gak kalah bagus loh ya dengan pantai Hamadi.

3. Pantai Ciberi

Ini merupakan pantai baru yang baru dibuka tahun 2019 kemarin, setelah jembatan Youtefa dibuat dan akan diresmikan. Letak pantainya ini di sebelah bawah jembatan Youtefa. Kalau ngelihat foto orang di Instagram dan latar belakangnya Jembatan Youtefa, sudah bisa dipastikan kalau mereka ada di pantai Ciberi. Eh, tapi dari pantai Holtekamp juga bisa deh foto dengan latar belakang Jembatan Youtefa. Hehehe


Menurut saya nih ya, Pantai Ciberi ini ngak cocok dijadikan sebagai tempat untuk berenang. Memang sih ya airnya tenang, hanya ombak kecil-kecil yang terlihat di pinggir pantainya. Tapi saya saranin jangan deh ya berenang disini. Cukup menikmati pemandangan indahnya Jembatan Youtefa dan indahnya pulau Tobati.




Untuk biaya masuknya waktu itu pas saya pergi hampir sama seperti di pantai Hamadi. Jadi ya bisa lah ya, sangat terjangkau.

4. Pantai Dok 2

Nah, kalau pantai ini favorit orangtua saya waktu saya masih TK apa SD ya waktu itu. Karena letaknya di pusat perkotaan, persis di depan kantor Gubernur Provinsi Papua. Setiap hari Minggu pasti saya selalu di ajakin berenang sama orang tua saya. Banyak juga loh anak-anak dan orang dewasa yang berenang disini, bahkan sampai sekarang pun masih ada beberapa orang yang berenang disini.

Ngak sampai disitu aja nih, coba deh tanya anak-anak muda yang tinggal di Kota Jayapura. Ajakin mereka, "Ajakin saya ke Kupang dong" Pasti langsung diajakin ke Pantai Dok 2 ini. Oh ya, Kupang itu singkatan dari "Kursi Panjang". Karena memang di pantai Dok 2 ini ada tempat duduk / kursi yang panjangnya sepanjang pantai.



Ngak cuma anak muda yang sering nongkrong disini, orang dewasa juga senang nongkrong disini. Apalagi kalau malam minggu. Duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati aroma laut, mendengarkan deburan ombak, melihat lampu-lampu disekitar pantai dan menikmati jagung rebus/bakar, bakso, ah sedapnya. Apalagi kalau ada kapal masuk. Masya Allah, indahnya itu bertambah berkali-kali lipat.


Pantai Dok 2 ini tempat nongkrong favoritku waktu kuliah. Kalau sekarang ya bukannya ngak pernah, tapi udah agak jarang. Karena ngak sempat. Hehehe Nah, kemaren terakhir saya pergi, Pantai Dok 2 ini udah di renovasi jadi keren banget. Jalan rayanya jadi lebih luas, tempat duduknya jadi lebih bagus. Keren lah pokoknya.

5. Pantai Base-G

Pantai Base-G merupakan pantai terkenal kedua setelah pantai Hamadi. Dulu waktu masih SD atau SMP lumayan sering juga ke pantai ini. Satu kalimat untuk pantai ini yaitu "Banyak Karangnya". Tapi emang kalau orang tuaku ngajaknya itu ke bagian yang karangnya banyak. Dan jujur saya ngak berani banget mandi dipantai ini. Hehehe




Untuk biaya masuknya berapa ya, ngak nyampe Rp 10.000,- kayaknya. Tapi serius saya lupa, ini tuh belum dengan biaya parkir ya. Waktu itu saya dan temen saya kesana menggunakan mobil dan kami hanya jalan-jalan di pantai diminta Rp 100.000,- untuk uang parkirnya. Mahal banget ya itu menurut saya, tapi ya mungkin karena sepi.

Tapi ya itu semua terbayarkan lah dengan keindahan pantai Base-G yang indah banget. Pasir pantainya yang putih, halus, deburan ombaknya yang kencang. Wajiblah kalian kalau ke Jayapura untuk mampir sebentar ke pantai Base-G. Walaupun pantai ini salah satu pantai yang jauh menurutku. Karena tempat tinggal saya emang jauh ya dari pantai Base-G ini.




6. Pantai Skouw

Ini adalah pantai paling jauh yang ada di Kota Jayapura. Pantai ini hampir mendekati perbatasan RI - PNG. Nah, letaknya itu ada di Kampung Skouw. Waktu itu sih saya perginya ke Kampung Skouw Yambe dan Kampung Skouw Sae. Dekat dengan penangkaran penyu, tapi saya hanya sampai di gapuranya aja. Hehehe

Terik matahari di pantainya ini super duper menyengat. Sampai bisa bikin kulit muka saya gosong. Pantainya ini masih tergolong sepi, mungkin karena jauh ya. Menurut saya nih, mungkin kalau turis-turis tau pantai Skouw ini, mereka pasti bakalan nyoba datang kesini. Tempatnya masih sangat bersih, ombaknya gede-gede pula. Warna lautnya itu bagus banget, apalagi karena pantulan sinar matahari.


Untuk biaya masuknya, entahlah kemarin waktu kami datang kesana tidak ada pungutan sama sekali. Yah mungkin karena sekalian kami kunjungan kerja kali ya. Hehehe


Itu adalah 6 pantai di Kota Jayapura yang wajib teman-teman kunjungi. Masih ada lagi beberapa pantai lainnya di Kota Jayapura. Pantai Pasir 2, Pantai Pasir 6, Pantai Yacoba, dan Pantai Enggros. Tapi masalahnya saya sendiri juga belum pernah kesana. Mungkin nanti lain waktu pasti saya akan berkunjung ke pantai lainnya. Kan ngak lucu ya, di Kota kelahiran sendiri masa sih belum pernah menginjakkan kaki ke semua pantainya.

Setelah tau ada banyak sekali Pantai di Kota Jayapura ini, pasti ada keinginan besar yang timbul dari dalam hati teman-teman untuk menjaga dan melindungi kekayaan pantai yang ada di Papua. Yayasan EcoNusa merupakan salah satu organisasi yang mempunyai tujuan yang sangat mulia yaitu menjaga dan melindungi Sumber Daya Alam yang ada di Papua. Mari kia bersama-sama untuk menjaga, melindungi, dan melestarikan kekayaan alam yang sudah kita punya di Papua karena Papua itu Indonesia!



Salam,
Ginty Intan Mawarti





Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Jayapura

You May Also Like

13 komentar

  1. Terima kasih untuk semua teman-teman yang sudah menyempatkan waktunya untuk membaca..

    ReplyDelete
  2. Tulisannya sangat bagus sehingga yg baca mudah memahaminya. dengan tulisan ini saya jadi terbantu untuk mengetahui wisata2 menarik di Jayapura. Jangan berhenti berkarya , jangan berhenti untuk menulis . Ditunggu cerita2 menarik lainnya. (Cerita ttg wisata Raja4 boleh kali yaksss) hehehehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih temanku.. hehehe
      doakan ya supaya dalam waktu dekat ini saya bisa jalan-jalan ke raja ampat.. :)

      Delete
  3. Penuturannya enak sekali buat diikuti, ditambah penjelasan masyarakat lokal tentang Papua terasa lebih otentik buat dibaca. Duh, pantai-pantainya bagus semua.

    Salam kenal.

    ReplyDelete
  4. Aku kangen Jayapura, pernah tinggal di Abepura 6 tahun, teman sekolahku juga masih banyak tinggal di sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, mba pernah tinggal di Abepura ya.. 6 tahun yang lalu berarti saya masih kuliah..

      Delete
  5. Ada nomer WA kah mbak pengen kenalan hehe, WA ku 082137762809 terima kasih ya..

    ReplyDelete
  6. Gak kebayang deh kalau bisa berkunjung ke Papua. Pasti seru sekali karena bisa melihat langsung keindahan alam yang jarang di temui di bagian manapun di Indonesia. Terlebih di Raja Ampatnya dengan surga bawah lautnya.

    ReplyDelete
  7. aku belum pernah ke Papua, semoga nanti bisa berkunjung ke Papua ..
    oh ia btw aku suka kopi wamena dan makanan khas papua seperti papeda
    dan ada loh resto papua di jakarta dengan tampilan kekinian cek di blog ku >> https://bit.ly/PAPOEAbyNature

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin.. semoga nanti bisa jalan-jalan ke Papua..
      jangan lupa kalo ke Papua, ke Jayapura ya.. hehehe
      Nanti saya temani jalan-jalan pasti kak..
      wah, masa kak? saya langsung cek tulisannya kk..

      Delete