[Ceritaku] Pengaruh Covid-19 Terhadap Kehidupanku

by - Sunday, May 03, 2020



Assalamualaikum teman-teman semuanya..

Alhamdulillah di hari ke-48 saya Work From Home, saya masih diberikan kesehatan sama Allah SWT. Kalau teman-teman bagaimana? Masih sehat kan?

Siapa disini yang udah bosan banget dirumah? Hehehe
Alhamdulillah, saya udah bosan banget rasanya. Ngak sepenuhnya selama sebulan ini didalam rumah terus sih. Masih sesekali keluar rumah. Tapi bukan untuk jalan-jalan ya. Tapi emang karena ada urusan kantor yang harus diselesaikan dan juga belanja kebutuhan rumah.

Banyak sekali orang yang berdoa supaya Covid-19 ini segera berakhir. Banyak sekali perubahan yang terjadi. Apalagi tenaga medis yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19 ini. Ngelihat video-video perjuangan mereka rasanya itu sedih banget. Apalagi mendengar berita tentang beberapa dokter dan perawat yang meregang nyawa karena Covid-19. Yuk, kita bantu mereka untuk sebisa mungkin tetap di dalam rumah aja, kalaupun terpaksa keluar, jangan lupa untuk selalu mengenakan masker, jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter, cuci tangan dan mandi ketika sampai dirumah. Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT ya.

Banyak banget pengaruh yang ditimbulkan akibat Covid-19 ini. Mulai dari rutinitas sehari-hari bahkan sampai ke perekonomian. Nah, ditulisan kali ini saya akan ngebahas pengaruh yang ditimbulkan Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari saya ya. Saya ngak bakalan ngebahas tentang pengaruh Covid-19 ke perekonomian karena memang itu bukan ranah saya. Hehehe

Yuk, langsung disimak aja, pengaruh Covid-19 terhadap kehidupanku.

1. Lebih Rajin Beribadah
Alhamdulillah semenjak dirumah aja nih, ibadah saya lebih membaik jika dibandingkan ketika saya punya aktivitas diluar rumah. Yah walaupun ngak begitu sempurna ya. Sebisa mungkin saya mengerjakan sholat wajib dan shlat sunnah lainnya untuk menutupi bagian-bagian yang belum sempurna.

Dulu nih kalau misalnya sholat dzuhur saya biasa melaksanakan jam 1 atau 2, alhamdulillah setelah selesai adzan saya langsung mengerjakan sholat dzuhur. Jadi lebih bisa tepat waktu. Tapi ya masih lah 1 atau 2 kali juga saya mengerjakannya terlambat. Tapi seengaknya udah ada peningkatan. Hehehe

Saya bukan bermaksud sombong ya. Tapi disini saya menulis untuk mengapresiasi diri saya sendiri untuk lebih memperbaiki lagi beberapa ibadah yang belum sempurna.

2. Lebih Teratur Membersihkan dan Merawat Rumah
Nah, ini yang paling luar biasa lagi. Dulu tuh saya ngak begitu peduli dengan rumah saya. Yang penting saya sapu aja gitu. Karena toh juga kan waktu saya kebanyakan habis untuk diluar rumah. Sekalinya saya di rumah aja, mulailah saya ngerasa "Kok rumah saya berantakan ya". Hahaha

Awal-awal mau ngeberesin itu bingung, musti mulai dari mana dulu ya. Akhirnya lah dimulai dari kamar saya, kamar orangtua saya (sekarang udah kosong), dapur, kamar mandi, dan ruang tamu. Capek banget rasanya. Nah, tapi mulai dari bersih-bersih besar saat itu, sekarang saya udah mulai rajin untuk pembersihan selanjutnya. 

Setiap bangun pagi langsung cuci piring dan rendam pakaian (kalau ada yang kotor) untuk dicuci. Setelah itu langsung masak nasi. Menyapu rumah dilanjutkan dengan mengepel. Kalau ngepel sih ngak setiap hari ya. Paling 2 (dua) atau 3 (tiga) hari sekali. Untuk bersihkan kamar mandi juga ngak setiap hari, disesuaikan aja lah ya.

Selain itu juga saya sudah sedikit agak rajin untuk menyapu halaman depan rumah yang perasaan saya nih saya ngak pernah makan permen, es, dan lain-lain, tapi kok ya banyak banget sampahnya. Awalnya sih saya jengkel ya. Tapi kok lama-lama ya udah lah ya. Dibersihin aja, ngak ada gunanya juga ngomel-ngomel. Mau kita ngomel sampai mulut berbusa juga itu sampah ngak bisa jalan ke tempat sampah sendiri kalau ngak kita bersihin atau kita angkat. Hehehe

3. Lebih Gampang Stres / Mellow
Hari-hariku lebih banyak dihabiskan diluar rumah ketimbang dirumah. Paling saya dirumah kalau pas tidur aja, atau ngak hari minggu. Udah, selain itu ya di luar rumah.

Bisa dibilang kaget kali ya. Jadinya lebih gampang stres dan mellow ngak jelas. Ya habis gemana, dirumah saya sendirian, hanya ditemani oleh handphone, laptop, dan juga televisi. Ada sih memang sodara disebelah rumah, tapi kan ya beda aja.

Saya cuma berharap semoga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu dan bisa beraktivitas seperti sedia kala. Amin.

4. Kembali Menulis Blog
Nah, ini merupakan salah satu hal yang super duper positif. Bisa dilihat sendiri ya di blog saya, kapan terakhir kali saya menulis. Tahun 2019 kemarin aja ngak lebih dari 10 tulisan yang saya buat. Entah kenapa saya begitu malas. Hahaha

Tapi alhamdulillah, karena pandemi Covid-19 yang membuat saya #dirumahaja jadinya saya kembali rajin menulis. Yah, walaupun ngak setiap hari ya. Tapi lumayanlah dari pada kemarin-kemarin yang ngak sama sekali.

5. Lebih Sering Nonton Drama Korea
Entah kalo yang ini termasuk ke hal yang positif ataukah tidak. Hahaha Terakhir kali saya menonton drama korea itu waktu saya masih mengajar di SMK N3 Jayapura. Tapi semenjak saya pindah kerja di Dinas Kominfo Kota Jayapura, saya sudah jarang nonton drama korea.

Nah, karena #dirumahaja dan Work From Home ini, disaat pekerjaan ngak terlalu banyak jadinya saya download drama-drama korea yang menurut saya bagus deh.



Nah, itu dia pengaruh Covid-19 terhadap kehidupanku. Ada yang positif dan juga ada yang negatif. Semoga aja yang positif tetap bertahan ya sampai pandemi Covid-19 berakhir dan aktivitas kembali berjalan normal. Nah, yang negatifnya ikutan pergi jauh-jauh deh sama Covid-19 dan jangan pernah balik-balik lagi. Hehehe

Kalau teman-teman gemana? Yuk, sharing pengaruh Covid-19 terhadap kehidupan teman-teman di kolom komentar dibawah ini.


Salam,
Ginty Intan Mawarti

You May Also Like

2 komentar

  1. Terima kasih untuk semua teman-teman yang sudah menyempatkan waktunya untuk membaca..

    ReplyDelete
  2. Semoga corona ini cepat berlalu dan semuanya kembali normal..

    ReplyDelete