[Perjalanan] Jalan-Jalan Ke Tempat Wisata Kalkhote

by - 07:46:00


Minggu, 24 Maret 2015 setelah hari wisudaku pada tanggal 23 Maret 2015, saya dan kedua orangtua saya juga tidak ketinggalan keponakan laki-laki saya si Alvian pergi ke Sentani.

Niatnya pertamanya sih Cuma mau ikut acara arisan keluarga yang diadain di panti asuhan di Sentani sana. Itung-itung jalan-jalanlah. Dari pada bosan dirumah sendirian.

Pas masih di rumah, Bapak nanya ke saya “Sebelum ke panti asuhan, kita jalan-jalan ke Kalkhote dulu yuk.”. Dan saya yang awalnya ngak tahu dimana itu tempatnya langsung mengiyakan aja. Apalagi katanya tempatnya itu bagus banget. Maklumlah, kalau soal danau dan segala hal yang berhubungan dengan air dan mincing, pasti Bapak tahulah dimana tempat terbaik. Hehehe

Dan sekitaran jam 11 siang, kita jalan (lebih tepatnya naik motor) dari rumah menuju ke tempat itu. Naik dua motor loh ya, Saya bawa motor sendiri, sedangkan Bapak, Mama, dan Alvian satu motor. Sebenarnya, Alvian maunya naik motor bareng saya. Tapi kan tuh anak masih kecil. Apalagi setiap perjalanan dia pasti tidur. Hehehe

Sesampainya disana, saya bener-bener takjub. Subhanallah, bener-bener indah banget ciptaan Allah SWT. Sumpah, keren banget. Oh ya, sebagai informasi nih ya. Setahun sekali pasti diadakan Festival Danau Sentani. Dan tempatnya itu disini.



Tapi sayangnya, tempat ini kurang terawat. Bisa dilihat dari gambar diatas. Sampahnya dipinggiran danau banyak banget kan. Coba aja kalau sampahnya dibersihkan, pasti tambah lebih cantik deh danaunya. Dan ngak tau kenapa ya, mungkin kita yang datangnya kurang tepat atau apalah, tapi sepi banget. Cuma ada kita dan beberapa orang yang sedang menunggu perahu untuk menyebrang ke pulau yang berada di tengan danau. Ada rumahnya loh pulau yang di tengah danau itu. Yang membuat aku takjub lagi tuh, orangtua-orangtua disitu tidak terlalu khawatir anaknya tercebut ke dalam danau. Yah gemana, masa anaknya duduk di ujung perahu ngak di panggil-panggil atau dimarahin, tapi dibiarin aja. Atau karena anak-anak yang tinggal di dekat danau seperti ini sudah pasti bisa berenang ya? Hehehe

Sambil menghilangkan rasa bosan. Iseng-iseng aku foto-foto deh. Ini nih Alvian yang lagi udik-udiknya ngelihatin ikan kecil-kecil yang lagi berenang. Ikannya kelihatan banget, soalnya airnya jernih.


Alvian lari-larian kesana-kesini buat ngelihatin ikan. Hehehe Terus karena mungkin udah capek atau bosan atau gemana, dia ngikut Bapak sama Mama. Isengin aku foto lagi. Standar banget gaya fotonya. Berapa kali tuh aku jepret tapi hasilnya ngak memuaskan. Sampai aku bilang, Alvian, gaya dong. Jreng..jreng..jreng.. Beginilah hasil gayanya dia. :D


Terus habis itu, aku ajakin Bapak sama Mama buat foto bareng. Dan ngak mungkina aku nyuruh Alvian yang motion. Hahaha Itu kan ada tempat duduknya kan. Nah, untuk tabletku pake case, jadi aku berdiriin tabletnya rada gampang. Nyari posisi yang bagus dan ini hasil pertama.


Gelap banget hasilnya. Hahaha Padahal pemandangannya udah bagus banget. Akhirnya nyari tempat lain lagi yang agak terangan mukanya. Hehehe Dan inilah hasilnya.


Lumayanlah dengan usaha lari-larian karena pake waktu jepret 10 detik. Hahaha Beberapa menit kemudian, ada pengunjung lagi. Berapa orang ya, mungkin ada sekitar 5 atau 6 orang. Gabungan dari laki-laki dan perempuan. Oh, ternyata mereka mau keliling pulau toh. Hehehe Keren-keren. Berani banget. Saya dan Alvian ditawarin buat keliling pulau naik perahu sama Bapak, dan kita berdua pun ketawa. Sumpah, ngak berani. Mana saya ngak bisa berenang pua. Kalau tiba-tiba tenggelam gemana coba. Hehehe Berhubung waktu udah menunjukkan pukul 01.00, akhirnya kita jalan menuju ke tempat berkumpul sebelum menuju ke panti asuhan.

Oh ya, Jayapura itu punya banyak banget tempat wisata. Dan ini salah satunya. Lain kali, saya bakalan share tempat wisata lainnya ke teman-teman. See you..

You May Also Like

33 komentar

  1. Wuih, di jayapura emang ya tempat wisatanya banyak yang keren-keren, cuman ya sayang ada juga yang agak ga ke urus gitu, coba kalo di urus semuanya pasti makin indah.

    Ah, jadi pengen ke jayapura, soalnya temen kampus banyak yang orang sana, sering juga cerita-cerita tempat kerennya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. banyak yang ngak keurus..
      oh ya? wah.. salam ya buat temen-temen kampusmu.. :)

      Delete
  2. Airnya bening yah, pasti airnya seger banget buat mandi, boleh g mandi di sono? Hehehe

    Tanah papua emang ga ada matinya deh, tapi kalau aku pribadi jatuh cinta sama pantai2. Soalnya enak banget, anginnya sepoi2, air lautnya warna biru kehijau2an, campurannya warna langit sama karang, ditambah ombaknya yg melambai2, jadi aman buat berenang. Sayangnya tiket ke papua mihil nih, hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget..
      malah waktu itu ada anak2 kecil yang lagi berenang, cuma ngak saya fotoin.. :D
      di sini juga pantainya keren2.. Insya Allah nanti aku share ya.. :)
      Nah, itu dia.. Makanya kebanyakan orang bilang nih ya mending liburan ke Singapura dari pada ke daerah Papua.. hehehe

      Delete
  3. Jayapura. Hmmmmm leh uga. Masukin list-list tempat wisata *coret *coret*. Sayang disayangkan sih, sampahnya ituloh. Pasti di rusak sama anak alay dan kekinikinian -_-
    Bapaknya mbak kaya bolang, tau aja tempat yang bagus dan cocok untuk di kunjungin. Hahahahahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      Itu tempat mancing Bapak saya.. hahaha

      Delete
    2. Hobi mancing. Ntar ikan hasil pancing dipakai buat lauk di rumah yah mbak. Hahahahaha

      Delete
  4. Waaaaah, pingin banget kesanaaaa...
    Dari semua pulau, hanya papua yang belum pernah saya jelajahi, belum ada dana dan kesempatan..
    Hiks..

    Semoga sampahnya bisa segera berkurang ya..
    Ga hanya di papua, tapi seluruh indonesia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kesini..
      Kalau main2 ke Jayapura kabarin saya ya.. :)
      Amin..

      Delete
  5. Jayapura? jauh juga ya, ke Jogja aja belum pernah hehe
    Tempatnya udah bagus, pemandangannya keren, tapi sangat disayangkan sekali emang ya kurang terawat gitu.
    Coba aja dirawat pasti lebih banyak lagi wisatawannya. Dan semakin indah tentunya tempatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      ngak jauh ah.. :D
      nah itu dia, sangat disayangkan banget..

      Delete
  6. Jayapura ternyata juga menyimpan keindahannya tersendiri yaa hehe.

    Sentani bagus banget tuh pemandangannya. tapi sayang banyak banget sampah di pinggiran danaunya itu yaa. padahal kan airnya udah jernih banget, bahkan adik kamu Alvian sampe bisa ngelihat ikan-ikan kecil saking beningnya airnya.

    yaa, semoga kedepannya bisa bakalan terawat aja deh. semoga aku juga bisa segera kesanaa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. :D
      iya, danau sentani bagus banget emang..
      eh, tapi ada satu lagi, danau love.. keren banget kata temen-temen saya.. hehehe
      kalo ke Jayapura, kabarin saya ya.. hehehe

      Delete
    2. Danau love? waah denger namanya aja udah mengandung kata cinta nih, pasti disana nanti juga bisa bikin jatuh cinta sama tempatnya hehe.

      Pastii, tapi entah kapan aku bisa kesana haha

      Delete
  7. itu danau kan yak. itu awalnya terawat trus dirusak sama alayers ato emang keren dari lahir ya? eman juga kalo gak tercemar dan akhirnya jadi tempat pembuangan akhir

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya danau.. :D
      kayaknya sih pengunjung-pengunjung yang buang sampah sembarangan gitu..

      Delete
  8. Lagi-lagi ada sampah yang "sedikit" merusak indahnya Danau Kalkhote. Selalu, selalu dan selalu tempat-tempat wisata yang bagus banyak terdapat sampah di pinggirannya. Beberapa orang masih saja belum sadar...

    Timur surganya wisata, Yosh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..
      kebanyakan tempat wisata gitu..
      hayuk, jalan2 ke daerah timur.. :D

      Delete
  9. Gintyyyy..liat kamu jalan jalan sama bapak dan Ibu aku jadi kangen Bapak dan Ibu di rumaaaaah hehhehe...walopun cuman liat air begitu, tpi seneng ya bsa piknik bareeeng, mana adiknya yg masih kecil unyu ingittt...wehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, maaf kak meyke.. hehehe
      iya, alhamdulillah..
      anak kecil itu emang ngak bisa tenang kalo ngeliat air sama ikan.. :D

      Delete
  10. wah... dari Jaya Pura ya, jauh banget. Kalo naik sepeda kira-kira kapan sampainya ya? kwkwkw
    Eiya, sayang banget tu, fotonya ada yang gelap-gelapan. Lain kali kalo foto harus nyari sumber cahaya biar gak gelap gitu... Hhhaa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngak bakalan nyampe kalo naik sepeda..
      berenang aja.. pasti nyampe walaupun berpuluh-puluh tahun kemudian.. hehehe
      fotografer amatiran.. maklum.. hahaha

      Delete
  11. wah keren keren, tapi sayangnya dari Jayapura, jauuuhh :D
    btw gantian ngomongin wisata di Purworejo dong, request nih, aku tunggu yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk
      wah, kalo purworejo saya ngak tau.. saya belum pernah kesana..
      kamu aja yang nulis deh.. hehehe

      Delete
  12. Wah... serius, gue terkesima banget sama bentangan danaunya.. Belum lagi airnya yang juwernih banget ditambah dengan ikan-ikan kecil yang mondar-mandir.. Keknya, kalo gue ke situ, bkalan sama kek Alvin, lari-lari juga. Tapi sampe nyebur.. Biar bisa megang ikannya sambil berenang.. Serius.. keren bener.

    Bisa di bookmark ini, biar kalo ke Jayapura, mau mampir di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      anak-anak yang tinggal di daerah situ juga banyak yang berenang-berenang..
      makasih :)

      Delete
  13. Pertama baca judulnya, aku kira di India lho ... eh ternyata di Jayapura. Oh ini toh danau yang suka muncul do foto festival Danau Sentani. Tapi emang ya, masalah sampah di tempat wisata ini kapan selesainya ya? Aku bingung aja, pada kebiasaan buang sampah suka-suka. Semoga ke depannya, danaunya makin diperhatikan kebersihannya ya. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      iya, ini di jayapura..
      yu, bener banget.. ini tempat diadakannya festival danau sentani..
      kayaknya di semua tempat wisata masalahnya pasti sampah ya..
      amin.. :)

      Delete
  14. Yah cukuplah sudah... baru sepertiga tulisan udah bikin saya ngiler pengen liburan kesana. Keyword nya itu loh.... MANCING!.. wew... enak kali kalo bisa mancing di danau jernih banyak ikan macam gitu. Apalagi kalo mancingnya sambil naik perahu atau sampan... mantappp!!!
    Nama Danau Sentani udah saya dengar dari dulu. Famous..
    Sya juga suka foto keluargamu, terasa hangat di hati.. hehe. Semoga nanti bisa ke Jayapura ya. Tulisin lagi dongs yang banyak tentang Jayapura :)
    Mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo liburan jalan-jelan ke jayapura kak.. :)
      sebenernya kalo mau keliling danau bisa loh kak nyewa speedboat.. tapi karena berhubung saya takut, jadinya ngak deh.. hehehe
      makasih kak.. :D
      sip kak, ntar kalo saya udah ada waktu buat jalan-jalan pasti saya tulis lagi.. :)

      Delete
  15. Halo Ginty apa kabar??
    Jayapura yaaa?
    Selalu jadi destinasi idaman karena pariwisatanya yang luar biasa
    Aku baru denger tuh Kalkhote.. lihat fotomu jadi ingin ke sana

    Eh lain kali kalau mau foto gayanya kompakin sama orang tua biar makin seru Gin hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak mei.. :)
      alhamdulillah kak baik.. kabarnya kakak sendiri gemana? sekarang udah punya jagoan kecil ya? wah, senengnya.. :)
      hehehe
      sip kak, untuk foto selanjutnya gayanya entar saya kompakin semua.. :D

      Delete