[Ceritaku] Suka Duka Tinggal Seorang Diri

by - Tuesday, April 21, 2020



Assalamualaikum teman-teman..

Dari kecil, dari saya lahir sampai dengan usia saya 23 tahun, saya ngak pernah namanya hidup seorang diri. Selalu sama-sama Bapak dan Mama saya. Ya walaupun pernah sih waktu itu berapa hari ke luar kota. Tapi ya setiap harinya masih telpon-telponan sama mereka, masih cerita-cerita sama Mama.

Sampai di bulan Oktober 2017, Mama saya meninggalkan dunia ini untuk selama-lamanya. Dan akhirnya saya tinggal berdua saja dengan Bapak saya. Dan sampai lagi pada akhirnya, Bapak saya memutuskan untuk memulai usaha ternak ayam di tempat yang lumayan jauh dari lokasi rumah kami. Ditambah lagi sekarang Bapak saya sudah menikah lagi.

Waktu itu belum terlalu terasa. Karena masih ada keponakanku yang mau diajakin tidur di rumah, dan juga almarhum Bude saya (Kakak dari Mama saya) yang juga sudah meninggal bulan Februari 2019 kemarin.

Dulu waktu masih tinggal sama keluarga, selalu punya pikiran bahwa "wah, enak banget ya kayaknya jadi anak kos-kosan". And well, ngak sama sekali teman-teman.

Kehidupan yang kita jalanin, pasti ada suka dan dukanya. Begitu juga dengan tinggal seorang diri, ada enaknya dan juga ada ngak enaknya. Yuk langsung aja pertama kita bahas dulu gemana enaknya tinggal seorang diri.

Enaknya Tinggal Seorang Diri.

1. Bebas
Kalau mau dibilang bebas ya kadang bebas kadang ngak. Karena disebelah rumah saya itu rumah om saya. Jadi masih bisa dikontrol sama om saya.

Bebas disini itu apa ya, bentar saya pikir-pikir dulu. Hmm, yang ada dipikiran saya itu, bebas mau ngelakuin apa saja semau saya. Contohnya kayak terserah ni saya mau bangun pagi jam berapa, saya mau masak apa ngak, saya mau pulang jam berapa, jadi sesuka hati saya aja gitu.

Tapi karena kebebasan ini, akhirnya saya juga belajar untuk bisa mengontrol dan mengendalikan diri saya. Misalnya nih masalah bangun pagi, saya tetap harus bangun pagi lebih awal karena kerja. Jadi sebelum kerja itu musti masak terus terkadang juga musti cuci pakaian. Mau pulang jam berapa, ya saya juga harus mengingatkan ke diri saya sendiri untuk tidak pulang terlalu lama. Karena saya juga musti beres-beres rumah. Soalnya kalau kebiasaan pulang telat, yang ada sampai dirumah sudah keburu capek duluan.

Nah jadinya antar bebas dan self control kita juga harus imbang ya, supaya bebasnya ngak kebablasan.

2. Punya Banyak Waktu "Me Time"
Siapa sih yang ngak pengen punya waktu "Me Time" lebih banyak. Menikmati waktu bersantai sendiri tanpa harus pusing ini dan itu. Intinya bisa leyeh-leyeh lebih lama tanpa harus diganggu orang lain.

Tapi ini menurut saya enaknya pas awal aja. Ngak enak juga kalau kelamaan. Yang ada bosan.


Well, menurutku hanya itu aja sih enaknya tinggal seorang diri. Nah sekarang kia masuk ke bagian Ngak Enaknya Tinggal Seorang Diri.

1. Sepi
Jangan ditanya lagi. Bayangin kamu habis beraktivitas seharian diluar rumah. Terus pulang ke rumah dalam keadaan rumah sepi. Gemana sih rasanya?

Padahal dulu sewaktu masih ada Bapak dan Mamaku itu, setiap pulang kerumah dan sehabis mandi, saya langsung duduk-duduk dan cerita-cerita di kamar Mamaku.

Ah, sedih sekali rasanya.

2. Takut
Ini hal kedua yang paling ngak enak. Terutama diwaktu malam hari. Apalagi ni ya saya ini termasuk ke dalam golongan orang yang takut sekali dengan gelap. Jadi pas listrik mati, udah deh langsung mati gaya. Kalau udah ngak berani banget ke dapur buat ngambil korek api, jadilah saya nyalain flash HP sampai listrik nyala. Dan itu saya ngak tidur, tetap dalam keadaan mata terbuka.

Selain itu juga kalau kebangun karena mimpi buruk sampai rasanya tu sesak nafas, apasih dibilangnya, ketindisan ya. Itu sumpah, rasanya ngak berani lagi buat nutup mata. Emang jarang banget sih saya mimpi buruk yang sampai segitunya. Bisa dibilang yang setahun cuma sekali atau dua kali. Tapi kalau udah gitu, sampai seminggu atau bahkan dua minggu, saya ngak bakalan bisa tidur dengan tenang.

3. Harus Ngelakuin Semuanya Sendiri
Alhamdulillah mulai dari pas saya duduk di bangku SMK, orang tua saya sudah memaksakan saya untuk belajar mandiri. Dulu sempat protes sih, tapi sekarang yang ada bersyukur karena ngak kaget harus ngerjain segala aktifitas sendiri.

Ada enaknya dan ngak enaknya sih. Enaknya itu ya kita jadi tau lebih detailnya apa yang kita urusin, progresnya gemana, dan lain-lain sebagainya. Ngak enaknya ya pasti capek lah, ribet.

Bayangin aja nih, kamu harus beresin rumah misalnya kayak nyuci, nyapu, ngepel, dan lain-lain. Disatu sisinya lagi kamu harus kerja buat nyari uang. Dan itu semua kau lakuin sendiri. Tapi nih ya, sekarang saya bangga banget sama diri saya, ternyata saya bisa ngelakuin itu semua sendiri atas izin dan kehendak Allah SWT. Yah, walaupun gak sempurna 100%.

4. Harus Pintar Ngatur Waktu
Nah, ngatur waktu ini yang sampai sekarang saya masih sering keteteran. Mungkin karena  saya sering kelewatan kalau ngehabisin waktu istirahat kali ya. Atau bisa juga karena saya terlalu berlebihan dalam membuat jadwal harian. Siapa sih yang ngak mau jadi orang yang produktif. Semua orang pasti mau kan ya? Tapi ya kita musti tau juga kemampuan tubuh kita buat bekerja.

Ngak semua orang punya kemampuan yang sama. Ada sebagian orang yang mampu kerja langsung 6 jam tanpa istirahat, tapi ada juga yang hanya mampu 2 jam kemudian istirahat dan melanjutkan pekerjaannya.

Nah, saat ini saya masih mencari bagaimana mengatur waktu yang pas untuk kegiatan saya setiap harinya. Mengatur waktu, mengatur pikiran, dan mengatur perasaan merupakan hal yang cukup berat untuk saya. Jujur loh ini.

5. Harus Bisa Ngurusin Diri Sendiri
Nah ini. Masih ada kaitannya ya dengan poin nomor 3 yaitu Harus Ngelakuin Semuanya Sendiri. Tapi kalo ini lebih ke diri sendiri. Jadi ya menurutku, sesibuk-sibunya kita, kita juga harus bisa ngurusin diri sendiri.

Contoh kecilnya kayak pas lapar, ya kita harus makan. Entah dengan cara kita beli masakan di warung yang jelas kita harus mengorbankan uang yang lebih ataukah kita harus masak dimana kita harus mengorbankan waktu. Kalau masalah ini sih alhamdulillah saya ngak terlalu ribet, kalo pengen makan diluar ya ayuk, kalau pengen masak ya ayuk. Hahaha

Selain itu juga tentang perawatan diri. Jangan sampai kamu tidak merawat penampilan kamu karena kesibukan yang kamu jalani sekarang yang seorang diri. Tetap berpakaian rapi dan wangi. Hahaha



Nah, udah ngak penasaran lagi kan gemana rasanya tinggal seorang diri. Hehehe
Tapi sih ya, apa yang saya rasakan belum tentu sama dengan apa yang dirasakan orang lain. Bisa ya buat teman-teman yang juga lagi ngekost dan memang tinggal seorang diri, bisa dishare dikolom komentar apa aja suka duka yang temen-temen rasain.


Salam,
Ginty Intan Mawarti

You May Also Like

1 komentar

  1. Terima kasih untuk semua teman-teman yang sudah menyempatkan waktunya untuk membaca..

    ReplyDelete