[Review] Makan Seafood di Seafood House Jayapura

by - Saturday, February 29, 2020

Assalamualaikum temen-temen..

Udah lama banget ya saya ngak pernah nulis pengalaman merasakan (review) makanan. Jangankan itu, nulis yang biasa aja jarang. Hehehe

Nah, di luaran sana kan banyak banget masakan paket seafood yang itu tuh segala macam jenis seafood dimasak menjadi satu. Mulai dari udang, kepiting, cumi, aneka macam jenis kerang, terus apalagi ya? Kayaknya itu aja. Hehehe

Waktu itu pas ke Bekasi udah sempat makan, lupa waktu itu pesannya di warung apa. Tapi rasanya Masya Allah nikmat bener. Dan di Kota Jayapura ini ternyata ada Rumah Makan yang menyediakan paketan seafood juga. Yeay.. Nama Rumah Makannya itu Seafood House, alamatnya ada di Jl. Pasar Youtefa, Abepura.


Yang jelas Seafood House ini tempatnya tepat di pinggir jalan besar. Kalau orang yang udah lama tinggal di Jayapura pasti  udah tau lah. Kalau mau pergi ke pasar Youtefa, pasti ngelewatin ini.


Saya kesini sama teman saya, sekitar kurang lebih jam 4 (empat) atau jam setengah limaan begitu. Pas awal masuk ngak begitu rame ya, cuma ada kami dan satu pelanggan lain. Tapi setelah kami masuk, ada 1 (satu lagi pelanggan yang datang.

Tempatnya itu luas, bersih, lumayan nyaman. Ngak begitu rame seperti tempat-tempat makan yang lainnya. Ngak tau ya kenapa, karena saya juga baru pertama kali kesini. Tapi waktu pas pertama kali buka dulu, saya lihat postingan teman-teman saya, Masya Allah rame sekali. Mungkin  karena launching kali ya.



Mungkin karena saya yang ngak sabaran atau gemana ya, pass nyampe di mejanya, ngak disamperin sama pelayanannya, akhirnya saya jalan ke meja resepsionisnya terus ngambil buku menu. Terus baru deh diikuti sama mbak-mbaknya sambil megang catatan. Maaf ya, lupa buat foto buku menunya.

Menu makanan dan minuman di sini macam-macam. Mulai dari paket seafood, mie goreng, nasi goreng, lalapan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Minumannya juga dari es teh, es jeruk, dan aneka jus semuanya ada.

Karena kita kesini emang penasaran banget nih sama menu Paketan seafood, ya kita langsung milih Paket untuk 2 orang dimasak bumbu lada hitam dengan minuman jus alpukat, jus sirsak, dan air mineral.

Di buku menu sudah tercantum juga ya harga-harganya, jadi bisa diliat dulu sesuai ngak dengan isi kantong. Oh ya, harga yang tercantum itu belum ditambah dengan pajak 10%.

Waktu penyajiannya ya lumayan lah ya. Mungkin karena memang saya sedikit agak lapar, jadi menurut saya agak lama. Kurang lebih sekitar 15 (lima belas) sampai dengan 20 (dua puluh) menitan. Itu waktu penyajian untuk makanannya loh ya. Kalau minumannya lumayan cepat. Sekitar 5 menitan. Nyeruput-nyeruput dulu jusnya sambil nge-gibah. Hehehe


Untungnya ada bahan pembicaraan bagus, jadinya waktu yang lama bisa teralihkan. Ya, walaupun terkadang mulut ini sering berucap "kok belum datang sih" laper banget nih. Hehehe

Dan beberapa menit kemudian, ngelihat mbanya keluar dari dapur bawa nampan besar, mataku langsung berbinar-binar. Hehehe Sampai saya lari ke wastafel duluan buat nyuci tangan.




Pertama kali saya nyobain nyeruput bumbunya. Hmm, lumayan lah tapi kok ngak kerasa ya lada hitamnya. Atau mungkin karena masih suapan pertama. Setelah itu saya nyobain kerangnya, enak. akhirnya kuah lada hitamnya saya siramin ke atas nasi saya. Saya santaplah nasi hangat itu dengan potongan cumi dan udang.


Perut kan udah lumayan agak kenyang, akhirnya saya sedikit sudah bisa berkomentar. Awalnya sih dimulai dari temen saya. "Kamu makan udahnya berapa?". "2 ekor, nih ekornya" sambil nujuk ekor. "Lah berarti udangnya cuma 4?" hehehe

Maaf sekali nih ya, yang saya rasain di lidah saya kok ngak seperti saos lada hitam rasanya. Rasanya itu cuma asin. Pokoknya asin aja gitu. Kalau yang lain ya okelah kerangnya. Kepitingnya ya mungkin agak sedikit kecil. Tapi seengaknya saya udah ngerasain.

Selesai makan, alhamdulillah kenyang banget rasanya. Dan saya berjalan menuju kasir. 1 (satu) Paket seafood 2 orang dengan bumbu lada hitam, 1 (satu) jus alpukat, 1 (satu) jus sirsak, 2 air mineral sedang. Totalnya senilai Rp 345.000,- sudah termasuk dengan pajaknya.


Ya, teman-teman bisalah ya menilai sendiri. Apakah murah atau mahal. Tapi buat kantong-kantong saya nih ya, untuk 2 orang dan makan habis segitu banyaknya, terbilang cukup mahal.

Oke, kita beri penilaian ya. Untuk tempatnya dari kisaran 1 - 10 nih saya kasih nilai 7,5. Nyaman tempatnya, bersih. Cukuplah ya. Agak ngak nyaman dengan meja dan kursinya aja saya. Ngak nyaman aja.

Terus pelayanannya saya kasih nilai 8. Mbaknya baik banget, murah senyum, pokoknya enaklah dilayanin sama mbaknya.

Makananya saya kasih nilai 7. Pertama karena ngak berasa banget lada hitamnya, padahal kita pesannya itu saos lada hitam. Malahan yang kerasa itu asin banget. Trus udangnya juga cuma 4 ekor. Hahaha Padahal kita berdua ngarepi udangnya bisa lebih. Itu aja deh kayaknya. Kalo minumannya enak, ya sama lah dengan jus-jus di tempat makan lainnya.

Karena kan waktu itu saya udah pernah makan Paketan seafood juga di Bekasi dan kalau ngak salah bumbunya itu saos lada hitam juga. Jadi kalau dibandingkan dengan yang ini, rasanya yang ini kalah jauh banget dari yang disana. Disana itu Masya Allah, sampai saya ngak bisa berkata-kata pokoknya saking enaknya..

Oke, sekian cerita kulineran saya. Nanti lain kali saya bakalan cerita lagi pengalaman makan saya di tempat lain.

Maafkan saya jika ada yang tersinggung dengan penilaian saya ini, tapi ini jujur sejujur-jujurnya apa yang saya rasakan dari hati terdalam saya. :)

You May Also Like

1 komentar

  1. Terima kasih untuk semua teman-teman yang sudah menyempatkan waktunya untuk membaca..

    ReplyDelete