[Perjalanan] Perjalanan Dari Bukit Jokowi Skyline Sampai Dengan Jembatan Ring Road Jayapura

by - 13:10:00



Kali ini saya bersama dengan Wahyuni teman saya dari SMK, melakukan perjalanan ke bukit Jokowi skyline. Tanpa perencanaan sama sekali. Hehehe

Hari minggu sekitar jam sebelas siang, Wahyuni mengirim pesan ke saya. Tumben-tumbennya dia ngajak jalan. Mungkin karena dia selalu melihat postingan foto jalan-jalan saya kali ya. Hehehe Sebenarnya dia maunya kita pergi ke VPG yang ada di pasir 2, yang belum pernah baca bisa klik disini ya. Pertama saya mengiyakan, tapi karena saya teringat janji saya kepada Ibu untuk mengantarkan beliau ke pasar, akhirnya saya menyarankan untuk ke skyline saja.

Sebenarnya alasannya bukan hanya itu sih. Hehehe Pertama, VPG (View Pasific Garden itu tempatnya sangat jauh. Yang kedua, saya lebih memilih ke skyline karena memang saya belum pernah kesana. Hehehe Sifat egois saya muncul. Hahaha

Akhirnya, jadilah kita ke skyline sekitar jam 1 siang. Saat itu matahari sedang bersinar dengan sangat teriknya. Pertama saya sempat tidak percaya kalau nama tempat yang akan kami kunjungi yaitu “Bukit Jokowi Skyline”. Ternyata eh ternyata, betul memang itu namanya. Hehehe


Berbeda dengan VPG (View Pasific Garden) kemarin. Di bukit jokowi ini dikenakan tarif parkir. Bisa dilihat kan digambar. Untuk mobil dikenakan biaya lima ribu dan untuk motor dikenakan biaya dua ribu.

Pengunjung disini juga tidak terlalu banyak. Apa mungkin karena kita datangnya jam 1 siang ya? Hahaha Dari sekitar beberapa pondok yang ada, cuma ada 4 pondok yang terisi. Awal masuk, suasananya terlihat cukup gersang. Panasnya sinar matahari bisa 100% dirasakan ditempat ini. Hehehe




Bunga-bunga hanya ada diujung-ujung tebing, sedangakan di bagian tengahnya hanya tanah kosong. Menurut saya, ini nilai minus dari tempat ini. Tapi nilai plusnya, pemandangan yang disajikan bisa menutupi nilai minus itu.

Kita kembali dulu tentang nama tempat ini. Aslinya saya sangat penasaran, kenapa tempat ini dinamakan “Bukit Jokowi Skyline”. Entah saya salah nanya orang atau apa ya. Tapi menurut penjelasan teman saya yang bernama Wahyuni yang sudah sering kesini, dia bilang bahwa bukit ini dinamakan “Bukit Jokowi Skyline” karena waktu Presiden Jokowi datang ke Jayapura, beliau singgah kesini. Beliau berkata bahwa tempat ini harus dibuat taman. Nah, maka dari itu tempat ini dinamakan dengan “Bukit Jokowi Skyline”. Kalo Skyline sendiri itu nama daerahnya ya teman-teman.

Lanjut ke cerita perjalanannya ya. Kami memilih pondok yang berbentuk seperti honai. Ini nih salah satu yang menjadi ciri khas di tempat ini. Jadi atapnya itu dari daun-daun kelapa kering. Ah, berasa ada di honai yang ada di kota Wamena.


Kami memesan es kelapa muda. Siang-siang panas begini emang cocok banget deh duduk di ketinggian entah berapa meter dari permukaan laut ditemani dengan es kelapa muda. Hehehe


Oh ya, pasti teman-teman semua sudah penasaran kan dengan pemandangan yang bisa dilihat dari bukit Jokowi ini. Hehehe Ini dia pemandangannya.




Ngak afdol kalau cuma pemandangan aja yang difoto. Harus ada orang-orangnya juga kan. Hehehe





Lumayan lama juga sih kami berpanas-panasan buat mengabadikan keindahalan alam yang tersaji di hadapan kami. Sampai kami benar-benar puas, akhirnya kami berteduh dan meminum kembali es kelapa muda kami. Kalau kalian pengen lihat, bagaimana suasana di bawah honai ini yuk silahkan.


Sekitar jam tiga, keadaan sudah mulai rame. Satu per satu orang sudah mulai berdatangan. Cuaca pun sudah mulai tidak sepanas tadi. Ya iyalah, tadi kan siang dan sekarang sudah sore. Hahaha Orang-orang pun langsung mengabadikan momen-momen mereka. Dan kita berdua hanya duduk bercerita sambil tertawa-tawa di bawah pondok. Beberapa menit kemudian, kami memutuskan untuk kembali. Bukan kembali langsung ke rumah, tapi kami akan pergi ke Jembatan Ring Road. Masih di daerah skyline juga. Kenapa dinamakan jembatan Ring Road? Saya tidak tahu, jadi tolong jangan tanya saya. Hahaha

Wahyuni ini memang berpengalaman ya untuk pergi ke tempat-tempat yang indah. Balik ke jembatan Ringroad ya. Jadi jembatan ini nantinya akan difungsikan sebagai jalan alternative untuk mengurangi tingakt kemacetan. Jembatan ini menghubungkan skyline-hamadi-hol. Bener ngak sih? Coba kalian search sendiri di Google. Jembatan ini belum jadi loh ya. Belum jadi! Jadi belum ada kendaraan yang lewat disini. Pas pertama kali masuk, ya ampun banyak banget orang-orang yang jalan-jalan, berfoto-foto, olahraga, dan banyak jenisnya. Hehehe

Tujuan awal kita kesini hanya untuk berfoto-foto karena spotnya bagus. Dan betul saja, awal masuk kita sudah bisa melihat tebing yang tinggi banget. Kalau ngak salah diatasnya itu ada wihara. Ngak usah dijelasin lagi ya, ini salah satu foto saya.


Coba tebak, ini kami ambil pakai kamera apa? Kamera depan atau kamera belakang?




Yang jawabannya kamera belakang, Salah besar! Hehehe Siapa yang mau fotoin coba? Lah kita saja perginya Cuma berdua. Ini pake kamera depan ya teman-teman. Modalnya itu cuma pembatas jembatan, tas, dan timer 10 detik dari handphoneku. Hahaha Jadi ini kita fotnya lari-larian. Hahaha

Sudah puas dengan background itu, kita lanjut masuk ke bagian tengah jembatan yang dekat dengan laut. Belum sampai ke tengah-tengah juga sih tapi pemandangannya Subhanallah, sama indahnya dengan pemandangan dari bukit tadi.


Nah, kali ini saya bikin foto yang di tengah jalan. Tapi ini ngak ada kendaraannya ya. Jadi aman! Hehehe


Berhubung karena sudah jam empat sore dan saya sudah janji ke Ibu saya untuk mengantar beliau ke pasar, akhirnya kami memutuskan untuk menyudahi berfoto-foto. Hehehe

Kalau mau dibilang puas, Alhamdulillah puas banget. Puas dengan perjalanan dari jam satu sampai dengan jam empat di hari Minggu saya kali ini. Liburan ngak perlu ke tempat yang jauh. Ngak perlu juga ke tempat yang mengeluarkan banyak uang. Cukup melihat keindahan yang ada di kota kamu, itu juga sudah liburan ya teman-teman.


You May Also Like

31 komentar

  1. itu dinding batu kok kayak ada batu yang ditempel2 gitu. memang ditempel ya? atau alami kaka??

    BUkit Jokowi Skylane, kirain ada kendaraan layang yg kayak diluar negeri itu, karena pakai kata skylane XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang gitu.. di atas tembok itu vihara.. pemandangannya bagus banget kalo dari situ..
      hehehe
      ngak ada.. eh, tapi siapa tau nanti di bikin kendaraan layangnya.. hehehe

      Delete
  2. Tempatnya alami banget ya mba, jadi pengin main kesana nih

    ReplyDelete
  3. Hmm tempatnya bagus banget, tapi jauhnya juga banget yaa :( Ngumpulin ongkos dulu hehehe

    ReplyDelete
  4. Wuih tempatnya keren euy... awalnya gersang tapi kalo liat viewnya apalagi yg ada danaunya, keren euy. Namanya juga gaul sekali ya. Skyline. :))

    ReplyDelete
  5. Aku kira foto yang di bawah tebing itu difotoin orang mbk, taunya foto pake kamera depan jarak jauh hehe

    Pemandangannya bagus, jadi pengen sama es kelapanya, es kelapa dikasih gula jawa, apalagi minimnya siang-siang gitu mbak, gka kebayang segernya.

    Yang nempel di tebing itu batu apa kayu mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      perjuangan buat dapetin gambar bagus.. :D
      yang nempel itu batu.. hehehe

      Delete
  6. seger pemandangannya mba, eh btw awas batunya jatoh kena kepala mba :D

    ReplyDelete
  7. Jam satu siang itu pasti panas banget, matahari lagi semangat untuk bersinar. Demi foto yang viewnya bagus, dipaksain berdiri panas-panasan :D.

    Kenapa aku malah ngerasa lucu di bagian kalian lari-larian untuk foto :D. Perjuangan banget lah ya biar bisa foto berdua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha
      itulah.. demi mendapatkan foto bagus.. :)
      lucu kenapa? hehehe
      tapi orang-orang disana yang ngeliatin juga pada ketawa2.. :D

      Delete
  8. View-nya kliatan bagus, Gin. Kalau ngliat langsung pasti lebih keren. Namanya skyline pula, kayak judul lagu Jepang favoritku, hehe. Dibelain banget ya jam satu siang main ke tempat itu, gak bisa bayangin gimana panasnya ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus banget.. :D
      panasnya nusuk banget.. tapi ngak kalah sama angin sepoi-sepoinya lah... :D

      Delete
  9. wah keren banget Jokowi Skyline di Jayapura ya..kapan kapan pokoknya aku harus sampai sana nih Ginty. Pasti ada jalan lah ya buat ke sana. hihihi..soalnya pemandangannya emang bagus banget walo kayaknya cuaca di sana panas banget ya..tapi nggak papalah worthy juga sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin kak..
      ntar kalo kak meyke ke jayapura, aku jadi tour guide-nya kak meyke.. :)

      Delete
  10. Waaah asiknya yang panas-panasan terus minum es kelapaa. Hehehe. Itu emang yang tebing itu keren abis sih. Tapi kayaknya agak bingung ya kalo lama di situ mau ngapain lagi. Lebih seru nongkrong di tempat yang rumah beratap daun-daun kering itu. Hehehe. \:p/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe
      ditebing buat spot foto2 GJ aja.. hehehe
      lebih seru emang nongkrong di rumah honai itu.. :)

      Delete
  11. Tebingnya asik, ada kotak-kotaknya jadi kayak ada motifnya gitu. Abis foto trus istirahat sambil minum kelapa langsung dari kelapanya, cocok dah tuh.

    ReplyDelete
  12. Lama-lama Ginty jadi travel blogger deh, jalan2 mulu ikh, kerenlah
    mumpung masih bisa, lanjutkaaan
    aku baru tahu tempat2 baru gara2 blog Ginty termasuk bukit Jokowi ini
    cocok buat foto2 hwhw

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk
      aku mah blogger apa aja.. yang penting bisa berbagi pengalaman yang bermanfaat kak..
      hehehe

      Delete
  13. Bener - bener terpesona sama panorama alam disana. Ah ga kebayang deh rasanya, pasti seru banget. Udah berpanas - panas ria mah emang paling cocok minum es kelapa muda hihihi :D

    ReplyDelete
  14. Tempat foto-fotonya keren banget, apalagi aku bisa foto disitu bawa sepedaku.. hehe

    Setelah capek barulah minum air es kelapanya.. hehe
    Mudah-mudahan bisa ke tempat itu, nabung-nabung :)

    ReplyDelete
  15. Gue baru denger loh ada bukti jokowi ini. Hahah. Btw, nama daerahnya keren gtu ya skyline.

    Yg gue iri dri jayapura ya itu pemandangan lautnya yg banyak. Smoga aja ada rejeki buat bisa ngerasain laut sana. Ehehe
    Itu beneran jalanan kosong dan baru gtu? Gue malah jdi inget jokesnya si arie kriting pas dia stand up. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. jayapura emang..
      pokoknya laut2 daerah papua itu keren2 banget lah.. hehehe
      iya bener.. jadi masih kosong gitu.. :D

      Delete
  16. Wah wah travelling lagi nih ya ? bagus banget pemandangannya , asik buat foto foto bareng teman atau keluarga ya ? . Apalagi ditambah es kelapa tuh . haha .

    Bukit jokowi ? wah kayak nama pak presiden kita sekarang ya ? UNIK.

    ReplyDelete