[Info] Persiapan Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1438 H

by - Saturday, May 27, 2017


Assalamualaikum teman-teman semua. Selamat menjalankan ibadah puasa ya. Saya dan segenap keluarga memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada teman-teman semua. Semoga puasa kita semua bisa berjalan dengan lancar ya. Amin..

Alhamdulillah, saya masih diberikan umur yang panjang sampai dengan bulan Ramadhan 1438H ini. Ngak kerasa ya, padahal rasanya baru kemarin kita merayakan hari Raya Idul Fitri. Sekarang sudah masuk bulan puasa lagi. Alhamdulillah. :)

Teman-teman sudah siap kan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan ini? Bingung apa saja yang harus disiapkan untuk menghadapi bulan suci Ramadhan tahun ini? Saya kasih sedikit tipsnya ya.

1. Hati, Pikiran, dan Mental

Hal pertama yang harus dipersiapkan yaitu hati, pikiran dan mental kita. Sudah siapkah kita untuk menghadapi bulan Ramadhan ini? Sudah siapkah kita untuk menahan segala hawa nafsu yang ada? Menahan haus dan lapar, menahan segala emosi yang ada didalam diri kita. Itulah kenapa, persiapan hati, mental dan pikiran adalah hal pertama yang harus disiapkan dibandingkan dengan hal lainnya.

Harus diingat lagi, puasa itu bukan hanya menahan haus dan lapar, tapi lebih dari itu. Menahan untuk tidak mengeluh saat menghadapi kesulitan, menahan untuk tidak mengumpat dalam hati, menahan untuk tidak berfikiran negatif kepada seseorang, dan masih banyak lagi yang harus ditahan. Hehehe

2. Waktu Luang

Hal selanjutnya yang harus dipersiapkan yaitu waktu luang. Kok? Iya, waktu luang. Banyak waktu yang harus kita luangkan. Mulai dari membantu Ibu menyiapkan masakan untuk sahur dan berbuka puasa, shalat tarawih berjamaah di masjid, tadarus, dan ajakan teman untuk buka puasa bersama.

Kita harus bisa mengatur waktu dengan sebaik-baiknya. Hehehe 

3. Persediaan Bahan Makanan

Ini juga tidak kalah penting nih. Lebih tepatnya untuk sahur. Penuhi kulkas dengan sayur-mayur serta lauk-pauk yang mudah diolah. Ngak mungkin kan ada penjual sayur atau ikan yang lewat tengah malam di sekitaran rumah kita. Hehehe

4. Tabungan

Nah, ini juga ngak kalah penting. Percaya ngak kalo pengeluaran kita dari bulan puasa sampai dengan hari raya Idul Fitri itu bisa berkali-kali lipat dibandingkan dengan bulan biasa? Percaya ngak? Hehehe

Mulai dari ajakan teman SMP, teman SMA, teman kuliah, dan teman kerja yang ngajakin buka puasa bersama. Udah gitu kalau misalnya kepengen takjil yang dijual di pinggir jalan, beli baju baru buat hari raya Idul Fitri, dan ngasih salam tempel buat ponakan-ponakan kecil. Hahahaha Astagfirullah.. Walaupun kita mendapatkan THR dari tempat kerja, tapi tetap aja rasanya pasti kok kurang ya. Hehehe


Itulah beberapa hal paling utama yang harus dipersiapkan menjelang bulan suci Ramadhan 1438H ini. Semoga puasa teman-teman sekalian di bulan suci Ramadhan ini bisa berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan apapun. Marhaban Yaa Ramadhan.. :)

You May Also Like

8 komentar

  1. Waalaikum'salam. Setuju nih gue sama postingan ini. Ramadhan emang harus dipersiapkan secara maksimal karena Ramadhan adalah bulan suci. :)

    Tabungan harus bener-bener dipersiapin itu, bener banget, pastinya nanti banyak yang ngajak buka bersama. Memanfaatkan momen untuk silaturahmi. :)

    Waktu luang bisa juga tuh digunain buat tidur kalo kurang tidur. Kan katanya tidur pas puasa dihitungnya ibadah? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha
      tidur ya? tapi masa iya waktu luang dipakai untuk tidur.. hehehe

      Delete
  2. Wa'alaikum salam warrah matullahi wabbarakatuh.

    Tiap kali ramadhan datang pasti gue bahagia gitu, secara bulan yang ditunggu dan sangat banyak pahala yang diberikan pada bulan ini. Tapi bahagianya itu berbeda beda disetiap tahun ramadhan datang. Entah gatau kenapa tiap tahun ramadhan beda gitu.

    Yang harus di sediakan yaitu duit. Buat? Bukber hahaha. Pasti akan banyak jadwal bukber tuh nantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener tuh.. bahagianya pasti beda dan ngak tau kenapa..
      hahaha harus mulai ngatur jadwal bukber juga nih ya.. :D

      Delete
  3. Wa'alaikum salam.

    Kalo dateng bulan ramadhan gue juga begitu. Harus punya persiapan yang banyak. Sama minta maaf juga harus, biasanya gue ngelakuin itu. Biar kita ga punya utang maaf lagi, trus biar fokus juga ibadahnya.

    Dan gue paling setuju, buat nyiapin tabungan sih. Soalnya pas ramadhan duit cekak tuh gak enak banget. Belum lagi anak-anak alumni pada ngajak bukber. Hadeh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, minta maaf.. :) biar afdol juga puasanya ya.. :)

      Delete
  4. Halo Ginty, long time no 'see'!! Hihihihi
    Iya memang benar banyak hal yang harus kita persiapkan untuk menyambut Lebaran ini ya, mulai dari hati kita, dan juga tabungan itu yagg paling penting karena biisa jadi yang paling ngaruh. Tapi, semoga di Ramadan ini bisa membawa kita ke dalam segala kebaikan ya. Aamiin ya Rabb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak meyke.. iya, long time no see.. hihihi
      amin.. :)

      Delete