[Perjalanan] Menikmati Senja Di Cafe Purnama Resto Yoka

by - Thursday, April 16, 2020

Assalamualaikum temen-temen semuanya..

Bagaimana kabarnya?
Masih tetap pada #dirumahaja kan?

Alhamdulillah, kabar saya sendiri baik. Ini sudah terhitung hampir 1 bulan ya saya kerja di rumah aja. Bukannya ngak pernah keluar rumah sama sekali, masih lah ya keluar rumah. Tapi saya keluar rumahnya itu ya kalau memang karena ada kerjaan yang harus banget keluar, belanja, dan buang sampah. Hehehe

Oke, kita tinggalkan dulu cerita itu. Kita balik ke inti pembahasan di tulisan ini.

Sebetulnya sudah dari bulan Januari saya pengen menceritakan perjalanan saya berkunjung ke Cafe Yoka yang nama Cafenya itu Cafe Purnama Resto. Asli, awalnya saya cuma tau namanya itu Cafe Yoka, karena letak Cafenya emang di daerah Yoka.

Untuk anak-anak Jayapura pasti taulah ya. Apalagi tempatnya memang Instagramable sekali. Udah berseliweran lah foto-foto anak Jayapura di Cafe Yoka ini di Instagram saya.

Cafe ini letaknya itu di Yoka, aslinya ngak jauh lah dari rumah saya. Persis disebelah Danau Sentani. Jadi nilai plus banget untuk Cafe Purnama Resto ini. 


Untuk berapa biaya masuknya saya kurang begitu tau pasti ya berapa, soalnya semua udah diurusin sama kantor. Jadi ceritanya kantor udah booking Cafe ini untuk acara lepas sambut tahun 2019 ke tahun 2020. Pokoknya saya tinggal taunya datang aja ke Cafe ini.

Menurut saya nih, pas baru pertama kali masuk ke Cafe ini, saya udah nebak pasti yang punya ini orang Bali nih. Karena dari nuansa-nuansa cafenya tu ada tradisi-tradisi khas dari Bali. Tapi ngak tau sih kalo yang punya China karena banyak gantungan lampionnya. Hahahaha Ngak ya, gantungan lampion karena udah mau mendekati Tahun Baru Imlek. Entahlah yang punya orang apa, saya ngak tau. Hehehe

Oke, pas dari pintu masuk mau ke Cafenya itu kita kayak ngelewatin lorong yang diatasnya ada tanaman-tanaman merambat gitu. Kece lah pokoknya.



Nah, setelah melewati lorong yang menurut saya kece banget itu, sampailah kita di tempat duduk indoornya. Oh ya, jadi di Cafe ini tu ada 2 tempat duduk. Ada yang indoor, ada juga yang outdoor yang langsung bisa melihat pemandangan Danau Sentani dan gunung-gunung yang berjejer indah.

Untuk ruangan yang indoor itu cocok banget kalau kalian datangnya siang hari atau pas lagi hujan. Sedangkan kalau yang outdoor itu, bagus banget kalau kalian datangnya sore hari. Kenapa? Karena kalian bisa ngelihat pemandangan matahari yang akan terbenam. Ngak kalah kerennya sama sunset yang di Bali deh pokoknya.

Nah, ini nih penampakan ruangan indoor-nya.




Berhubung kita datangnya sore hari, jadinya kita duduk-duduk di tempat yang outdoor. Tapi sayangnya cuaca agak sedikit mendung, jadinya kita ngak bisa ngelihat indahnya saat matahari terbenam.

Nah, dari ruangan indoor menuju ke outdor, kita melewati lorong yang terdiri dari gapura-gapura kecil. Di gapuranya itu terpasang lampion-lampion berwarna merah dan pernak-pernik Imlek lainnya. Disebelahnya itu ada taman yang bener-bener bersih banget. Rumput hijau yang terpotong rapi dan beberapa pepohonan kecil.

Masya Allah, Cafe ini memang memanjakan mata para pengunjungnya. Terbaik lah pokoknya. Pengunjung Cafe ini dibuat betah sama suasananya yang begitu asri.




Oh iya, ternyata Cafe ini juga menyediakan tempat penginapan. Mungkin yang mau bersantai satu keluarga, bisa lah ya. Buat yang honeymoon juga bisa. Tapi untuk lebih lanjut bisa langsung datang sendiri ke lokasinya ya untuk nanya-nanya. Soalnya saya sendiri juga ngak tau. Hehehe


Oke kita lanjut ke tempat berlangsungnya acara kantor. Semua kursi dan mejanya tertata rapi dan semua kursinya berwarna putih. Keren sih, keren banget malah menurutku. Yang ada dipikiranku itu, kok bisa sih pemiliknya punya ide untuk buat Cafe di pinggiran Danau Sentani dengan konsep seperti ini.





Sudah pada lihat kan?

Masya Allah, mata kita itu betul-betul dimanjakan dengan pemandangan Danau Sentani dan gunung-gunung yang berjejer.

Pas baru nyampe aja saya udah minto tolong untuk difotoin. Hahaha Agak sedikit mendung, jadinya ya warna langitnya ngak seperti yang diharapkan. Udah gitu ngak bisa ngelihat indahnya matahari tenggelam pula. Tapi ngak papalah.


Oh ya hampir lupa nih, untuk menu makanan. Berhubung karena ini acara kantor, jadi semua makanannya sudah dipesan, prasmanan gitu deh. Menunya itu ada rebus-rebusan keladi, papeda, ikan kuah kuning, ikan kecap, ayam balado atau rica-rica (tapi pedes banget), tumis bunci, tumis kangkung, dan lupa lagi saya apaan. Hehehe

Untuk rasanya, saya jabarin satu-satu ya. Papeda dipadukan dengan ikan kuah kuning dan tumis kangkung terus dikasih sedikit sambal. Masya Allah, nikmatnya ngak ada yang bisa nandingin. Tapi emang kayaknya yang bikin papeda jago deh. Karena beneran enak banget.

Terus nih ya entah itu ayam balado atau ayam rica-rica rasanya pedes banget tapi bikin nagih. Kayak ada yang ngomong ditelinga kanan "udah, itu pedes, cukup", tapi ditelinga kiri "ngak bisa, ini ayamnya enak banget" hahahaha

Maafkan saya yang tidak sempat mengabadikan makanannya karena jujur saya sedikit khilaf. Ronde pertama saya makan papeda, ronde kedua saya makan nasi sama ayam yang super duper pedes banget. Tapi intinya secara keseluruhan, makanannya enak banget.

Kalau ditanya bakalan balik lagi gak ke Cafe Purnama Resto ini?

Jawabannya IYA. Soalnya saya belum ngelihat matahari tenggelam dengan indahnya dari Cafe ini. Dan itu yang dicari oleh semua orang. Hahaha

Tapi nih ya, buat kalian yang belum pernah sama sekali ke Cafe ini. Bisa lah, jadikan ini tempat nongkrong kalian di sore hari. Tapi ingat, setelah wabah Corona ini menghilang. Kalau sekarang kalian harus tetap #dirumahaja dulu.

Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca tulisan saya ini. Oh iya, terima kasih juga untuk Keluarga besar Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Jayapura yang sudah membuat acara di Cafe ini, jadinya kan saya bisa ke Cafe Purnama Resto ini juga.


Sampai jumpa ditulisan saya selanjutnya..




Salam,
Ginty Intan Mawarti

You May Also Like

1 komentar

  1. Terima kasih untuk semua teman-teman yang sudah menyempatkan waktunya untuk membaca..

    ReplyDelete